Nasional
Share this on:

TNI-Polri Solid, Presiden Janjikan 100 Jabatan Baru Pati

  • TNI-Polri Solid, Presiden Janjikan 100 Jabatan Baru Pati
  • TNI-Polri Solid, Presiden Janjikan 100 Jabatan Baru Pati

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengapresiasi soliditas dan sinergitas TNI-Polri dalam menjaga keamanan bangsa. Presiden pun menjanjikan 100 jabatan baru perwira tinggi (Pati) TNI-Polri. Dan juga menjamin tunjangan hari raya (THR) bagi prajurit cair akhir Mei.

Presiden Joko Widodo mengatakan pembangunan yang dilakukan pemerintah dapat berjalan dengan baik karena soliditas TNI dan Polri. Untuk itu, Jokowi mengajak seluruh prajurit TNI dan Polri untuk terus merangkul masyarakat guna membangun bangsa secara bersama-sama dan memupuk kembali rasa persatuan.

"Menghalau semua faham yang tidak sesuai konstitusi, Pancasila, dan memangkas bibit terorisme yang mengancam stabilitas dan keutuhan NKRI," kata Presiden pada acara buka puasa bersama dengan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi tito Karnavian dan ribuan prajurit TNI-Polri di Silang Monas, Jakarta, Kamis (16/5) kemarin.

Untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara, Presiden juga menekankan pentingnya sinergi dan soliditas antara TNI dan Polri. "Stabilitas politik dan keamanan adalah syarat mutlak pembangunan bangsa. Untuk itu TNI-Polri harus solid dan bersatu," kata Jokowi.

Mengapresiasi soliditas dan sinergitas Presiden akan menambah 100 jabatan baru untuk perwira tinggi (Pati) TNI-Polri.

"Saya akan tanda tangani penambahan jabatan perwira tinggi TNI. Nantinya akan ada tambahan jabatan 100 lagi perwira tinggi TNI-Polri," katanya.

"Kita akan kaji terus dan ke depan akan kita buka ruang-ruang untuk perwira tinggi TNI-Polri. Tadi sudah saya cek rancangannya di Kementerian Pertahanan. Mungkin minggu ini sampai di meja saya," tambah Presiden.

Presiden juga berjanji mencairkan THR bagi prajurit pada akhir Mei dan gaji ke-13 pada bulan Juli. "Sudah saya tanda tangani pemberian THR. Insya Allah diterima akhir bulan ini, paling lambat dan gaji ke-13 pada bulan Juli," katanya.

Selain itu Presiden juga mengatakan telah meningkatkan kesejahteraan prajurit. Hal itu dilakukan karena tugas TNI-Polri semakin berat. "Tahun lalu tunjangan kinerja naik, anggaran operasional Babinsa naik. Untuk tahun ini gaji naik 5 persen," ungkap Presiden.

Dalam kesempatan yang sama, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa TNI dan Polri telah menunjukan soliditas dalam memberi jaminan keamanan nasional selama Pemilu 2019. Masyarakat pun diminta menjaga persatuan bangsa yang telah terpolarisasi selama Pemilu.

"Hal tersebut tak terlepas dari kerja keras seluruh prajurit TNI dan anggota Polri serta perangkat komponen bangsa dan komponen masyarakat," katanya di hadapan ribuan prajurit TNI dan Polri yang mengikuti acara buka puasa bersama.

Panglima juga berpesan agar parjurit TNI-Polri bersama seluruh lapisan masyarakat kembali mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa. "Jadikan bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah sebagai mommentum untuk semakin mempererat persatuan dan kesatuan seluruh anak bangsa," katanya.

Pada kesempatan itu pula, Panglima menyampaikan permohonan maaf atas nama prajurit TNI dan Polri kepada masyarakat atas segala kekurangan dalam penyelenggaraan acara ini. "Semoga Allah SWT senantiasa menyertai langkah pengabdian kita pada bangsa dan negara Indonesia," kata Hadi. (gw/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Alasan Bangun Gedung Baru, DPR Minta Anggaran Rp7,3 Triliun

Alasan Bangun Gedung Baru, DPR Minta Anggaran Rp7,3 Triliun

Berbagai kementerian maupun lembaga pemerintah mulai mengajukan usulan anggaran 2020.


Jokowi Sinyalkan Aktivis 98 Masuk Kabinet

Jokowi Sinyalkan Aktivis 98 Masuk Kabinet

Presiden Joko Widodo mengatakan sudah saatnya aktivis 98 masuk dalam kabinet pemerintahan.


Presisen Jokowi: Berikan Waktu kepada Polisi

Presisen Jokowi: Berikan Waktu kepada Polisi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak untuk memberikan waktu terlebih dahulu kepada pihak kepolisian.


TKN: Dalil BW Sebatas Asumsi-asumsi

TKN: Dalil BW Sebatas Asumsi-asumsi

Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandiaga Uno Bambang Widjojanto menyinggung penyalahgunaan kebijakan Presiden Jokowi yang diduga untuk menaikkan elektabilitasnya dalam


MK Menerima Sidang Gugatan Pilpres, Tinggal Pembuktian Fakta

MK Menerima Sidang Gugatan Pilpres, Tinggal Pembuktian Fakta

Spekulasi tentang materi yang disampaikan tim hukum Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, akhirnya terjawab.


Aturan Baru Ojol Diterapkan Minggu Depan

Aturan Baru Ojol Diterapkan Minggu Depan

Direktorat Jendral Perhubungan Darat kemarin (13/6) bertemu dengan perwakilan ojek daring (ojol).


Gaji ke-13 Cair 1 Juli

Gaji ke-13 Cair 1 Juli

Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polri, dan para pensiunannya akan menjadapat gaji ke-13.


Jaga Keselamatan, Hakim MK akan Dikawal Polisi

Jaga Keselamatan, Hakim MK akan Dikawal Polisi

Polri berencana akan melakukan pengawalan terhadap Hakim Mahkamah Konstitusi (MK).


Polri Larang Gelar Aksi di Depan Gedung MK

Polri Larang Gelar Aksi di Depan Gedung MK

Polisi melarang kegiatan menyampaikan pendapat (demo) di depan Gedung MK, Jumat (14/6) hari ini.


Amankan Sidang MK, Polri Minta Masyarakat Tak Khawatir

Amankan Sidang MK, Polri Minta Masyarakat Tak Khawatir

Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) akan digelar, Jumat (14/6) hingga (28/6) mendatang.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!