Nasional
Share this on:

Turunkan Harga Avtur atau Beri Ruang Perusahaan Internasional

  • Turunkan Harga Avtur atau Beri Ruang Perusahaan Internasional
  • Turunkan Harga Avtur atau Beri Ruang Perusahaan Internasional

JAKARTA - Kenaikan harga tiket pesawat yang berdampak pada rendahnya tingkat keterisian penumpang dan penurunan minat wisatawan akan dikaji Presiden Joko Widodo. Persoalan itu dikeluhkan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) saat bertemu Jokowi di sela-sela Rakernas PHRI tadi malam.

Jokowi mengatakan, dirinya sudah mendapat laporan terkait persoalan harga tiket. Di mana salah satunya disebabkan oleh harga avtur yang tinggi. Jokowi pun mengaku sudah mendapat informasi terkait adanya monopoli avtur di pasar domestik.

"Di monopoli oleh pertamina sendiri," kata Jokowi saat memberikan pengarahan di Grand Sahid Hotel, Jakarta, tadi malam.

Untuk menuntaskan persoalan tersebut, Jokowi mengaku akan mengundang Direktur Utama Pertamina siang ini. Menurutnya, hanya ada dua pilihan yang akan dia diberikan kepada pertamina.

Pertama, pertamina harus mau menyamakan harga avtur dengan harga internasional yang lebih murah. Namun jika tidak mau, maka dirinya akan memasukkan perusahaan internasional untuk menjadi pesaing pertamina.

Jokowi meyakini, upaya itu tidak akan membuat laporan keuangan pertamina bermasalah. Berdasarkan laporan sementara yang disampaikan kepadanya, pertamina sudah mendapatkan laba keuntungan yang signifikan tahun ini.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengatakan, melambungnya harga tiket pesawat belakangan berdampak pada penurunan okupansi hotel hingga 20 persen. Penurunan tersebut, bukan hanya merugikan bisnis perhotelan, namun juga rantai ekonomi lainnya seperti menurunnya omset UMKM yang menjadi mitra hotel.

"Peran monopoli avtur pertamina perlu dihentikan," ujarnya.

Selain persoalan avtur, Hariyadi mensinyalir adanya permainan kartel pada industri penerbangan. Pasalnya, saat ini, pasar penerbangan domestik hanya dikuasainya dua pemain besar saja. Yakni Lion Group dan Garuda Group.

Karenanya, dia mengusulkan pemerintah memberikan kemudahan agar perusahaan maskapai baru bisa masuk. "Sehingga menghasilkan persaingan kompetitif," tuturnya.

Terpisah, PT Pertamina (Persero) mengklaim harga avtur yang berlaku saat ini sudah sesuai dengan formula yang ditetapkan Kementerian ESDM. Awal Februari kemarin ESDM mengeluarkan formula baru dan khusus untuk Avtur.

Direktur Pemasaran Korporat Pertamina, Basuki Trikora mengatakan Pertamina telah melakukan perhitungan harga avtur sesuai dengan formula baru yang dikeluarkan Kementerian ESDM. “Sudah kami hitung, nggak ada masalah. Selama ini harga avturnya masih di bawah (formula),” katanya.

Dia mengatakan Pertamina akan menaati formula harga avtur yang ditetapkan pemerintah. “Pertamina tinggal ikut saja,” ucapnya. (far/vir/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Penduduk Miskin Berkurang 530 Ribu Orang

Penduduk Miskin Berkurang 530 Ribu Orang

Jumlah penduduk miskin Maret 2019 mencapai 25,14 juta orang, atau menurun 0,53 juta orang terhadap September 2018 dan menurun 0,80 juta orang terhadap Maret 201


PPIH Sidak Catering untuk Jamaah Haji

PPIH Sidak Catering untuk Jamaah Haji

Untuk memastikan keamanan makanan jamaah haji Indonesia, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) melakukan sidak atau inspeksi mendadak kepada penyedia caterin


Begini Cara Cek HP Anda Asli atau BM

Begini Cara Cek HP Anda Asli atau BM

Aturan registrasi IMEI ponsel diharapkan bisa menekan berkembangnya ponsel ilegal lewat jalur black market (BM).


Usul 13 Embarkasi Gunakan Fast Track

Usul 13 Embarkasi Gunakan Fast Track

Layanan Fast Track atau "jalur cepat" bagi jamaah haji Indonesia mendapat apresiasi dari Wakil Presiden Jusuf Kalla.


Jamaah Haji Tiba Lebih Cepat

Jamaah Haji Tiba Lebih Cepat

Jemaah haji kloter pertama dari Embarkasi Surabaya (SUB 1) tiba dengan selamat di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah.


Sri Mulyani Tagih Pajak Google Cs

Sri Mulyani Tagih Pajak Google Cs

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati menyinggung tentang pajak perusahaan-perusahaan Amerika Serikat (AS) dalam acara peringatan hari Kemerdekaan AS


2,5 Tahun atau Lebih Dihitung Satu Periode

2,5 Tahun atau Lebih Dihitung Satu Periode

Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 sedang digodok. Bukan hanya penyelenggara pemilu.


Tes PNS atau ASN Tahun Ini 100 Soal, 35 Di antaranya HOTS

Tes PNS atau ASN Tahun Ini 100 Soal, 35 Di antaranya HOTS

Tes seleksi aparatur sipil negara (ASN) 2019 akan menerapkan soal high order thinking skills (HOTS).


Calon Menteri Muda Jokowi-Ma'ruf, Budiman atau Emil Dardak?

Calon Menteri Muda Jokowi-Ma'ruf, Budiman atau Emil Dardak?

Bursa calon menteri kabinet periode 2019-2024 mulai ramai diperbincangkan. Figur muda dinilai cocok untuk mengisi posisi menteri strategis.


JK Serahkan Anugerah Paritrana BPJSTK 2018 Kepada Pemerintah Daerah Dan Perusahaan

JK Serahkan Anugerah Paritrana BPJSTK 2018 Kepada Pemerintah Daerah Dan Perusahaan

Gelaran Anugerah Paritrana kembali menggema setelah proses penilaian yang melibatkan Pemerintah Provinsi, Perusahaan, dan UKM selesai.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!