Nasional
Share this on:

Sehari, Indonesia Digoyang Gempa Empat Kali

  • Sehari, Indonesia Digoyang Gempa Empat Kali
  • Sehari, Indonesia Digoyang Gempa Empat Kali

JAKARTA - Sepanjang hari kemarin (16/2) Indonesia diguncang empat kali gempa. Diawali gempa di barat daya Klungkung Bali dengan kekuatan 4,4 SR.

Disusul gempa di wilayah Kabupaten Lebak berkekuatan 5,0 SR serta gempa 5,0 SR di barat daya Pulau Seram, Maluku. Tadi malam pukul 20.28 gempa berkekuatan 5,1 SR mengguncang Sukabumi dan sekitarnya.

Merujuk rekaman gempa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa yang kembali mengguncang Lebak, Banten terjadi pukul 12.13 siang. Gempa yang berada di kedalaman 24 km itu berada di 133 km barat daya Lebak, Banten.

Meskipun tidak besar, guncangan gempa dirasakan masyarakat di Rangkasbitung, ibukota Lebak. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Moch.

Riyadi mengatakan titik gempa bumi tektonik yang dirasakan warga Lebak berada di wilayah Samudera Hindia bagian Selatan Jawa Barat. Hasil peta tingkat guncangan (shake map) BMKG dan laporan warga menunjukkan guncangan dirasakan di daerah Bayah dan Cikotok dalam skala intensitas III-IM MMI (modified mercalli intensity).

Sementara itu di wilayah Sukabumi dan Bandung masuk dalam skala II-III MMI. ’’Sampai sekarang belum ada informasi adanya kerusakan ,’’ kata Riyadi, kemarin.

Dia menjelaskan gempa yang kembali mengguncang wilayah Lebak termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedalaman dangkal. Gempa ini muncl akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Analisis itu sesuai dengan hasil mekanisme arah pergerakan mendatar-naik (oblique thrust fault).

Riyadi mengatakan sampai pukul 13.00 tidak terpantau adanya gempa susulan. Masyarakat di Lebak dan sekitarnya dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu-isu yang beradar. Sebab BMKG sudah melansir bahwa gempa di Lebak dan dua gempa lainnya yang terjadi sepanjang hari kemarin tidak berpotensi Tsunami.

Ahli Geologi Ade Edward mengatakan gempa yang terjadi tiga sampai empat kali dalam sehari itu masih wajar. Termasuk yang terjadi di Lebak dan Bali, sampai ke Seram kemarin. Sebab lokasinya masih ada di peta ring of fire. ’’Di zona yang daerah ini (ring of fire, red) selalu berpotensi gempa,’’ katanya.

Persoalan yang terjadi sekarang adalah informasi gempa menyebar ke masyarakat cukup cepat. Sehingga sering membuat masyarakat cepat khawatir bahkan takut.

Beberapa data gempa yang tersebar juga sering berupa data teknis gempa yang belum tentu dirasakan guncangannya. Sehingga memicu kehebohan. Dia mengatakan selama gempa itu tidak menimbulkan dampak kerusakan, tidak perlu dikhawatirkan.

Dia berharap pemerintah lebih gencar sosialisasi tentang intensitas gempa. Sehingga ketika ada gempa dengan intensitas yang tidak terlalu kuat, masyarakat tidak perlu sampai khawatir berlebihan.

Ketua Ikatan Ahli Gempa Indonesia (IAGI) Sumatera Barat itu menilai sosialisasi tentang gempa masih lemah. (wan/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Elit Diminta Stop Politisasi SARA
Elit Diminta Stop Politisasi SARA

Berita Sejenis

Keluarga Budi Mulya Tagih Janji KPK

Keluarga Budi Mulya Tagih Janji KPK

Keluarga terpidana mantan Deputi Bidang Moneter Bank Indonesia (BI) Budi Mulya kembali mendatangi gedung KPK kemarin (19/9).


TKW Dijual Online

TKW Dijual Online

Salah satu situs jual beli online Singapura Carousell kedapatan memasang iklan penjualan beberapa Pekerja Migran Indonesia perempuan (TKW).


Pimen Kiye, Empat dari 10 Anak Indonesia Kerdil

Pimen Kiye, Empat dari 10 Anak Indonesia Kerdil

Kemarin (16/9) pemerintah menyerukan dimulainya Kampanye Nasional Pencegahan Stunting secara nasional.


Jokowi Bantah Kampanye di Iklan Capaian di Bioskop

Jokowi Bantah Kampanye di Iklan Capaian di Bioskop

Penayangan iklan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menayangkan capaian pemerintah terus mendapat protes dari partai Gerakan Indonesia Raya.


Cuti Sehari Dalam Seminggu

Cuti Sehari Dalam Seminggu

Kepala daerah dipastikan boleh terlibat dalam dukungan politik terhadap partai atau calon presiden.


Kemenlu Berharap Bukan WNI

Kemenlu Berharap Bukan WNI

Beredar kabar bahwa dua warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban penculikan di perairan Semporna, Sabah, Malaysia.


Jokowi Minta Restu Sinta Nuriyah

Jokowi Minta Restu Sinta Nuriyah

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo – Ma’ruf Amin akhirnya mengumumkan nama Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK).


Kemenag: Seharusnya Tidak Boleh Ada Penolakan

Kemenag: Seharusnya Tidak Boleh Ada Penolakan

Upaya penolakan bahkan disebut sebagai intimidasi terhadap kegiatan ceramah agama kembali menyeruak. Kali ini dialami oleh Ustad Abdul Somad (UAS).


Kepala Daerah Tersangka Tetap Wajib Dilantik

Kepala Daerah Tersangka Tetap Wajib Dilantik

Kepala daerah terpilih yang menjadi tersangka kasus pidana bukan hal yang baru di Indonesia.


Erupsi Semeru Mulai Ganggu Penerbangan

Erupsi Semeru Mulai Ganggu Penerbangan

Erupsi Gunung Semeru kemarin membuat Maskapai Garuda Indonesia mengalihkan penerbangan dari Jakarta menuju Malang ke Surabaya.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!