Nasional
Share this on:

Tumpahan Minyak Mulai Cemari Tanah

  • Tumpahan Minyak Mulai Cemari Tanah
  • Tumpahan Minyak Mulai Cemari Tanah

BALIKPAPAN - Selain mencemari perairan, tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menemukan kontaminasi minyak mentah (crude oil) dari pipa pertamina Refinery Unit (RU) V di teluk Balikpapan, juga mencemari sekitar 2,9 hektar daratan di sekitar pantai.

Tidak hanya itu, berdasarkan pengamatan Jawa Pos, sejak selasa (10/3), kawasan perairan di sekitar kawasan Kampung Atas Air khususnya di Kampung Pandansari dan Sepaku mulai terlihat menghitam meskipun lapisan minyak diatasnya telah mulai menipis.

Air hitam tersebut terlihat mengendap di kawasan mangrove utamanya saat air pasang pada sore dan pagi hari.

Kondisi ini masih terjadi hingga kemarin (12/4). Agus Didit, warga RT 06 Sepaku yang juga petugas pembersihan kawasan mangrove mengungkapkan bahwa kondisi belum berubah. “Airnya masih hitam, tapi baunya sudah tidak terasa,” ungkapnya pada Jawa Pos.

Meski demikian, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK Karliansyah memperkirakan menghitamnya air tersebut dikarenakan adanya proses pembersihan akar-akar mangrove yang sempat tertempel minyak.

“Jadi karena mulai disemprot (akar mangrove,Red) sisa-sisanya masuk ke perairan,” katanya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengungkapkan, berdasarkan survey tim KLHK di balikpapan, luas pantai yang telah terkontaminasi Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) minyak bumi diperkirakan seluas 29.733,8 meter persegi atau sekitar 2,9 hektar.

"Hasil ini hanya mencakup lokasi pantai saja," katanya.

Survei tersebut dilakukan di lokasi sepanjang pantai di Teluk Balikpapan dari Pantai Lamaru sampai dengan Pantai Banua Patra dengan cakupan wilayah survery 12.600 meter (12,6 Km).

Tidak hanya itu, limbah B3 diperkirakan juga telah mengkontaminasi sekitar 12.145,4 meter kubik tanah di area-area di sekitar pantai.

Hingga kemarin (12/4), tim KLHK masih melakukan pengambilan sampel di beberapa lokasi sepanjang pantai Teluk Balikpapan. "Perlu dilakukan kajian detail untuk penyusunan rencana pemulihan lokasi-lokasi tersebut," tambah Siti.

Sementara itu, untuk lokasi bagian barat Teluk Balikpapan yg terkena dampak lainnya yaitu mulai dari Pantai Melawai (depan Kantor KPU kota Balikpapan) sampai dengan Pulau Balang (Kawasan Industri Kariangaw), tim KLHK akan melakukan deliniasi (survey dan pengambilan sampel).(tau/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Sidoarjo Minta Saham Partisipasi di Lapindo

Sidoarjo Minta Saham Partisipasi di Lapindo

Lapindo Brantas kembali mengantongi izin eksplorasi minyak dan gas (migas) di Sidoarjo.


Indonesia Mulai Loby AS

Indonesia Mulai Loby AS

Mata pemerintah dan pelaku usaha kini tertuju pada sengitnya perang dagang antara dua raksasa ekonomi dunia, Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.


KPU Tolak Eks Napi Koruptor Nyaleg

KPU Tolak Eks Napi Koruptor Nyaleg

Pendaftaran calon legislatif (caleg) akan mulai dibuka besok (4/7).


Rupiah Loyo, Harga BBM Naik Lagi

Rupiah Loyo, Harga BBM Naik Lagi

PT Pertamina melakukan penyesuaian harga BBM, khususnya Pertamax Series dan Dex Series mulai kemarin (1/7) dan berlaku di SPBU seluruh Indonesia.


Tol Pejagan-Pemalang Dibuka Akhir Juli Nanti

Tol Pejagan-Pemalang Dibuka Akhir Juli Nanti

Sembilan ruas jalan tol yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa ditarget rampung dan mulai beroperasi pada akhir 2018.


Sembako Mulai Naik, Daging Sapi Tembus Rp130.000

Sembako Mulai Naik, Daging Sapi Tembus Rp130.000

H- 4 sebelum lebaran, harga-harga kebutuhan pokok mulai mengalami kenaikan, kemarin. Daging sapi mencatatkan kenaikan paling signifikan.


Larangan Berkunjung ke Israel Efektif Mulai Besok

Larangan Berkunjung ke Israel Efektif Mulai Besok

Akhir Mei lalu pemerintah Israel mengumumkan larangan berkunjung bagi masyarakat Indonesia. Ketentuan larangan kunjungan ini berlaku efektif mulai besok (9/6).


Satwa di Lereng Merapi Mulai Turun Gunung

Satwa di Lereng Merapi Mulai Turun Gunung

Selain letusan magmatik, turunnya satwa dari lereng Merapi menunjukkan bahwa gunung tersebut akan memasuki fase letusan besar.


Merapi Erupsi Lagi, 10 Desa Mulai Dikosongkan

Merapi Erupsi Lagi, 10 Desa Mulai Dikosongkan

Aktivitas letusan freatik Gunung Merapi terus terjadi. Kemarin, sedikitnya dua kali muncul letusan.


Pelunasan Tahap Kedua, Tetap Wajib Cek Kesehatan

Pelunasan Tahap Kedua, Tetap Wajib Cek Kesehatan

Kemenag rencananya mulai umumkan nama calon jamaah haji (CJH) berhak lunas biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap kedua kemarin (11/5).



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!