Nasional
Share this on:

Tujuh Jurnalis Terluka di Aksi 22 Mei

  • Tujuh Jurnalis Terluka di Aksi 22 Mei
  • Tujuh Jurnalis Terluka di Aksi 22 Mei

JAKARTA - Aliansi Jurnalis Independen Jakarta (AJI Jakarta) dalam siaran persnya mengatakan tujuh jurnalis menjadi korban kekerasan, intimidasi, dan persekusi oleh polisi dan massa saat meliput aksi di sekitar Gedung Bawaslu, Jakarta, yang berujung ricuh pada Rabu (22/5).

Berdasarkan verifikasi tim AJI Jakarta, setidaknya hingga saat ini terdapat tujuh jurnalis yang mengalami kekerasan, intimidasi dan persekusi sejak dini hari hingga pagi tadi. Mereka di antaranya, Budi Tanjung (Jurnalis CNNIndonesia TV), Ryan (CNNIndonesia.com), Ryan (Jurnalis MNC Media), Fajar (Jurnalis Radio MNC Trijaya), Fadli Mubarok (Jurnalis Alinea.id), dan dua jurnalis RTV yaitu Intan Bedisa dan Rahajeng Mutiara

Tak menutup kemungkinan, masih banyak jurnalis lainnya yang menjadi korban. Sampai saat ini AJI Jakarta masih mengumpulkan data dan verifikasi para jurnalis yang menjadi korban.

Ketua AJI Jakarta Asnil Bambani Amri mengatakan, peristiwa itu terjadi saat sejumlah jurnalis meliput di sekitar Gedung Bawaslu. Mereka dilarang aparat kepolisian saat merekam aksi penangkapan orang-orang yang diduga sebagai provokator massa.

"AJI Jakarta dan LBH Pers mengecam keras aksi kekerasan dan upaya penghalangan kerja jurnalis yang dilakukan oleh aparat kepolisian maupun massa aksi," ujarnya dalam siaran pers yang diterima FIN, kemarin malam.

Dikatakanya, salah satu korban Budi Tanjung, jurnalis Transmedia, dipukul di bagian kepala dan rekaman videonya di ponsel dihapus oleh beberapa anggota Brimob di depan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, pada Rabu dini hari.

Peristiwa kekerasan lainnya juga dialami jurnalis CNNIndonesia.com, Ryan saat meliput di Jalan Jatibaru, Jakarta Pusat. Saat itu, Ryan sedang merekam aksi polisi yang menangkap provokator massa. Namun, polisi merebut ponselnya dan meminta menghapus video.

"Ryan dipukul di bagian wajah, leher, lengan kanan bagian atas, dan bahu oleh beberapa anggota Brimob dan orang berseragam bebas. Mereka juga menggunakan tongkat untuk memukul Ryan," paparnya.

Aparat kepolisian tetap melakukan kekerasan walaupun Budi dan Ryan mengaku sebagai jurnalis, bahkan telah menunjukkan identitasnya sebagai jurnalis. Kekerasan terhadap jurnalis juga dilakukan oleh massa aksi. Mereka melakukan persekusi dan merampas peralatan kerja jurnalis seperti kamera, telepon genggam, dan alat perekam.

Massa memaksa jurnalis untuk menghapus semua dokumentasi berupa foto maupun video. Beberapa jurnalis bahkan mengalami tindak kekerasan fisik berupa pemukulan.

Tindakan yang mengintimidasi jurnalis saat meliput peristiwa kerusuhan itu bisa dikategorikan sebagai sensor terhadap produk jurnalistik. "Perbuatan itu termasuk pelanggaran pidana yang diatur dalam Pasal 18 UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Setiap orang yang menghalangi kebebasan pers diancam penjara maksimal dua tahun, dan denda maksimal Rp500 juta," jelasnya.

AJI Jakarta mendesak aparat keamanan dan masyarakat untuk menghormati dan mendukung iklim kemerdekaan pers, tanpa ada intimidasi serta menghalangi kerja jurnalis di lapangan. "Kami juga mengimbau kepada para pimpinan media massa untuk bertanggung jawab menjaga dan mengutamakan keselamatan jurnalisnya. Sebab, tidak ada berita seharga nyawa," ujarnya.

Sementara, Direktur Eksekutif LBH Pers Ade Wahyudin mengatakan, pihaknya mendesak aparat kepolisian untuk mengusut tuntas kekerasan dan intimidasi terhadap jurnalis, baik oleh polisi maupun kelompok warga. "Kami juga mengimbau para jurnalis yang meliput aksi massa untuk mengutamakan keselamatan dengan menjaga jarak saat terjadi kerusuhan," tandasnya. (rls/fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

KPK Larang ASN Terima Parsel
KPK Larang ASN Terima Parsel

Berita Sejenis

Polisi Endus Penghimpunan Dana Teroris lewat LSM

Polisi Endus Penghimpunan Dana Teroris lewat LSM

Berbagai cara dilakukan kelompok teroris dalam menghimpun dana untuk melancarkan aksi. Salah satunya dengan berklamufase menjadi lembaga swadaya masyarakat (LSM


Indonesia Kembalikan Tujuh Kontainer Sampah ke Prancis dan Hong Kong

Indonesia Kembalikan Tujuh Kontainer Sampah ke Prancis dan Hong Kong

Indonesia akan mengirim balik tujuh kontainer sampah yang diimpor secara ilegal ke Prancis dan Hong Kong melalui Bea Cukai Batam, Kepulauan Riau.


Atasi Kekeringan, Pemerintah Siapkan Hujan Buatan

Atasi Kekeringan, Pemerintah Siapkan Hujan Buatan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 75 kabupaten kota dan tujuh provinsi berstatus darurat kekeringan.


Pembangunan Tol Gedebage-Cilacap, Jogyakarta-Solo, dan Bawen-Jogyakarta Dikebut

Pembangunan Tol Gedebage-Cilacap, Jogyakarta-Solo, dan Bawen-Jogyakarta Dikebut

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan pembangunan tujuh ruas jalan tol segera dilaksanakan.


Tujuh Jamaah Haji Meninggal, 263 Dirawat di Rumah Sakit

Tujuh Jamaah Haji Meninggal, 263 Dirawat di Rumah Sakit

Sudah tujuh jamaah haji Indonesia meninggal di Tanah Suci hingga, Rabu (17/7) lalu.


Calon Jamaah Haji Juga Dizonasi di Makkah

Calon Jamaah Haji Juga Dizonasi di Makkah

Kementerian Agama (Kemenag) membagi tujuh zonasi untuk calon jamaah haji Indonesia (CJHI) di Makkah.


Tujuh Gedung Pemerintahan dan Hotel di Bali Rusak

Tujuh Gedung Pemerintahan dan Hotel di Bali Rusak

Bali diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,8 Skala Richter (SR). Puluhan bangunan rusak, tujuh diantaranya milik pemerintah daerah.


Siswa SD di Taiwan Pelajari Bahasa Indonesia

Siswa SD di Taiwan Pelajari Bahasa Indonesia

Murid-murid SD di Taiwan mulai Agustus diwajibkan mempelajari salah satu dari tujuh bahasa Asia Tenggara.


Polisi Segera Rilis Hasil Investigasi Kerusuhan 21-22 Mei

Polisi Segera Rilis Hasil Investigasi Kerusuhan 21-22 Mei

Polri mengklaim tim investigasi bentukan Kapolri Jenderal Tito Karnavian hampir menyelesaikan investigasi kerusuhan aksi 21-22 Mei lalu.


Medan Merdeka Ditutup, Ribuan Massa Gelar Aksi Balas Orasi

Medan Merdeka Ditutup, Ribuan Massa Gelar Aksi Balas Orasi

Jalan menuju MK ditutup barrier dan kawat berduri. Massa aksi hanya bisa berkumpul di sekitar patung kuda.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!