Nasional
Share this on:

Tiga Embarkasi Tuntas Diberangkatkan

  • Tiga Embarkasi Tuntas Diberangkatkan
  • Tiga Embarkasi Tuntas Diberangkatkan

JAKARTA - Tiga embarkasi telah tuntas memberangkatkan jemaah haji ke Arab Saudi. Ketiga embarkasi tersebut antara lain Embarkasi Lombok (LOP), Palembang (PLM) dan Padang (PDG).

Hingga hari Jumat (26/7), menurut Data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) yang diakses pada jam 15.56 WAS, jumlah jemaah haji yang tiba dari seluruh embarkasi di Indonesia mencapai 144.262 orang dari 357 kloter.

"Jadi sudah ada 3 embarkasi yang jemaahnya sudah tiba semua di Arab Saudi," ujar Kepala Seksi Kedatangan dan Keberangkatan Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah, Cecep Nursyamsi di Jeddah, Jumat (26/7).

Dia menuturkan, jemaah haji dari Embarkasi Lombok terbagi dalam 11 kloter dengan jumlah rata- rata 421 orang. Kedatangan Tamu Allah ini telah berakhir pada 21 Juli 2019. Sementara Embarkasi Padang, sebanyak 18 kloter dengan jumlah rata-rata jemaah 375 orang.

Jemaah yang terakhir tiba di Arab Saudi, pada 24 Juli 2019. Kemudian jemaah haji yang telah menuntaskan pengiriman jemaah haji ketiga dari Embarkasi Palembang. Yang terbagi dalam 19 kloter, dengan rata rata jumlah jemaah 442 orang. Kedatangan jemaah berakhir pada 25 Juli 2019.

Jemaah haji terbang dari Tanah Air ke Arab Saudi melalui 13 Embarkasi. Antara lain, Embarkasi Jakarta, Surabaya, Solo, Batam, Medan, Makasar, Palembang, Padang dan lainnya.

Terpisah, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Kholis Setiawan berharap agar tim pemantau haji Inspektorat Jenderal Kemenag untuk lebih banyak menyoroti upaya pemerintah agar jemaah dapat melaksanakan kesempurnaan ibadah haji.

"Saya minta dengan sangat teman-teman tim ini lebih banyak menyoroti Kaifiyatu adai manasikil hajj yakni bagaimana jemaah melaksanakan kesempurnaan ibadah haji," terangnya.

Ia berpesan kepada tim pemantau agar perbanyak menggali informasi terkait dengan kesempurnaan jemaah menjalankan ibadahnya. "Tidak lagi pada pertanyaan-pertanyaan pada hal-hal yang sifatnya makan, minum atau hotelnya," tuturnya.

Nur juga mengimbau agar pelaksanaan pemantauan haji harus terbuka. "Keterbukaan itu adalah apa atau cara bagaimana kita melakukan pemantauan termasuk metodologi yang kita pakai, ini harus kita jelaskan nanti kepada objek yang kita pantau," katanya.

Sekjen menyampaikan pula bahwa tugas memantau ini harus memiliki validitas dan bisa diuji oleh semua pihak. "Hasil pemantauan harus valid dan nantinya bisa didiskusikan dengan pihak lain," sambungnya.

Nur Kholish menyoroti berlakunya Undang-undang Nomor 8 Tahun 2019, piranti pengawasan sekaligus pemantauan ini betul-betul inheren di dalam tugas Kementerian karena tidak ada lagi KPHI. "Baik dan tidaknya, apakah itu dari sisi penyelenggaraan, perlindungan sekaligus sistem bimbingan ibadah maka tentu bergantung dari hasil pemantauan," lanjutnya.

Nur Kholis turut mengingatkan, sejak 2017 Menteri Agama telah menyampaikan bahwa peran Itjen akan lebih lebih banyak sebagai detektor dini terhadap persoalan dari mulai ketidakpatuhan ataupun fraud. Hal tersebut pun berlaku dalam pemantauan Ibadah Haji.

"Tolong disiapkan betul bahwa apa yang sudah dihasilkan untuk kemudian agar dijadikan rekomendasi dan akan ditindaklanjuti oleh teman-teman PHU Untuk penyempurnaan penyelenggaraan haji di tahun yang akan datang," tandasnya.

Sementara, berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, hingga Kamis, 25 Juli 2019 pukul 19.00 WAS atau hari ke-20 masa operasional haji 1440H/2019M terdapat 20 jemaah wafat. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyampaikan jumlah ini menurun dibandingkan dengan tahun lalu pada hari yang sama.

"Hingga hari ke-20, jemaah haji Indonesia yang wafat berjumlah 20 orang. Ini menurun jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya pada masa yang sama," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi Daker Makkah Nurhanudin, kemarin.

Pada 2018, di hari ke-20 jumlah jemaah yang wafat mencapai 34 orang. "Apalagi jika dibandingkan tahun 2015, di mana jemaah wafat pada hari ke-20 operasional haji mencapai 43 orang," jelas Nurhan. (ful/zul/fin)

Berita Sebelumnya

2.632 WNI di Yaman Dievakuasi
2.632 WNI di Yaman Dievakuasi

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Masalah DPT Pemilu Tak Pernah Tuntas

Masalah DPT Pemilu Tak Pernah Tuntas

Pengawasan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan politik uang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 2020 mendatang masih jadi sorotan Badan Pengawas Pem


Daftar Dewan HAM PBB, Indonesia Bersaing dengan Tiga Negara

Daftar Dewan HAM PBB, Indonesia Bersaing dengan Tiga Negara

Indonesia akan bersaing dengan tiga negara dalam emungutan suara pencalonan Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).


Soal Penyerangan Wiranto, Polri Dianggap Malu Akui Kelengahannya

Soal Penyerangan Wiranto, Polri Dianggap Malu Akui Kelengahannya

Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN) mengklaim, sosok penikam Menko Polhukam Wiranto telah terdeteksi keberadaannya di wilayah Pandeglang, sejak tiga bulan se


Wiranto Dioperasi Tiga Jam

Wiranto Dioperasi Tiga Jam

Operasi yang dilakukan tim medis dokter RSPAD Gatot Subroto Jakarta kepada Menko Polhukam Wiranto, akhirnya selesai dilakukan.


Aksi Tiga DPO Terekam CCTV, Tersangka Kerusuhan Wamena Bertambah

Aksi Tiga DPO Terekam CCTV, Tersangka Kerusuhan Wamena Bertambah

Jumlah tersangka kerusuhan kerusuhan di Wamena, Papua terus bertambah. Jika sebelumnya ada tujuh pelaku, kemarin bertambah tiga orang lagi.


Gerindra Ajukan Nama Edhy Prabowo, Fadli Zon, dan Sandiaga Uno untuk Pos Menteri

Gerindra Ajukan Nama Edhy Prabowo, Fadli Zon, dan Sandiaga Uno untuk Pos Menteri

Keinginan Partai Gerindra untuk bergabung dalam pemerintahan semakin kuat. Buktinya, partai besutan Prabowo Subianto itu terang-terangan mengakui meminta tiga p


Gantikan Oso, La Nyalla Janjikan Tiga Poin

Gantikan Oso, La Nyalla Janjikan Tiga Poin

Senator dari Jawa Timur La Nyalla Mattalitti terpilih sebagai Ketua DPD periode 2019-2024 menggantikan Oesman Sapta Odang (OSO).


Mutasi Tiga Kapolda Tak Ada Kaitannya dengan Demo dan Kerusuhan

Mutasi Tiga Kapolda Tak Ada Kaitannya dengan Demo dan Kerusuhan

Tiga Kapolda yang daerahnya mengalami masalah dicopot Kapolri Jenderal Tito Karnavian.


Tumpas KKSB, Tiga Warga Sipil Tewas

Tumpas KKSB, Tiga Warga Sipil Tewas

Upaya penegakan hukum tim Satgas Gabungan TNI-Polri terhadap Kelompok Kriminal sipil bersenjata (KKSB) berujung tertembaknya tujuh warga sipil, di Kampung Olenk


Besok, Presiden Panggil Pimpinan KPK

Besok, Presiden Panggil Pimpinan KPK

Keputusan tiga pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan mandat jabatan belum mendapat jawaban dari Presiden Joko Widodo, makin memperdalam polemi



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!