Otomotif
Share this on:

Kerennya Truk Bertenaga Listrik E-FUSO

  • Kerennya Truk Bertenaga Listrik E-FUSO
  • Kerennya Truk Bertenaga Listrik E-FUSO

JAKARTA - Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), di bawah naungan Daimler Truck Asia, memperkuat komitmennya dimana FUSO mengumumkan rencananya untuk mengembangkan seluruh jajaran truk dan bus bertenaga listrik dalam beberapa tahun mendatang.

Pada ajang Tokyo Motor Show, MFTBC melansir merek terbarunya E-FUSO dan menjadi pabrikan pertama yang melansir sebuah merek yang khusus didedikasikan untuk truk dan bus bertenaga listrik. MFTBC memajang truk heavy-duty yang memiliki jarak tempuh hingga 350 km.

Truk itu diberi nama E-FUSO Vision ONE, yang menandai akhir dari proses dimana perusahaan akan mulai beralih ke tenaga listrik dalam beberapa waktu mendatang. Investasi dan juga akses pada Daimler Network untuk teknologi baterai serta pengisian daya akan mendukung strategi ini, dan menjadikan E-FUSO sebagai truk listrik terdepan.

''Melalui E-FUSO Vision ONE, ini merupakan gambaran kami terhadap truk heavy-duty bertenaga listrik, kami kembali menjadi yang terdepan dalam hal kendaraan niaga bertenaga listrik,'' kata Marc Listosella selaku President and CEO of Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation and Head of Daimler Trucks Asia Statef.

Pengenalan itu, kata Listosella, selang satu bulan semenjak peluncuran eCanter seri produksi pertama truk bertenaga listrik di New York, membuktikan komitmen kami untuk mengembangkan tenaga listrik pada seluruh jajaran truk dan bus, mulai dari truk ringan hingga truk berat.

''Dengan eCanter, kami membuktikan bahwa truk listrik sangat layak untuk digunakan untuk kebutuhan komersil. eCanter kami dapat mengemat hingga seribu Euro per 10 ribu km untuk biaya operasionalnya. Dan dengan perkembangan teknologi baterai yang begitu cepat, kami akan terus mengembangkan truk dan bus bertenaga listrik yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan ekonomi di masyarakat,'' tukasnya.

E-FUSO Vision ONE merupakan truk heavy-duty yang memiliki GVW 23.26 ton dan payload 11.11 ton, lebih rendah 1,8 ton dari rekan dieselnya. Truk ini dapat beroperasi dengan jarak tempuh hingga 30 km dalam sekali pengisian daya. Sementara truk listrik jarak jauh masih membutuhkan waktu untuk uji kelayakan secara teknis, penggunaan truk heavy-duty E-FUSO Vision ONE dapat digunakan untuk kendaraan distribusi di area regional.

Dengan mengembangkan eCanter – mulai dari perluasan desain, pengembangan, pengujian hingga saat ini masuk tahap produksi, MFTBC mendapatkan pencerahan, yang akan sangat membantu untuk membawa truk listrik heavy-duty ini meluncur di jalan-jalan umum dalam empat sampai lima tahun mendatang.

Seri Fuso eCanter memproduksi truk light-duty yang baru-baru ini diserahkan ke Seven-Eleven dan Yamato Transport Japan. Selain E-FUSO Vision ONE, MFTBC juga menampilkan eCanter, truk light-duty bertenaga listrik, yang baru-baru ini diluncurkan di kota New York.

ECanter itu memiliki GVW 7,5 ton dan jarak tempuh 100-120 km dengan dalam sekali pengisian daya. Seri produksi terbatas eCanter yang pertama telah diserahkan kepada pelanggan termasuk: Seven-Eleven, dan Yamato. Dan di Amerika Serikat, untuk United Parcel Service (UPS), dan beberapa LSM, termasuk Habitat for Humanity, Wildlife Conservation Society, dan The New York Botanical Garden, yang juga telah membeli eCanter.

Karenanya, dengan beroperasi di dua kota terbesar di dunia, New York City dan Tokyo, Fuso menunjukkan langkah konkret untuk mengurangi polusi udara dan kebisingan di daerah perkotaan dan melaksanakan visinya untuk mewujudkan lingkungan perkotaan yang lestari. (dew/jpnn)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Produsen Motor Listrik Lipat Gandakan Produksi

Produsen Motor Listrik Lipat Gandakan Produksi

Penerimaan masyarakat terhadap kendaraan listrik di tanah air terus membaik.


Regulasi Mobil Listrik Segera Rampung

Regulasi Mobil Listrik Segera Rampung

Pemerintah terus mematangkan aturan teknis tentang pengembangan mobil listrik. Regulasi itu akan berbentuk peraturan presiden.


Satu Juta Mobil Listrik dalam 10 Tahun

Satu Juta Mobil Listrik dalam 10 Tahun

Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai perkembangan mobil listrik akan sangat cepat di masa mendatang.


Soal Mobil Listrik, Pemerintah Tunggu Evaluasi BPPT

Soal Mobil Listrik, Pemerintah Tunggu Evaluasi BPPT

Kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik semakin menjadi tren di pasar otomotif global.


Permintaan Kendaraan Niaga Naik

Permintaan Kendaraan Niaga Naik

Mitsubishi Fuso menyampaikan optimismenya di tahun 2017 dengan memaparkan sejumlah data peningkatan pada permintaan kendaraan niaga.


Tesla Siapkan Kendaraan Berat Bertenaga Baterai

Tesla Siapkan Kendaraan Berat Bertenaga Baterai

Erakendaraan listrik tidak terelakkan lagi. Bukan hanya kendaraan roda dua dan mobil yang disiapkan untuk menjadi ramah lingkungan.


Ayla Generasi Kedua Lebih Bertenaga

Ayla Generasi Kedua Lebih Bertenaga

Perbaikan kualitas produk dan layanan terus dilakukan Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan meluncurkan generasi kedua New Astra Daihatsu Ayla.


Spesies Anyar Mobil Listrik Dihargai Rp2,4 Miliar

Spesies Anyar Mobil Listrik Dihargai Rp2,4 Miliar

Generasi terbaru mobil listrik muncul di depan publik. Faraday Future akhirnya merilis mobil listrik FF91.


Tata Motors Mulai Incar Pasar Truk

Tata Motors Mulai Incar Pasar Truk

Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) melirik pasar heavy duty truck di Jawa Timur.


Motor Listrik Mulai Bersolek

Motor Listrik Mulai Bersolek

Isu green environment berdampak pada pameran motor terbesar di dunia, Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo (EICMA) 2016.



Kolom

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!