Nasional
Share this on:

Setnov Kepergok Makan di Restoran Padang

  • Setnov Kepergok Makan di Restoran Padang
  • Setnov Kepergok Makan di Restoran Padang

JAKARTA - Terpidana kasus korupsi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Setya Novanto, terpergok sedang makan di restoran masakan padang di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Padahal, dirinya seharusnya tengah berada di sel tahanan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, untuk menjalani vonis yang dijatuhkan hakim.

Menanggapi hal ini, Kepala Lapas Sukamiskin, Tejo Harwanto menjelaskan Setnov berada di RSPAD Gatot Subroto untuk menjalani perawatan. Dia mengatakan kepergian Setnov ke luar lapas telah sesuai dengan prosedur dengan dikawal oleh petugas lapas dan pihak kepolisian.

"Memang benar saudara Setnov sekarang berada di RSPAD Gatot Subroto, melaksanakan perawatan dan tindakan medis," ujar Tejo ketika dikonfirmasi, Senin (29/4) kemarin.

Tejo menerangkan, mulanya Setnov mengeluh sakit. Berdasarkan hasil pemeriksaan oleh tim dokter Lapas Sukamiskin, dirinya kemudian dirujuk ke salah satu rumah sakit di Bandung. Lalu, terungkap bahwa Setnov terjangkit sejumlah penyakit kronis.

"Setnov didiagnosa CKD (gagal ginjal kronis), CAD (kelainan pembuluh darah arteri koroner pada jantung), DM Tipe 2 (Diabetes melitus tipe 2), vertigo, Radikulopati L4-5," jelasnya.

Senada dengan Tejo, Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Permasyarakatan (Ditjen Pas) Kemenkumham, Ade Kusmanto membenarkan kabar Setnov yang tengah menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto. Ia mengungkap, perawatan Setnov berdasarkan rujukan dokter Lapas Sukamiskin, Dr Susi Indrawati, dan dokter luar lapas, dr Ridwan Siswanto.

"Betul bahwa narapidana atas nama Setya Novanto sedang berada di luar Lapas Sukamiskin untuk mendapatkan tindak lanjut perawatan kesehatan di RSPAD Jakarta," kata Ade.

Ia pun memastikan proses perawatan Setnov selama berada di luar lapas telah sesuai dengan prosedur. "Pengeluaran dan pengawalan sesuai prosedur, dilaksanakan pada tanggal 24 April 2019," terangnya.

Sementara itu, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengaku tidak bisa berbicara banyak soal informasi tersebut. Karena, kata dia, masalah kedisplinan tahanan telah sepenuhnya menjadi kewenangan lapas dan Ditjen Pas. "Memang dulu kasusnya itu ditangani KPK, tapi kewenangan KPK tidak bisa menyentuh sampai dengan selama-lamanya, karena domain kewenangannya setelah eksekusi ada di lapas," ucapnya.

Seperti diketahui, majelis hakim pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor) menyatakan Setya Novanto terbukti bersalah dalam kasus korupsi e-KTP yang merugikan negara lebih dari Rp2,3 triliun. Mantan Ketua DPR dan Ketua Umum Golkar itu dijatuhi hukuman 15 tahun penjara, denda Rp500 juta, dan dicabut hak politiknya selama lima tahun. (riz/ful/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Kemenlu Panggil Dubes Vietnam
Kemenlu Panggil Dubes Vietnam

Berita Sejenis

Tiga Embarkasi Tuntas Diberangkatkan

Tiga Embarkasi Tuntas Diberangkatkan

Tiga embarkasi telah tuntas memberangkatkan jemaah haji ke Arab Saudi. Ketiga embarkasi tersebut antara lain Embarkasi Lombok (LOP), Palembang (PLM) dan Padang


Nusakambangan Layak untuk Setnov

Nusakambangan Layak untuk Setnov

Ulah terpidana korupsi e-KTP Setya Novanto (Setnov) yang pelesiran di luar Lapas Sukamiskin membuat KPK gerah.


Australia Keberatan Lokasi Bekas Pemboman Bali Dibuat Restoran

Australia Keberatan Lokasi Bekas Pemboman Bali Dibuat Restoran

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengecam keputusan Pemerintah Daerah Kabupaten Badung yang memberikan IMB kepada pemilik lahan bekas Sari Club.


Nari Ditahan, Setnov Kembali Diperiksa

Nari Ditahan, Setnov Kembali Diperiksa

Usai menahan tersangka kasus dugaan korupsi proyek KTP elektronik (e-KTP) Markus Nari,


Pelaku Lain Mengarah ke Setnov

Pelaku Lain Mengarah ke Setnov

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menyelesaikan penyidikan tersangka Wakil Ketua Komisi VII DPR (nonaktif) Eni Maulani Saragih.


Setnov Akui Perintah Eni

Setnov Akui Perintah Eni

Mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) akhirnya membuka keterlibatannya terkait dugaan suap kesepakatan kerjasama pembangunan proyek PLTU Riau 1.


Setnov Tahu Proyek PLTU Riau

Setnov Tahu Proyek PLTU Riau

Dugaan keterlibatan mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) dalam kasus korupsi proyek PLTU Riau 1 coba diurai oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Idrus Jangan Tiru Setnov

Idrus Jangan Tiru Setnov

Pengusutan dugaan korupsi kesepakatan kerjasama pembangunan proyek PLTU Riau 1 menjadi tantangan bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Wukuf di Arafah, Puluhan Calon Haji Tumbang

Wukuf di Arafah, Puluhan Calon Haji Tumbang

Suhu terik membuat calon jamaah haji (CJH) yang mengikuti wukuf di Padang Arafah kemarin bertumbangan.


Hari ini, Tiga Juta Calon Haji Wukuf di Arafah

Hari ini, Tiga Juta Calon Haji Wukuf di Arafah

Lebih dari tiga juta calon jamaah haji (CJH) sedunia berangkat ke padang Arafah secara bertahap kemarin.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!