Nasional
Share this on:

Sidoarjo Minta Saham Partisipasi di Lapindo

  • Sidoarjo Minta Saham Partisipasi di Lapindo
  • Sidoarjo Minta Saham Partisipasi di Lapindo

SIDOARJO - Lapindo Brantas kembali mengantongi izin eksplorasi minyak dan gas (migas) di Sidoarjo. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperpanjang izin tersebut hingga 20 tahun ke depan.

Pemkab Sidoarjo mengaku belum mengetahui perpanjangan izin itu. Meski demikian, pemkab bersiap menyodorkan permintaan kepemilikan saham partisipasi ke Lapindo. Permintaan tersebut dinilai wajar. Sebab, Sidoarjo tidak hanya ingin menanggung beban jika ada masalah. Tapi juga ingin mendapat bagian dari eksplorasi untuk pembangunan Kota Delta.

”Saya nanti tanyakan ini ke Lapindo. Tapi, seharusnya Lapindo yang mengerti dan harus memberikan saham ke Sidoarjo,” kata Bupati Sidoarjo Saiful Ilah kemarin (10/7).

Ketentuan tentang kepemilikan saham partisipasi alias participating interest (PI) itu memang diperbolehkan. Pemerintah telah menetapkannya dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 37 Tahun 2016. Besarnya adalah 10 persen. Pemkab Sidoarjo berharap bisa mendapatkan saham 10 persen tersebut. Sidoarjo selama ini memang daerah penghasil migas yang dieksplorasi Lapindo.

Saiful menyebutkan, kepemilikan saham partisipasi itu lebih rasional bagi daerah penghasil. ”Sebab, kalau hanya diberi bagi hasil itu nilainya sangat kecil. Sidoarjo akan kejar kepemilikan saham ini,” tegasnya.

Menurut Saiful, Pemkab Sidoarjo sudah memiliki peranti, yakni PD Aneka Usaha, untuk mengurusi saham partisipasi di Lapindo. Perusahaan itu merupakan BUMD yang salah satu geraknya di bidang migas. Saiful berharap kepemilikan saham atau PI tersebut nanti bisa diberikan lewat PD Aneka Usaha itu. Dengan demikian, ke depan hasil dari eksplorasi migas tersebut bisa menebalkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Delta.

Sementara itu, kalangan eksekutif dan legislatif di Jatim belum memperoleh kepastian soal perpanjangan kontrak eksplorasi migas untuk Lapindo. Meski perpanjangan kontrak tersebut merupakan kewenangan pusat, ada sejumlah hal terkait kewajiban Lapindo dalam penanganan bencana lumpur yang sampai saat ini perlu dituntaskan.

”Kami berharap masalah-masalah ini juga diselesaikan,” tegas anggota DPRD Jatim Zainul Lutfi kemarin.

Pemprov Jatim juga belum mengetahui perpanjangan kontrak migas untuk Lapindo Brantas tersebut. ”Sebab, itu adalah kewenangan pemerintah pusat,” kata Sekretaris Dinas ESDM Jatim Supoyo. (fim/ris/c9/agm/jpg)

Berita Sebelumnya


Berita Sejenis

Banyak Keluarga Minta Ditunjukkan Kondisi Korban

Banyak Keluarga Minta Ditunjukkan Kondisi Korban

Kondisi korban jatuhnya Lion Air JT 610 membuat keluarga ingin mengetahuinya.


BNPB Minta Tambahan Dana Lagi Rp500 Miliar

BNPB Minta Tambahan Dana Lagi Rp500 Miliar

Masa tanggap darurat bencana gempa dan tsunami Sulawesi Tengah (Sulteng) menyedot anggaran besar.


Presiden Minta TNI Tidak Lakukan Politik Praktis

Presiden Minta TNI Tidak Lakukan Politik Praktis

Presiden Joko Widodo turut hadir dalam upacara peringatan HUT TNI ke-73 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur kemarin (5/10).


Idrus Bantu Eni Minta Uang dari Kotjo

Idrus Bantu Eni Minta Uang dari Kotjo

Sidang perdana perkara dugaan korupsi pembangunan PLTU Mulut Tambang Riau 1 memang hanya untuk Johanes Budisutrisno Kotjo sebagai terdakwa.


Korban Gempa Tiba di Bandara Juanda

Korban Gempa Tiba di Bandara Juanda

Ratusan pengungsi gempa dan tsunami di Sulteng berdatangan di Bandara Juanda, Sidoarjo, tadi malam (3/10).


KPK Umbar Penyelidikan Newmont

KPK Umbar Penyelidikan Newmont

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka-bukaan soal penyelidikan dugaan korupsi penjualan saham PT Newmont Nusa Tenggara kepada PT Amman Mineral Internasional.


PGRI Minta Pendaftaran CPNS Ditunda

PGRI Minta Pendaftaran CPNS Ditunda

Pengumuman kuota sekaligus tata cara pendaftaran CPNS baru 2018 rencananya dikeluarkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) hari ini (19/9).


Anggaran Ganti Rugi Menunggu Presiden

Anggaran Ganti Rugi Menunggu Presiden

Pemerintah belum memutuskan lagi pencairan sisa dana talangan untuk ganti rugi korban luapan Lumpur Lapindo.


Jokowi Minta Restu Sinta Nuriyah

Jokowi Minta Restu Sinta Nuriyah

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo – Ma’ruf Amin akhirnya mengumumkan nama Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK).


Prabowo Minta Dukungan Warga Nahdliyin

Prabowo Minta Dukungan Warga Nahdliyin

Prabowo Subianto berziarah ke makam Syaikhona Moh. Kholil di Keluarahan Martajasah, Bangkalan. kemarin (6/9).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!