Nasional
Share this on:

Target Pemberkasan NIP Tuntas Desember

  • Target Pemberkasan NIP Tuntas Desember
  • Target Pemberkasan NIP Tuntas Desember

JAKARTA - Karena banyak sebab, jadwal rangkaian rekrutmen CPNS 2018 molor dari yang ditetapkan semula. Meskipun begitu, tahapan puncak, yakni pemberkasan NIP (nomor induk pegawai) diharapkan selesai Desemberi ini.

”Desember selesai, cukup (waktunya). Saya tanya kepala BKN (Badan Kepegawaian Negara) tadi, saya tanyakan cukup. Karena kita Januari kita mulai PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja),” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin di Istana Wakil Presiden setelah rapat evaluasi Asian Games, kemarin (14/12).

Saat ini, instansi yang merekrut CPNS sedang menyelesaikan tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) bagi pelamar yang telah lolos seleksi kompetensi dasar (SKD). Sebelumnya, pemerintah telah membuat mekanisme baru agar seleksi kompetensi bidang itu tetap bisa kompetitif. Salah satu caranya dengan tetap memenuhi peserta SKB tiga kali dari jumlah formasi.

”Di setiap formasi ketentuannya harus tiga kali lipat yg akan lulus, karena itu ada penambahan yang lulus. Tapi, yang lulus SKD itu sudah dikunci, otomatis tidak boleh sama nilainya dengan yang diangkat ikut SKB,” imbuh mantan Wakapolri itu.

Sedangkan untuk seleksi PPPK itu ditargetkan bisa dimulai pada Januari. Prosesnya akan tetap sama seperti dengan tes CPNS. Tapi, akan ada afirmasi untuk para pelamar yang usianya lebih dari 35 tahun sehingga tak memenuhi syarat CPNS.

Dia menuturkan akan dibuat terlebih dahulu peraturan menteri yang mengatur tentang mekanisme pengangkatan PPPK dan panitia seleksinya. Termasuk pula ketentuan afirmasi untuk honorer K2 terkait passing grade atau ambang batas.

”Afirmasi artinya ruang yang cukup. Karena biar bagaimana pun ini seleksi. afirmasi itu memberikan ruang supaya mereka bisa terjaring,” imbuh Syafruddin.

Sementara itu, BKN menggeber pelaksanaan SKB secara serempak mulai 8 Desember lalu hingga hari ini (15/8). Kepala Biro Humas BKN Mochammad Ridwan mengatakan, BKN berharap pelaksanaan SKB benar-benar tuntas pada hari ini. Sehingga pekan depan sudah bisa dimulai tahapan berikutnya.

Namun, menurut informasi yang beredar di BKN, masih ada instansi yang belum bisa menggelar SKB hingga 15 Desember. Instansi yang dimaksud adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pihak BKN tidak mengetahui dengan detail penyebab keterlambatan SKB di kementerian yang dipimpin oleh Menteri Basuki Hadimuljono itu. Kabarnya proses ujian fase SKD di Kementerian PUPR belum selesai. (jun/wan/ttg/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Orang Sakit Sulit Gunakan Hak Pilih
Orang Sakit Sulit Gunakan Hak Pilih

Berita Sejenis

Target 95 Persen Peserta BPJS Kesehatan Gagal

Target 95 Persen Peserta BPJS Kesehatan Gagal

Target kepersertaan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional untuk 95 persen penduduk tidak tercapai awal tahun ini.


Urus NIP Setelah Semua Klir

Urus NIP Setelah Semua Klir

Sejumlah instansi sudah mengumumkan hasil akhir seleksi calon pengawai negeri sipil (CPNS). Tahap berikutnya adalah pemberkasan nomor induk pegawai (NIP).


BPJS Kesehatan Masih Butuh 60 Juta Peserta untuk Penuhi Target UHC

BPJS Kesehatan Masih Butuh 60 Juta Peserta untuk Penuhi Target UHC

Target universal health coverage (UHC) atau jaminan kesehatan universal per 1 Januari 2019 sulit terkejar.


Polisi Tangkap 44 Orang Papua

Polisi Tangkap 44 Orang Papua

Masyarakat Papua tampaknya masih terkecoh dengan upaya untuk memecah belah dengan merayakan 1 Desember sebagai hari kemerdekaan.


Tol Merak–Surabaya Target Tuntas Sebelum Natal

Tol Merak–Surabaya Target Tuntas Sebelum Natal

Jalan tol yang menghubungkan Merak dan Surabaya ditargetkan bisa digunakan pada pekan ketiga bulan desember 2018 mendatang.


Ujian SKB Mulai 1 Desember

Ujian SKB Mulai 1 Desember

Sedianya pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKB) CPNS akan digelar 22–28 November, ternyata jadwal itu molor.


Validasi Kebutuhan CPNS Belum Tuntas

Validasi Kebutuhan CPNS Belum Tuntas

Kabar peneriman CPNS baru 2018 semakin santer. Pemerintah mengingatkan supaya masyarakat waspada terhadap praktik penipuan maupun berita bohong alias hoax.


Proses Evakuasi Rampung, Pendakian Rinjani Ditutup

Proses Evakuasi Rampung, Pendakian Rinjani Ditutup

Proses evakuasi pendaki yang terjebak di sejumlah titik di gunung Rinjani tuntas kemarin (31/7).


Pemudik Sudah Kembali Semua ke Jakarta

Pemudik Sudah Kembali Semua ke Jakarta

Arus balik sudah tuntas seratus persen. Ratusan ribu kendaraan yang pergi meninggalkan Jakarta telah kembali seluruhnya.


Kejar Target, Lusa RUU Terorisme Diketok

Kejar Target, Lusa RUU Terorisme Diketok

Pembahasan RUU Antiterorisme terus dikebut. DPR menarget Jumat akhir pekan ini atau lusa (25/5) sudah bisa membawa RUU tersebut ke paripurna untuk kemudian dike



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!