Otomotif
Share this on:

Baby Pajero Perkuat Pasar Kalimantan dan Sumatera

  • Baby Pajero Perkuat Pasar Kalimantan dan Sumatera
  • Baby Pajero Perkuat Pasar Kalimantan dan Sumatera

BABY PAJERO - Sang primadona di Mitsubishi, Xpander tetap menjadi andalan penjualan unit mobil sampai akhir tahun. (dewi maryani/indopos)

JAKARTA - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berambisi memperkuat cengkeraman bisnisnya di Indonesia. Termasuk di Kalimantan dan juga Sumatera.

Penjualan Mitsubishi pada periode Januari hingga Agustus 2017 di Kalimantan mencapai 1.968 unit. Angka tersebut berkontribusi 4,5 persen terhadap penjualan Mitsubishi secara nasional yang mencapai 43.688 unit.

Tahun ini Mitsubishi optimistis penjualan di Kalimantan Timur sebesar 2.600–2.700 unit. Sebab, pihaknya telah mengantongi SPK Xpander (disebut 'Baby Pajero') sekitar 500 unit.

Penopang utama penjualan Mitsubishi di Kalimantan Timur adalah Triton 4x4 dengan capaian 1.399 unit. Disusul Pajero Sport sebanyak 192 unit, Outlander Sport, lantas L300. ''Hampir di seluruh segmen kami mendominasi,'' ujar Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI Osamu Iwaba, beberapa waktu yang lalu.

Mitsubishi berhasil menjadi pemimpin pasar segmen double cab melalui Triton 4x4 dengan proporsi 77,4 persen; Pajero Sport 44,3 persen; Outlander Sport 31,9 persen; dan L300 68,2 persen. ''Penjualan Triton 4x4 juga naik cukup bagus dari 1.124 unit pada 2016 menjadi 1.399 unit pada Januari hingga Agustus 2017. Mayoritas penggunanya sektor pertambangan,'' tandasnya.

Tak tanggung-tanggung, pabrikan otomotif berlogo tiga berlian itu membuka dua diler sekaligus di Kalimantan Timur. Pembukaan diler terbaru itu seiring dengan melonjaknya minat masyarakat terhadap low MPV Mitsubishi Xpander. ''Dengan meningkatnya permintaan Xpander, tentu juga harus ada kesiapan aftersales seperti servis maupun spare part,'' tukasnya.

Di Kalimantan Timur, Mitsubishi telah memiliki sepuluh diler. Head of Sales Marketing Region 3 PT MMKSI Ilham Iranda menambahkan, pasar otomotif di Kalimantan Timur saat ini tumbuh positif seiring dengan pulihnya komoditas tambang yang menjadi penggerak ekonomi.

Hal ini juga di lakukan di Sumatera. Untuk pertama kali, pabrikan asal Jepang itu membuka diler di Aceh. Mitsubishi optimitistis Aceh berpotensi jadi pasar yang menjanjikan, terutama untuk segmen mobil penumpang.

Kepala Pemasaran dan Penjualan PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Ilham Iranda mengatakan saat ini Aceh berkontribusi menyumbangkan 1,2 persen penjualan secara nasional. ''Targetnya di angka dua persen (hingga akhir 2017),'' tukasnya.

''Perlahan-lahan, kami optimistis akan berkembang,'' imbuhnya.

Direktur Penjualan dan Pemasaran MMKSI Irwan Kuncoro, menambahkan Aceh adalah pasar yang berpotensi bagi Mitsubishi. ''Seperti Pajero Sport, pangsa pasar nasional 36-38 persen, di Aceh 46 persen. Aceh berkontribusi sangat baik,'' tukasnya.

MMKSI memasang target penjualan realistis Mitsubishi Xpander untuk pasar Provinsi Aceh. PT MMKSI hanya menetapkan target sebesar 35 unit per bulan atau setara 25 pesen dari total penjualan Small MPV di Aceh. Angka tersebut dinilai cukup realistis karena saat ini Mitsubishi hanya memiliki satu dealer mobil penumpang.

''Dengan menjual 35 unit per bulan artinya kami sudah menguasai sedikitnya 25 persen segmen small MPV di Aceh,'' imbuhnya.

Tercatat pada bulan Januari – Juni 2017, penjualan small MPV di Aceh mencapai 751 unit atau sekitar 125 unit setiap bulan. Angka tersebut merupakan penjualan terbesar di Aceh dibandingkan dengan model-model lain. Maka tidak heran bila target penjualan untuk model lain terbilang lebih sedikit.

''Untuk Pajero Sport kami menargetkan terjual sebanyak 8 unit per bulan. Dan model lain seperti Delica, Triton, Mirage serta Outlander Sport sebanyak satu unit per bulannya,'' katanya.

Tidak terlalu banyaknya target penjualan ini memang terbilang masuk akal mengingat penjualan mobil di Aceh tidak terlalu besar secara nasional. Meski demikian, Aceh merupakan provinsi yang masih memiliki potensi besar untuk berkembang.

''Kalau dilihat secara Nasional, sampai bulan Juni lalu memang masih kurang dari dua persen tapi ini kan masih akan berkembang terus. Targetnya, dengan adanya Xpander nanti, penjualan di Aceh bisa mencapai 2 persen dari total penjualan Mitsubishi secara nasional,'' pungkasnya. (dew/jpnn)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Jatim Pasar Potensial Kendaraan Niaga

Jatim Pasar Potensial Kendaraan Niaga

Berkembangnya industri di Indonesia memberikan dampak yang sangat positif bagi agen pemegang merek (APM) kendaraan niaga.


Penjualan Daihatsu Merangkak Naik

Penjualan Daihatsu Merangkak Naik

Di tengah pasar otomotif yang cenderung stagnan, Daihatsu mencatatkan kenaikan penjualan selama Januari hingga Agustus tahun ini.


Chevy Fokus Pasar SUV

Chevy Fokus Pasar SUV

Peluncuran empat varian baru berhasil mengerek penjualan Chevrolet di Indonesia.


Pembiayaan Otomotif Tumbuh Signifikan

Pembiayaan Otomotif Tumbuh Signifikan

Pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua pada semester pertama tahun ini masih tinggi.


Wuling Jadikan Indonesia Basis ASEAN

Wuling Jadikan Indonesia Basis ASEAN

Pasar otomotif bakal diramaikan pendatang baru, pabrikan asal Tiongkok, Wuling Motors.


Honda Perkuat Segmen Hatchback

Honda Perkuat Segmen Hatchback

Honda berambisi mempertahankan dominasi di segmen hatchback.


Resale Value Perkuat Posisi Xenia

Resale Value Perkuat Posisi Xenia

Pasar low multipurpose vehicle (LMPV) tahun ini memanas, karena kemunculan dua kompetitor baru, yakni Wuling Confero S dan Mitsubishi Expander.


Daihatsu Perkuat Jaringan di Indonesia Timur

Daihatsu Perkuat Jaringan di Indonesia Timur

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperkuat jaringan penjualan di kawasan timur Indonesia (KTI).


Soal Mobil Listrik, Pemerintah Tunggu Evaluasi BPPT

Soal Mobil Listrik, Pemerintah Tunggu Evaluasi BPPT

Kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik semakin menjadi tren di pasar otomotif global.


Pikap Baru Super Cab, Jajal Pasar Otomotif Indonesia

Pikap Baru Super Cab, Jajal Pasar Otomotif Indonesia

PT Sokonindo Automobile memperkenalkan model pertamanya yaitu mobil pick-up ?Super Cab?.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!