Nasional
Share this on:

Seribu Aktuaris Malaysia Siap Serbu Indonesia

  • Seribu Aktuaris Malaysia Siap Serbu Indonesia
  • Seribu Aktuaris Malaysia Siap Serbu Indonesia

JAKARTA - Konon aktuaris adalah profesi dengan gaji menggiurkan di Indonesia. Sayangnya profesi yang terkait dengan proyeksi keuangan asuransi dan sejenisnya itu masih langka di Indonesia. Kalangan perguruan tinggi swasta (PTS) berharap diberikan kesempatan oleh pemerintah untuk membuka progam studi (prodi) aktuaris.

Data sementara yang tercatat di Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) menyebutkan, saat ini jumlah aktuaris di Indonesia sekitar 400 orang. Sementara versi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jumlah ideal aktuaris di Indonesia sekitar 750 orang.

’’Saat ini ada seribu aktuaris berkebangsaan Malaysia siap masuk Indonesia. Tetapi masih ditahan dahulu oleh OJK,’’ kata Koordinator Kopertis Wilayah III DKI Jakarta Illah Sailah di Jakarta, kemarin.

Illah yang mengurusi pembinaan PTS untuk wilayah DKI Jakarta mengatakan, saat ini kampus penyelenggara prodi aktuaris masih terbatas. Yang terdekat dari wilayah ibukota ada di Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Kemudian Universitas Gadjah Mada (UGM) juga membuka prodi aktuaris.

’’Kami di Kopertis III berharap ada PTS yang diberi kesempatan membuka prodi aktuaris,’’ jelasnya. Dia mengatakan kendala utama pendirian prodi aktuaris diantaranya ketersediaan dosen. Namun dengan skenario pengakuan keahlian atau rekognisi pembelajaran lampau (RPL), kuliah aktuaris bisa diampu oleh aktuaris professional yang sudah ada.

Illah menuturkan dunia pendidikan tinggi di Indonesia harus secepatnya merespon kebutuhan global. Dia mencontohkan akutaris adalah salah satu potensi profesi yang memiliki ceruk kebutuhan tinggi.

’’Contoh lainnya adalah Optometri,’’ jelasnya. Illah mengatakan di Malaysia sudah ada prodi optometri yang membuka kuliah hingga S2 dan S3. Sementara di Indonesia sampai saat ini belum ada prodi optometri. Optometri sendiri adalah tenaga medis yang mahir dalam perawatan berbagai kondisi mata. Optometri bukan dokter dan tidak sama dengan dokter spesialis mata.

Staf Ahli Bidang Akadamik Kemenristekdikti Paulina Pannen menampung usulan Kopertis III Wilayah DKI Jakarta terkait akses membuka prodi akturasi. Dia mengakui bahwa saat ini kebutuhan kompetensi di dunia kerja sudah mengalami pergeseran.

Dia mencontohkan kebutuhan ternaga kerja cukup tinggi di Asia adalah sales yang tidak sekedar lihai menjual. ’’Perusahaan-perusahaan smartphone mencari sales sekarang tidak sebatas pada lulusan ekonomi atau sejenisnya,’’ tuturnya.

Paulina mengatakan sales produk smartphone atau barang IT lain yang jadi rebutan saat ini adalah mereka yang mengetahui detail teknologinya. ’’Jadi tidak sekedar sales. Tetapi yang memiliki keahlian di bidang engineering,’’ jelasnya. Dengan demikian sales IT bisa dengan cekatan dan lihai memaparkan kepada konsumennya tentang detail kecanggihan produk yang dijual. Tuntutan ini bisa saja melahirkan prodi baru yang mengawinkan keahlian engineering, IT, dan pemasaran. (wan/jpnn)

Berita Sebelumnya

KPK Siap Hadapi Setnov
KPK Siap Hadapi Setnov

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kesepakatan Belum Mengikat

Kesepakatan Belum Mengikat

Kementerian BUMN memastikan transaksi jual beli 51 persen saham divestasi PT Freeport Indonesia (PTFI) bakal selesai pada September 2018.


Banjir Hadiah Menanti Zohri

Banjir Hadiah Menanti Zohri

Sprinter muda Indonesia Lalu Muhammad Zohri langsung kebanjiran hadiah setelah menjadi juara dunia lari 100 meter kejuaraan dunia U-20.


Digitalisasi Televisi Dimulai Lagi

Digitalisasi Televisi Dimulai Lagi

Setelah sempat padam, rencana untuk digitalisasi saluran televisi di indonesia kembali dihidupkan oleh pemerintah.


Ayo Siap-siap Daftar, Ada 100 Ribu Formasi CPNS Guru Daerah

Ayo Siap-siap Daftar, Ada 100 Ribu Formasi CPNS Guru Daerah

Pendaftaran CPNS (calon pegawai negeri sipil) baru bakal dibuka di akhir bulan ini.


Indonesia Mulai Loby AS

Indonesia Mulai Loby AS

Mata pemerintah dan pelaku usaha kini tertuju pada sengitnya perang dagang antara dua raksasa ekonomi dunia, Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.


Optimis Salip Malaysia Tahun Depan

Optimis Salip Malaysia Tahun Depan

Jumlah publikasi internasional Indonesia tahun ini mengalami peningkatan signifikan.


Rupiah Loyo, Harga BBM Naik Lagi

Rupiah Loyo, Harga BBM Naik Lagi

PT Pertamina melakukan penyesuaian harga BBM, khususnya Pertamax Series dan Dex Series mulai kemarin (1/7) dan berlaku di SPBU seluruh Indonesia.


Larangan Berkunjung ke Israel Efektif Mulai Besok

Larangan Berkunjung ke Israel Efektif Mulai Besok

Akhir Mei lalu pemerintah Israel mengumumkan larangan berkunjung bagi masyarakat Indonesia. Ketentuan larangan kunjungan ini berlaku efektif mulai besok (9/6).


Israel Boiktot Warga Berpaspor Indonesia

Israel Boiktot Warga Berpaspor Indonesia

Kebijakan Pemerintah Israel melarang Warga Negara Indonesia (WNI) masuk ke wilayahnya disayangkan pemerintah.


Tiga Terduga Teroris Siap Ledakan Bom High Explosive

Tiga Terduga Teroris Siap Ledakan Bom High Explosive

Kelompok teroris masih menggeliat. Kemarin (7/5) Polri mengungkapkan penangkapan tiga terduga teroris di jalan Veteran III, Bogor, Jawa Barat.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!