Nasional
Share this on:

Sudah 3.369 CJH Lunasi Pembayaran

  • Sudah 3.369 CJH Lunasi Pembayaran
  • Sudah 3.369 CJH Lunasi Pembayaran

**JAKARTA ** - Memasuki hari kedua masa pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) kuota cadangan, jumlah pelunasan cukup signfikan. Kasubdit Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler Kemenag Mukhammad Khanif menuturkan jumlah pelunasan sampai hari kedua kemarin (23/5) mencapai 3.369 orang.

Khanif menjelaskan pelunasan BPIH untuk mengisi kuota tambahan dibuka sejak 22 Mei sampai 29 Mei depan. Total kuota haji tambahan mencapai 10 ribu kursi. Kuota ini terbagi menjadi dua. Yakni untuk kuota sesuai nomor porsi sebanyak 5.000 kursi. "Kemudian untuk kuota jamaah lansia dan pendampingnya 5.000 kursi," katanya.

Khanif menuturkan dibandingkan saat pelunasan BPIH tahap pertama dan kedua, dalam pelunasan kuota tambahan ini ada sejumlah ketentuan baru. Ketentuan ini diambil untuk memudahkan proses pelunasan. Kemenag memberikan sejumlah kemudahan, mengingat masa pelunasan yang efektif hanya enam hari itu.

"Selain waktu pelunasan yang pendek, juga mendekati masa operasional haji," tuturnya. Dia mencontohkan ketentuan baru yang memudahkan jamaah untuk pelunasan adalah soal aturan pemeriksaan kesehatan. Ketentuan pemeriksaan kesehatan ini terkait dengan istitoah atau mampu dari aspek kesehatan.

Pada pelunasan tahap pertama dan kedua yang sudah lalu, calon jamaah haji (CJH) wajib melakukan pemeriksaan kesehatan dahulu sebelum membayar uang pelunasan BPIH. "Tetapi sekarang (pelunasan kuota tambahan, red) pemeriksaan kesehatan dilakukan setelah pelunasan," tuturnya.

Ketentuan lainnya adalah terkait dengan penetapan CJH lansia. Khanif menjelaskan lansia yang mengajukan percepatan pemberangkatan haji ditetapkan dari usia yang paling tua. Kemudian pada pelunasan kuota tambahan ini juga berlaku pembayaran non teller. Pelunasan non teller dapat dilakukan untuk BNI Syariah, BRI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri. Kemudian pelunasan melalui ATM dapat dilakuan oleh nasabah Bank Muamalat.

Selain itu Khanif menjelaskan bahwa dalam pelunasan kuota tambahan ini Kemenag tetap memberlakukan kuota cadangan. Berbeda dengan pelunasan sebelumnya, kalini jumlah kuota cadangan mencapai 30 persen. Sedangkan pada pelunasan tahap kedua hanya dibuka lima persen kuota cadangan.

Khanif berharap dengan semakin besarnya kuota cadangan tersebut, bisa mengantisipasi jika ada CJH yang tidak bisa melunasi BPIH. Sehingga kursinya akan diisi oleh CJH kuota cadangan yang sudah melunasi BPIH. (wan/zul/ful)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kabut Asap Sudah Menyebar ke Thailand dan Filipina

Kabut Asap Sudah Menyebar ke Thailand dan Filipina

Kabut asap akibat kebakaran hutan di Indonesia dan Malaysia dilaporkan juga menyelimuti Thailand bagian selatan.


Sebaran Titik Panas Sudah Capai 5.086

Sebaran Titik Panas Sudah Capai 5.086

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, luas hutan dan lahan yang terbakar di seluruh Indonesia selama Januari hingga Agustus 2019 mencapai 328.7


ICW Minta Bantuan PBB

ICW Minta Bantuan PBB

Revisi UU KPK sudah disahkan, publik pun berupaya mencari jalan lain untuk mendorong mundur pelaksanaan regulasi tersebut.


KPU dan KPK Belum WTP, 32 Provinsi Sudah Efisien Gunakan Anggaran

KPU dan KPK Belum WTP, 32 Provinsi Sudah Efisien Gunakan Anggaran

Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) kini menjadi acuan pemerintah.


Soal Pengganti Imam Nahrawi, Jokowi Minta Waktu Sehari

Soal Pengganti Imam Nahrawi, Jokowi Minta Waktu Sehari

Pengunduran diri Imam Nahrawi dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sudah diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi).


KPK-Presiden Sudah Tak Sejalan

KPK-Presiden Sudah Tak Sejalan

Harapan sejumlah pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar Presiden Joko Widodo membuka ruang dialog terkait revisi Revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2


Kabut asap Kian Tebal, Sejumlah Kota Lumpuh

Kabut asap Kian Tebal, Sejumlah Kota Lumpuh

Asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Provinsi Riau sudah menyebar ke negara tetangga.


Kebakaran Hutan Sudah Meluas ke 328.724 Hektare Lahan

Kebakaran Hutan Sudah Meluas ke 328.724 Hektare Lahan

BMKG menyebut 1.211 titik panas di Sumatera menjadi indikasi awal kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).


Mr. Crack Itu Sudah Tiada

Mr. Crack Itu Sudah Tiada

Kabar duka kembali menyelimuti wajah negeri. Putra terbaik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie berpulang sekira pukul 18.00 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (


Golkar Kukuh Rebut Kursi Ketua MPR

Golkar Kukuh Rebut Kursi Ketua MPR

DPR RI sudah menyetujui revisi UU nomor 2 tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3). Perubahan ini terkait penambahan jumlah pimpinan MPR RI.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!