Nasional
Share this on:

Tol Sragen–Ngawi Segera Bisa Dilewati

  • Tol Sragen–Ngawi Segera Bisa Dilewati
  • Tol Sragen–Ngawi Segera Bisa Dilewati

JAKARTA - Jalan tol Solo–Ngawi segmen Sragen–Ngawi mengantongi sertifikat layak operasi. Sertifikat tersebut tertuang dalam Surat Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR No JL02.01-Db/1.212 tertanggal 25 Oktober 2018. Isinya, secara umum, tol Solo–Ngawi segmen Sragen–Ngawi laik operasi dan direkomendasikan untuk dioperasikan sebagai jalan tol.

Penetapan pengoperasian dan pemberlakuan tarif pada jalan tol tersebut selanjutnya akan ditetapkan melalui keputusan menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR).

Dirut PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno mengungkapkan, pihaknya melakukan sosialisasi pengoperasian jalan tol sebelum mengoperasikan dan memberlakukan tarif tol. PT JSN juga diwajibkan mengikuti ketentuan-ketentuan yang diatur dalam perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebelum beroperasinya segmen Sragen–Ngawi.

Surat Dirjen Bina Marga tersebut merupakan tindak lanjut atas Surat Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan No AJ.409/1/11/DJPD/2018 tertanggal 19 Oktober 2018 perihal Rekomendasi Laik Fungsi Jalan Tol Solo–Ngawi Segmen Sragen–Ngawi dan PPJT Solo Mantingan Ngawi No 18 tertanggal 28 Juni 2011.

Rencananya, kata David, jalan tol itu dilengkapi delapan gerbang tol (GT) untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses jalan. Yakni, GT Colomadu, GT Bandara, GT Ngemplak, GT Purwodadi, GT Karanganyar, GT Sragen, GT Sragen Timur, dan GT Ngawi (Kota Ngawi).

David menjelaskan, tol Solo–Ngawi terdiri atas tiga tahapan pengoperasian. Tahap I segmen Ngawi–Klitik (Ngawi) sepanjang 4 km telah beroperasi sejak 30 Maret 2018. Lalu, tahap II Kartasura–Sragen diresmikan pada 15 Juli 2018.”Terakhir, tahap III Sragen–Ngawi yang telah mendapat sertifikat laik operasi,” katanya kemarin (5/11).

Secara keseluruhan, tol Solo–Ngawi memiliki panjang 90,43 km yang terbagi dalam dua bagian pekerjaan. Sepanjang 21,08 km dikerjakan pemerintah (Kementerian PUPR) dan sisanya, 69,35 km, dikerjakan PT JSN.

Tol Solo–Ngawi telah dioperasikan tanpa tarif sebagai jalan tol fungsional pada pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018. Kala itu peran jalan tol fungsional Solo–Ngawi terbukti memperlancar arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Jalan tol Solo–Ngawi merupakan bagian dari jaringan jalan tol trans-Jawa yang tergabung dalam proyek strategis nasional (PSN). David optimistis, dukungan infrastruktur jalan tol tersebut menjadi salah satu upaya dalam memecah masalah transportasi darat dan konektivitas baru yang dapat berdampak positif bagi ekonomi kawasan secara umum, khususnya lingkungan sekitar jalan tol Solo–Ngawi. (tau/c10/agm/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Batal Pailit, Merpati Urus Izin Terbang

Batal Pailit, Merpati Urus Izin Terbang

Harapan agar Merpati bisa terbang lagi semakin mendekati kenyataan.


Tabrak Truk di Tol Sumo, Lima Tewas Seorang Kritis

Tabrak Truk di Tol Sumo, Lima Tewas Seorang Kritis

Kecelakaan maut kembali terjadi di jalan Tol Surabaya Mojokerto (Sumo).


Identifikasi Jenazah Lion Air Bisa 1,5 Bulan

Identifikasi Jenazah Lion Air Bisa 1,5 Bulan

Proses identifikasi jenazah kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 bergerak cepat.


Digratiskan, Jembatan Suramadu Berstatus Jembatan Non-Tol Biasa

Digratiskan, Jembatan Suramadu Berstatus Jembatan Non-Tol Biasa

Status jembatan Suramadu telah resmi berubah. Dari awalnya jembatan tol kini menjadi jembatan non-tol biasa.


Aksi Bela Kalimat Tauhid Bisa Berulang Pekan Depan

Aksi Bela Kalimat Tauhid Bisa Berulang Pekan Depan

Massa Aksi Bela Kalimat Tauhid berdemonstrasi di depan kantor Kementeriaan Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Jumat siang (26/10


MA Batalkan Tiga Peraturan BPJS Kesehatan

MA Batalkan Tiga Peraturan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan sudah tidak bisa menghindar lagi terkait desakan pembatalan Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan (Perdirjampelkes).


2019, Kelurahan Dapat Dana Seperti Desa

2019, Kelurahan Dapat Dana Seperti Desa

Distribusi anggaran dari pusat ke daerah terus dilakukan. Setelah dana desa, pemerintah akan segera mengeluarkan program dana kelurahan.


Akhir Tahun, 13 Tol Siap Beroperasi

Akhir Tahun, 13 Tol Siap Beroperasi

Pada akhir tahun 2018, 13 ruas Jalan Tol. Ruas-ruas baru tersebut masih lanjutan dari megaproyek Jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera.


Kebohongan Ratna Bisa Jadi Tutupi Soal Rekening

Kebohongan Ratna Bisa Jadi Tutupi Soal Rekening

Kasus kebohongan Ratna Sarumpaet dinilai tidak berdiri sendiri. Ada kemungkinan, kasus kebohongan itu digunakan untuk menutupi sesuatu.


Kota-kota Harus Siaga Bencana

Kota-kota Harus Siaga Bencana

Kota-kota di Indonesia perlu segera menyusun rencana tata ruang berbasis penanggulangan bencana. Utamanya bencana geologis seperti Gempa Bumi dan Tsunami.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!