Nasional
Share this on:

Ujian SKB Mulai 1 Desember

  • Ujian SKB Mulai 1 Desember
  • Ujian SKB Mulai 1 Desember

JAKARTA - Sedianya pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKB) CPNS akan digelar 22–28 November, ternyata jadwal itu molor. Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperkirakan SKD baru bisa digelar awal Desember.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menuturkan pelaksanaan SKB untuk formasi instansi pemerintah daerah (pemda) seluruhnya menggunakan tes tulis berbasis komputer. Sedangkan SKB di instansi pemerintah pusat beragam. Ada yang tes tulis berbasis komputer, wawancara, hingga kesamaptaan.

Bima mengaatkan pelaksanaan ujian SKB di instansi pemda, dilaksanaan dengan menggunakan komputer ujian nasional berbasis computer (UNBK) di sekolah. Selain itu menggunakan fasilitas computer assisted test (CAT) milik BKN di kantor pusat maupun di daerah.

’’Rencananya (ujian SKB, Red) yang pakai fasilitas UNBK (dimulai, Red) tanggal 1 atau 2 Desember,’’ jelasnya di Jakarta kemarin (23/11). Kemudian untuk ujian SKB yang menggunakan komputer CAT milik BKN dilaksanakan mulai 4 Desember.

BKN menyebutkan pelaksanaan SKB kemungkinan berlangsung sekitar satu minggu. Sebab pelamar yang mengikuti SKB tidak sebanyak peserta SKD. Secara teori peserta yang lolos SKB adalah tiga kali formasi. Tetapi peserta SKB bakal jauh lebih sedikit, karena yang banyak yang mendapatkan nilai rendah.

Bima menuturkan pelaksanaan SKD yang menggunakan fasilitas UNBK sengaja didahulukan. Sebab mendekati akhir tahun, siswa tingkat akhir di SMA dan SMP sudah mulai bersiap mengikuti sejumlah ujian. Dia tidak ingin kegiatan ujian SKB yang menggunakan fasilitas komputer sekolah, menganggu kegiatan ujian siswa.

BKN berharap meskipun pelaksanaan SKB mundur dari jadwal sebelumnya, tidak memengaruhi seluruh rangkaian rekrutmen CPNS 2018. Bima menjelaskan rekrutmen CPNS 2018 tetap ditargetkan tuntas 2018. Sebab terakti dengan penggunaan anggaran.

Bima juga mengatakan pelamar CPNS yang sudah mengikuti SKD tidak perlu cemas menunggu pengumuman kelulusan ke fase SKB. Dia menuturkan bahwa kelulusan ke fase SKB ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional (Pansel). Bukan ditetapkan oleh instansi masing-masing.

Sampai sekarang Panselnas masih melakukan proses validasi dan verifikasi data. Khususnya data nilai yang diperoleh dari ujian SKD. Sehingga hingga kemarin belum ada satupun informasi kelulusan ke tahap SKB yang diumumkan. Kemungkinan mulai pekan depan sudah ada pengumuman nama-nama pelamar CPNS yang lolos ke fase SKB.

Bima menjelaskan bahwa soal ujian SKB dibuat oleh kementerian terkait. Bukan seperti soal ujian SKD yang dibikin oleh konsorsium PTN. Soal SKB untuk formasi guru dibuat oleh Kemendikbud. Sementara soal SKB untuk formasi tenaga kesehatan dibuat oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Begitupula untuk soal ujian SKB formasi dosen, dibuat oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Pada pelaksanaan SKB nanti dimungkinkan adanya pelamar dari kelompok lolos pasing grade (PG) atau kelompok pertama. Kemudian ada kelompok kedua yang terdiri dari pelamar tidak lulus PG tetapi ikut SKB dari hasil pemeringkatan. Bima mengatakan kualitas soal untuk peserta SKB kelompok pertama maupun kedua sama.

Hanya saja peserta SKB untuk dua kelompok tersebut tidak saling bersaing. Artinya ada pemisahan antara peserta SKB dari kelompok lulus PG dengan kelompok hasil pemeringkatan. Bima menegaskan peserta SKB dari kelompok pemeringkatan diperkirakan nilai SKD-nya juga tinggi-tinggi. Hanya kurang beberapa poin saja untuk mengejar PG. (wan/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Usai Umumkan Hasil Pilpres, Gedung KPU Mulai Disterilkan

Usai Umumkan Hasil Pilpres, Gedung KPU Mulai Disterilkan

Suasana Kantor KPU, Senin (20/5) malam, sangat ramai. Ratusan aparat kepolisian terlihat bersiaga di sepanjang Jalan Imam Bonjol, Jakarta.


Antisipasi Antrean, Jasa Marga Pindah Gerbang Tol Cikarang Utama

Antisipasi Antrean, Jasa Marga Pindah Gerbang Tol Cikarang Utama

Mulai 23 Mei, PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan merelokasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama di KM 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek ke KM 70.


Calo ASN Recoki Kemenpan RB

Calo ASN Recoki Kemenpan RB

Calo Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai merajalela. Ini berawal dari laporan masyarakat ke email halomenpan@menpan.go.id.


Cuti Bersama Tunggu Kepres Diteken

Cuti Bersama Tunggu Kepres Diteken

Cuti bersama Idul Fitri yang ditetapkan mulai 3 hingga 7 Juni, tampaknya masih akan dibahas ulang.


Rekapitulasi Nasional Dimulai,di Bali 01 Menng 91,68

Rekapitulasi Nasional Dimulai,di Bali 01 Menng 91,68

Rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional dalam negeri mulai dilaksanakan, Jumat (10/5) kemarin.


Kemendikbud Temukan 126 Kecurangan UNBK

Kemendikbud Temukan 126 Kecurangan UNBK

Kemendikbud merilis 126 pengaduan kecurangan selama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/SMK/MA berlangsung.


MK Mulai Simulasikan Penanganan Sengketa Pemilu

MK Mulai Simulasikan Penanganan Sengketa Pemilu

Persiapan Mahkamah Konstitusi jelang hari pengumuman Pemilu Serentak 2019 semakin matang.


Usai Pemilu, Demokrat Dianggap Mulai Ambigu

Usai Pemilu, Demokrat Dianggap Mulai Ambigu

Pasca pertemuan Agus Harimoerti Yudhoyono (AHY) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Kamis (3/5) kemarin, berbagai sorotan muncul.


Pengiriman Paspor CJH Berjenjang JAKARTA -

Pengiriman Paspor CJH Berjenjang JAKARTA -

Persiapan penyelenggaraan ibadah haji mulai memasuki masa pengajuan visa haji ke Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta.


 Medsos Tempat Favorit Penyebaran Hoax

Medsos Tempat Favorit Penyebaran Hoax

Polri mendeteksi bahwa penyebaran hoak mulai mengalami penurunan hingga 25 persen.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!