Nasional
Share this on:

Tujuh Gedung Pemerintahan dan Hotel di Bali Rusak

  • Tujuh Gedung Pemerintahan dan Hotel di Bali Rusak
  • Tujuh Gedung Pemerintahan dan Hotel di Bali Rusak

**JAKARTA ** - Bali diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,8 Skala Richter (SR). Puluhan bangunan rusak, tujuh diantaranya milik pemerintah daerah. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi pukul 07.18 WIB.

Pusat gempa terjadi di 83 kilometer Barat Daya Nusa Dua dengan koordinat 9,11 derajat Lintang Selatan dan 114,54 Bujur Timur pada kedalaman 68 kilometer. Pada skala Mercalli, gempa dirasakan di Badung dan Nusa Dua (Skala V); Denpasar, Mataram, Lombok Tengah, dan Lombok Barat (Skala IV); Karangkater, Sumbawa, Lombok Timur, dan Lombok Utara (Skala III); serta Jember dan Lumajang (Skala II).

Pelaksana Harian Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan gempa terjadi akibat aktivitas antara Lempeng Indoaustralia dan Lempeng Eurasia.

"Lempeng Indoaustralia melakukan subduksi yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia sehingga mengakibatkan gempa," katanya dalam jumpa pers yang diadakan di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (16/7) kemarin.

Dikatakannya, akibat gempa tersebut satu orang mengalami luka-luka dan 38 bangunan rusak. Enam rumah rusak akibat gempa, dengan perincian satu roboh, satu rusak berat, dua rusak sedang, dan dua rusak ringan. Bangunan lainnya yang rusak yaitu lima rumah ibadah, 11 sekolah, dua fasilitas kesehatan, tujuh gedung pemerintahan, lima fasilitas umum, satu hotel, dan satu toko.

"Bangunan yang rusak tersebar di Kabupaten Buleleng, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Badung, dan Kota Denpasar," jelasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali I Made Rentin mengatakan bangunan yang rusak akibat gempa di Badung antara lain Gapura ITDC Nusa Dua, SD Negeri 1 Ungasan, Kantor Camat Kuta, SD 11 Jimbaran, Hotel Mercure Nusa Dua, Alfamart di Jalan Bali Cliff No 48 Ungasan, SMPN 5 Kuta Selatan, SMPN 2 Ungasan, SMP Negeri 2 Kuta Selatan, dan Kantor Camat Kuta Selatan.

Gempa juga merusak rumah di Banjar Sukajati di Desa Taman Abiansemal, pelinggih (bangunan suci) Bapak Muada SDN 1 Ungasan dan SD 3 Ungasan, SDN 5 Dalung Kuta Utara, SDN 5 Ungasan, SDN 1 Tuban, SDN 2 Tuban, Gedung Serbaguna Desa Adat Tuban, Banjar Tuban Griya, dan Kantor Bea Cukai.

"Rumah Tahanan dan dan ornamen pada atap gedung DPRD di Kabupaten Gianyar, serta rumah seorang warga di Desa Busungbiu, Kabupaten Buleleng, roboh," katanya.

Dia juga menyebut Pura Lokanatha di kawasan Taman Kota Lumintang, Denpasar, juga mengalami kerusakan, yaitu beberapa bata merahnya lepas. Gempa yang terjadi di Bali juga merusak sejumlah bangunan dan melukai seorang warga di Banyuwangi, Jawa Timur.

Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Eka Muharram mengatakan ada beberapa rumah warga yang mengalami rusak ringan, yakni genteng berjatuhan di Kecamatan Srono. Selain itu, seorang penghuni rumah mengalami luka ringan akibat tertimpa genteng rumah yang runtuh saat gempa terjadi.

"Untuk sementara warga di Kecamatan Srono yang terluka akibat tertimpa genteng yang jatuh, satu orang dan telah ditindaklanjuti. Korban mengalami luka ringan dan saat ini juga telah dirawat di rumah sakit terdekat," kata Eka.

Selain atap genteng rumah warga di Banyuwangi berjatuhan dan bergeser, gempa bumi Bali juga mengakibatkan atap teras Masjid Nurul Iman di Rajekwesi, Kecamatan Pesanggaran, nyaris roboh. "Petugas BPBD di masing-masing kecamatan saat ini tengah melakukan pendataan dampak gempa bumi Bali," ucapnya.

Sementara itu, terkait gempa 7,2 SR di Halmahera Selatan, Plh Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan jumlah korban jiwa bertambah menjadi empat orang dan 51 orang mengalami luka-luka. Akibat gempa yang terjadi pada Minggu (14/7) tersebut, 3.104 orang mengungsi di 15 titik pengungsian.

"Empat orang meninggal dunia dan 51 orang luka-luka. Hingga Selasa pukul 06.00 WIB, masih terjadi gempa susulan sebanyak 93 kali dan yang dirasakan 30 kali," kata Agus.

Dikatakan Agus, gempa juga mengakibatkan ratusan bangunan rusak, yang terdiri atas 971 rumah, tujuh sekolah, tiga rumah ibadah, satu fasilitas kesehatan, dua unit bangunan lain, dan tiga jembatan. Rumah-rumah yang rusak berada di Kecamatan Gane Timur Selatan di empat desa, Kecamatan Bacan Timur Selatan di satu desa, Kecamatan Bacan Timur Tengah di satu desa, Kecamatan Gane Timur di satu desa, dan Kecamatan Gane Barat Selatan di satu desa.

"Tiga jembatan yang rusak berada di Desa Saketa, Kecamatan Gane Barat dua unit dan Desa Pasi Palele, Kecamatan Gane Barat Selatan satu unit," jelasnya. (gw/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tumpas KKSB, Tiga Warga Sipil Tewas

Tumpas KKSB, Tiga Warga Sipil Tewas

Upaya penegakan hukum tim Satgas Gabungan TNI-Polri terhadap Kelompok Kriminal sipil bersenjata (KKSB) berujung tertembaknya tujuh warga sipil, di Kampung Olenk


KPU dan KPK Belum WTP, 32 Provinsi Sudah Efisien Gunakan Anggaran

KPU dan KPK Belum WTP, 32 Provinsi Sudah Efisien Gunakan Anggaran

Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) kini menjadi acuan pemerintah.


Tak Dapat WTP, Jokowi Minta Kementerian Perbaiki Diri

Tak Dapat WTP, Jokowi Minta Kementerian Perbaiki Diri

Alokasi anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam RAPBN TA 2020 disetujui Komisi V DPR RI sebesar Rp120,21 triliun.


Soal Pengganti Imam Nahrawi, Jokowi Minta Waktu Sehari

Soal Pengganti Imam Nahrawi, Jokowi Minta Waktu Sehari

Pengunduran diri Imam Nahrawi dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sudah diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Naik Rp4,47 Triliun, Dana BOS Jangan untuk Bayar Honorer

Naik Rp4,47 Triliun, Dana BOS Jangan untuk Bayar Honorer

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta dana bantuan operasional sekolah (BOS) tidak lagi digunakan untuk membayar gaji guru hono


Diduga Terima Rp26,5 Miliar, Menpora Ditetapkan Tersangka Suap

Diduga Terima Rp26,5 Miliar, Menpora Ditetapkan Tersangka Suap

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sebagai tersangka kasus dugaan suap dana hibah Kemenpora ke KON


Guru Wajib Melek Teknologi

Guru Wajib Melek Teknologi

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan, siap menerapkan sistem pendidikan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan atau


Hamili Pacar tapi Tak Dinikahi Bisa Dipidana Empat Tahun

Hamili Pacar tapi Tak Dinikahi Bisa Dipidana Empat Tahun

Komisi III DPR RI dan pemerintah secara marathon menggelar pembahasan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).


UU PKS Didesak Segera Disahkan

UU PKS Didesak Segera Disahkan

Sejumlah massa menyampaikan aspirasi di depan Gedung DPR/MPR RI Jakarta, Selasa (17/9).


Orangutan Jadi Korban Karhutla

Orangutan Jadi Korban Karhutla

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) juga berdampak pada kesehatan hewan langka, orangutan.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!