Otomotif
Share this on:

Jazz Masih Unggul, Baleno Mulai Mengejar

  • Jazz Masih Unggul, Baleno Mulai Mengejar
  • Jazz Masih Unggul, Baleno Mulai Mengejar

SURABAYA - Pada Juli lalu, Honda meluncurkan New Honda Jazz di Surabaya. Sebulan kemudian, Suzuki meluncurkan Baleno hatchback. Penjualan kedua produk baru itu pun beriringan.

Sejak diluncurkan, New Honda Jazz terjual 327 unit. Angka tersebut sesuai dengan target yang dibidik Honda Surabaya Center (diler utama Honda di Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara), yakni 300?350 unit per bulan. Sementara itu, Suzuki Baleno hatchback membukukan penjualan 190 unit sampai akhir Agustus.

Marketing and Aftersales Service Director Honda Surabaya Center Wendy Miharja menyatakan, pihaknya berupaya menjaga konsumen loyal Honda seperti pemakai Brio yang ingin naik kelas. Hasilnya, Honda Jazz konsisten menjadi penguasa pasar di kelas mobil tanpa buntut dengan total penjualan 1.622 unit pada periode Januari?Agustus lalu.

Pangsa pasar Honda Jazz pun naik 12,3 persen. Pada periode Januari?Juli 2016, pangsa pasar Honda Jazz mencapai 44,3 persen, lantas naik menjadi 56,6 persen pada periode yang sama tahun ini. Hadirnya dua varian baru di segmen tersebut juga diharapkan mampu berdampak terhadap pasar hatchback yang terus menurun.

Pada periode Januari?Juli 2017, pasar hatchback di Jatim merosot 15 persen (yoy). Tahun lalu penjualan hatchback mencapai 2.993 unit dan merosot menjadi 2.543 unit pada Januari?Juli 2017. Menurut Wendy, tak bisa dimungkiri kehadiran kendaraan low cost green car (LCGC) berdampak terhadap penurunan pasar hatchback.

Dulu masyarakat jika ingin membeli kendaraan kecil yang tersedia paling murah adalah hatchback. Kini ada LCGC yang lebih terjangkau sehingga masyarakat lebih memilih LCGC, terangnya.

Selain itu, pada rentang harga pasar hatchback, terdapat segmen lain yang diminati konsumen. Yakni, low multi-purpose vehicle (LMPV) seperti Toyota Avanza/Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, maupun Mitsubishi Expander. Hatchback juga harus bersaing dengan low sport utility vehicle (LSUV) seperti Rush/Terios, Honda HR-V, Suzuki S-Cross, Nissan CX-3, Chevrolet Trax, dan Juke.

Banyaknya variasi itulah yang membuat pasar hatchback terpecah dan berdampak terhadap penjualannya, imbuh Wendy.

Sales & Marketing Director PT United Motors Center Fredy Teguh Prasetyo menambahkan, dari total 190 surat pemesanan kendaraan Suzuki Baleno, terdapat 90 unit yang masih inden. Pengiriman unit paling cepat dilakukan Oktober mendatang. Kami meminta tambahan pasokan dari Suzuki pusat untuk memenuhi pemesanan, terangnya.

Hingga akhir tahun, Suzuki menargetkan merebut 10?15 persen pasar hatchback di Jatim. Selanjutnya, target penjualannya mencapai 55?70 unit per bulan di wilayah Jatim saja.

Sementara itu, persaingan segmen mobil SUV di Jawa Timur semakin ketat karena produsen otomotif menggarap serius segmen SUV. Sekjen Gaikindo Kukuh Kumara menyatakan, komposisi market SUV memang terus bertambah. Tahun lalu kontribusinya mencapai 19 persen, padahal pada tahun-tahun sebelumnya maksimal 12 persen.

Meskipun tidak dimungkiri belum ada yang bisa mengalahkan MPV, jelas Kukuh.

Geliat segmen SUV diprediksi masih terus terjadi. Bila tahun lalu 19 persen, diperkirakan sampai akhir 2017 segmen SUV berkontribusi di atas 20 persen.

Area IV General Manager PT Toyota Astra Motor Dharmawan Harlim menuturkan, Toyota Fortuner sampai saat ini masih menjadi market leader di Jatim dengan meraih penjualan 2.733 unit di antara total penjualan 6.848 unit. Fortuner menjadi pemimpin pasar dengan pangsa 39,9 persen.

Fortuner yang diproduksi di Indonesia mampu menguasai pasar Timor Tengah 90 persen dan di Thailand lebih dari 70 persen. Karena itu, pasokan Fortuner untuk pasar global lebih besar daripada pasokan untuk pasar dalam negeri, kata Dharmawan.

Secara terpisah, Head of Sales & Marketing Group PT MMKSI Imam Choeru Cahya mengakui, pasar SUV cukup menarik konsumen sejak 2016. Secara umum, penjualan mobil semua jenis memang diprediksi turun atau stagnan. Tapi, di kelas SUV, kami cukup memiliki pangsa pasar. Stabil dan bergerak tumbuh 2 persen, katanya. (vir/car/c22/noe/jpg)


Berita Sebelumnya

Penjualan Daihatsu Merangkak Naik
Penjualan Daihatsu Merangkak Naik

Berita Berikutnya

Jatim Pasar Potensial Kendaraan Niaga
Jatim Pasar Potensial Kendaraan Niaga

Berita Sejenis

Mitsubishi Percepat Produksi Xpander

Mitsubishi Percepat Produksi Xpander

Animo konsumen terhadap Mitsubishi Xpander masih cukup tinggi sejak mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang itu diluncurkan pada Agustus lalu.


Begini yang Harus Anda Lakukan Supaya Kendaraan Bebas dari Banjir

Begini yang Harus Anda Lakukan Supaya Kendaraan Bebas dari Banjir

Musim hujan sudah mulai datang. Kalau begini, biasanya banyak wilayah, terutama kota-kota besar yang mulai tergenang air banjir.


Toyota Masih Kukuh Pimpin Penjualan Roda Empat

Toyota Masih Kukuh Pimpin Penjualan Roda Empat

Gaikindo mencatat penjualan otomotif dari pabrik ke dealer (wholesales) kendaraan roda empat pada September 2017 turun 9,9 persen dari bulan sebelumnya,


Mitsubishi Mulai Kirimkan Xpander

Mitsubishi Mulai Kirimkan Xpander

Kendaraan keluarga Mitsubishi Xpander memberi terapi kejut bagi para kompetitor di kelasnya.


Kinerja Otomotif Diprediksi Membaik

Kinerja Otomotif Diprediksi Membaik

Sebelum mengakhiri kuartal ketiga 2017, sejumlah sentimen positif mulai mampir ke perekonomian tanah air.


Xpander Mulai Kalahkan Avanza

Xpander Mulai Kalahkan Avanza

Mitsubishi Xpander sukses merebut perhatian masyarakat Indonsia.


Mobil MPV Masih Paling Diminati

Mobil MPV Masih Paling Diminati

Selama sembilan hari pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, lebih dari 17 ribu unit kendaraan terjual.


Pembiayaan Otomotif Tumbuh Signifikan

Pembiayaan Otomotif Tumbuh Signifikan

Pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua pada semester pertama tahun ini masih tinggi.


Avanza Masih Jadi Primadona

Avanza Masih Jadi Primadona

PT Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim low MPV Toyota Avanza masih menjadi primadona di mata konsumen.


Wuling Mulai Ekspansi ke Jatim

Wuling Mulai Ekspansi ke Jatim

Mobil low multipurpose vehicle (LMPV) masih menjadi favorit pasar Indonesia.



Kolom

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!