Nasional
Share this on:

Sehari, Indonesia Digoyang Gempa Empat Kali

  • Sehari, Indonesia Digoyang Gempa Empat Kali
  • Sehari, Indonesia Digoyang Gempa Empat Kali

JAKARTA - Sepanjang hari kemarin (16/2) Indonesia diguncang empat kali gempa. Diawali gempa di barat daya Klungkung Bali dengan kekuatan 4,4 SR.

Disusul gempa di wilayah Kabupaten Lebak berkekuatan 5,0 SR serta gempa 5,0 SR di barat daya Pulau Seram, Maluku. Tadi malam pukul 20.28 gempa berkekuatan 5,1 SR mengguncang Sukabumi dan sekitarnya.

Merujuk rekaman gempa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa yang kembali mengguncang Lebak, Banten terjadi pukul 12.13 siang. Gempa yang berada di kedalaman 24 km itu berada di 133 km barat daya Lebak, Banten.

Meskipun tidak besar, guncangan gempa dirasakan masyarakat di Rangkasbitung, ibukota Lebak. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Moch.

Riyadi mengatakan titik gempa bumi tektonik yang dirasakan warga Lebak berada di wilayah Samudera Hindia bagian Selatan Jawa Barat. Hasil peta tingkat guncangan (shake map) BMKG dan laporan warga menunjukkan guncangan dirasakan di daerah Bayah dan Cikotok dalam skala intensitas III-IM MMI (modified mercalli intensity).

Sementara itu di wilayah Sukabumi dan Bandung masuk dalam skala II-III MMI. ’’Sampai sekarang belum ada informasi adanya kerusakan ,’’ kata Riyadi, kemarin.

Dia menjelaskan gempa yang kembali mengguncang wilayah Lebak termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedalaman dangkal. Gempa ini muncl akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Analisis itu sesuai dengan hasil mekanisme arah pergerakan mendatar-naik (oblique thrust fault).

Riyadi mengatakan sampai pukul 13.00 tidak terpantau adanya gempa susulan. Masyarakat di Lebak dan sekitarnya dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu-isu yang beradar. Sebab BMKG sudah melansir bahwa gempa di Lebak dan dua gempa lainnya yang terjadi sepanjang hari kemarin tidak berpotensi Tsunami.

Ahli Geologi Ade Edward mengatakan gempa yang terjadi tiga sampai empat kali dalam sehari itu masih wajar. Termasuk yang terjadi di Lebak dan Bali, sampai ke Seram kemarin. Sebab lokasinya masih ada di peta ring of fire. ’’Di zona yang daerah ini (ring of fire, red) selalu berpotensi gempa,’’ katanya.

Persoalan yang terjadi sekarang adalah informasi gempa menyebar ke masyarakat cukup cepat. Sehingga sering membuat masyarakat cepat khawatir bahkan takut.

Beberapa data gempa yang tersebar juga sering berupa data teknis gempa yang belum tentu dirasakan guncangannya. Sehingga memicu kehebohan. Dia mengatakan selama gempa itu tidak menimbulkan dampak kerusakan, tidak perlu dikhawatirkan.

Dia berharap pemerintah lebih gencar sosialisasi tentang intensitas gempa. Sehingga ketika ada gempa dengan intensitas yang tidak terlalu kuat, masyarakat tidak perlu sampai khawatir berlebihan.

Ketua Ikatan Ahli Gempa Indonesia (IAGI) Sumatera Barat itu menilai sosialisasi tentang gempa masih lemah. (wan/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Elit Diminta Stop Politisasi SARA
Elit Diminta Stop Politisasi SARA

Berita Sejenis

Larangan Berkunjung ke Israel Efektif Mulai Besok

Larangan Berkunjung ke Israel Efektif Mulai Besok

Akhir Mei lalu pemerintah Israel mengumumkan larangan berkunjung bagi masyarakat Indonesia. Ketentuan larangan kunjungan ini berlaku efektif mulai besok (9/6).


Israel Boiktot Warga Berpaspor Indonesia

Israel Boiktot Warga Berpaspor Indonesia

Kebijakan Pemerintah Israel melarang Warga Negara Indonesia (WNI) masuk ke wilayahnya disayangkan pemerintah.


Merapi Erupsi Lagi, 10 Desa Mulai Dikosongkan

Merapi Erupsi Lagi, 10 Desa Mulai Dikosongkan

Aktivitas letusan freatik Gunung Merapi terus terjadi. Kemarin, sedikitnya dua kali muncul letusan.


Empat Anak Bomber Jadi Saksi Mahkota

Empat Anak Bomber Jadi Saksi Mahkota

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menyatakan empat anak terduga teroris bakal jadi saksi mahkota.


Usut Tuntas Calo Anggaran

Usut Tuntas Calo Anggaran

Menyusul hasil Operasi Tangkap Tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi yang menetapkan empat orang tersangka terkait pemberian gratifikasi.


Asyik... Lebaran Kali Ini, Mobil Dinas Boleh buat Mudik

Asyik... Lebaran Kali Ini, Mobil Dinas Boleh buat Mudik

Pemerintah terus mengobral kebijakan untuk membuat perayaan Lebaran tahun ini lebih meriah.


Brunei Beli Senjata dan Tank Anoa

Brunei Beli Senjata dan Tank Anoa

Lawatan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah ke Indonesia menguatkan kerja sama di berbagai bidang. Salah satunya bidang pertahanan.


Perpres Baru Permudah Tenaga Kerja Asing Masuk

Perpres Baru Permudah Tenaga Kerja Asing Masuk

Kajian dan ivestigasi Ombudsman Republik Indonesia (IRI) soal TKA memang belum menyentuh Perpres Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing.


Tak Bisa Lagi Andalkan Devisa

Tak Bisa Lagi Andalkan Devisa

Rupiah yang melemah dalam beberapa hari terakhir menyebabkan Bank Indonesia (BI) semakin aktif melakukan intervensi pasar.


Empat Kandidat Berpeluang Pimpin Pertamina

Empat Kandidat Berpeluang Pimpin Pertamina

Lengsernya Elia Massa Manik membuka peluang munculnya sosok baru untuk menahkodai BUMN yang tahun lalu meraup laba Rp32,24 triliun ini.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!