Nasional
Share this on:

Safari Politik Prabowo untuk Hindari Resistensi

  • Safari Politik Prabowo untuk Hindari Resistensi
  • Safari Politik Prabowo untuk Hindari Resistensi

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto kembali melakukan safari politik. Selasa (15/10) kemarin, Prabowo menemui Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Dalam pertemuan di Kantor DPP Golkar, Jakarta tersebut, keduanya sepakat bekerja sama memperkuat stabilitas politik di parlemen. Pertemuan ini diprediksi untuk menghindari resistensi dari parpol pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kita bicara banyak hal. Terutama membahas terkait kerja sama antara Golkar dan Gerindra terkait bagaimana membuat stabilitas politik di parlemen," ujar Airlangga usai pertemuan dengan Prabowo di DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (15/10) kemarin.

Stabilitas politik sangat penting sebagai landasan stabilitas keamanan dan perekonomian. Di sisi lain, Golkar dan Gerindra juga sepakat membentuk tim untuk bekerja sama membahas undang-undang terkait partai politik, pemilu legislatif, pilkada dan pemilu ke depan sebagai pondasi pemilu 2024. "Golkar dan Gerindra mengutamakan NKRI, Pancasila, kemudian Bhineka Tunggal Ika dan konstitusi," imbuhnya.

Sementara itu, Prabowo Subianto menyatakan Gerindra dan Golkar memiliki banyak kesamaan. Kedua parpol itu sama-sama sepakat menjaga negara dan bangsa, serta akan berjuang untuk rakyat. "Tentu dengan komunikasi politik yang sangat baik di antara elit semua partai. Ini akan membawa suasana yang baik bagi stabilitas bangsa dan negara," jelas Prabowo.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman di banyak negara, stabilitas tidak boleh dianggap remeh. Dia menekankan perbedaan, gesekan harus diselesaikan secara sejuk. "Saya kira pandangan kita sama. Kami ingin ada tim yang melanjutkan pembicaraan di hari mendatang. Intinya ada suasana kerukunan di antara tokoh bangsa. Kita juga harus jaga jangan sampai terlalu mapan sehingga bisa-bisa nanti jadi oligarki," lanjut mantan danjen Kopassus ini.

Airlangga menimpali menyebut Prabowo yang pernah menjadi politisi Golkar. Bahkan, Prabowo adalah salah satu lulusan terbaik Beringin. "Partai Golkar dan Partai Gerindra sama-sama. Partai Gerindra lambangnya sama segi lima. Tentu itu dari Golkar. Karena punya sejarah bersama, kita lebih banyak persamaan. Namun, ini dalam konteks parlemen. Kalau konteks lain domainnya Presiden," sebut Airlangga.

Prabowo pun mengamini ucapan Airlangga. "Saya kembali ke almamater. Saya ini lulusan Golkar. Jadi Golkar menyumbang banyak kader ke berbagai institusi di negeri ini," kelakar Prabowo. Selain itu, Golkar juga berencana membalas kunjungan ke Hambalang, Bogor, pekan depan. "Minggu depan kami akan ke tempat Pak Prabowo ke Hambalang. Kami akan mengantar undangan dalam rangka HUT Golkar," jelas Airlangga.

Seperti diketahui, Prabowo melakukan safari politik sejumlah parpol. Hal ini dilakukan menyusul kemungkinan Gerindra bergabung dengan pemerintah. Prabowo sudah bertemu dengan Jokowi pekan lalu. Kemudian, dia menemui Ketum DPP NasDem Surya Paloh dan Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar.

Sebelumnya, Prabowo juga sudah bertemu Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum PPP Suharso Monoarfa. Langkah Prabowo dinilai untuk menghindari resistensi dari partai Koalisi Indonesia Kerja pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin. (rh/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kemenperin Jaring 100 Formasi untuk Dosen

Kemenperin Jaring 100 Formasi untuk Dosen

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali membuka kesempatan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 359 formasi pada tahun 2019.


Masyarakat Tak Mampu Bayar, Fraksi PKS Tolak Kenaikan BPJS

Masyarakat Tak Mampu Bayar, Fraksi PKS Tolak Kenaikan BPJS

Pemerintah diminta segera mencari solusi konkret untuk memberikan subsidi bagi peserta BPJS Kesehatan kelas III.


Kemenlu dan DPR Bahas soal Habib Rizieq secara Tertutup

Kemenlu dan DPR Bahas soal Habib Rizieq secara Tertutup

Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Komisi I DPR RI sepakat melakukan pembicaraan tertutup untuk membahas Habib Rizieq Shihab (HRS).


Prabowo Pelajari Kepulangan Habib Rizieq

Prabowo Pelajari Kepulangan Habib Rizieq

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab hingga kini masih berada di Arab Saudi.


Ini Syarat Pendaftaran PPG Prajabatan 2019

Ini Syarat Pendaftaran PPG Prajabatan 2019

Kemendikbud akan melakukan seleksi ketat untuk mencari calon guru andal melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Mandiri.


Belum Sebulan Menjabat, Prabowo Diminta

Belum Sebulan Menjabat, Prabowo Diminta

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR.


Prabowo: Kekuatan Pertahanan Rahasia, Tak Boleh Bocor

Prabowo: Kekuatan Pertahanan Rahasia, Tak Boleh Bocor

Ketidaktepatan membeli alat pertahanan menjadi sorotan Komisi I DPR RI. Anggaran besar yang digelontorkan pemerintah untuk memperkuat persenjataan dinilai pembo


Jokowi tambah Dua Wamen Lagi

Jokowi tambah Dua Wamen Lagi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik 12 wakil menteri (wamen). Keberadaan para menteri tersebut untuk memudahkan kerja menteri.


Pemerintah Buka Opsi Gunakan PLTN

Pemerintah Buka Opsi Gunakan PLTN

Kemenristek akan tetap mempersiapkan opsi pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) untuk mengantisipasi melonjaknya kebutuhan listrik masa depan.


Apa Benar Ada 70.400 Desa di Indonesia?

Apa Benar Ada 70.400 Desa di Indonesia?

Pemerintah langsung menerjunkan tim untuk menyelidiki kabar dugaan desa fiktif yang membuat Istana gerah.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!