Otomotif
Share this on:

Mobil Pedesaan Resmi Dilaunching, Per Unit Rp60-80 Jutaan

  • Mobil Pedesaan Resmi Dilaunching, Per Unit Rp60-80 Jutaan
  • Mobil Pedesaan Resmi Dilaunching, Per Unit Rp60-80 Jutaan

MINIATUR - Deputi Bidang produksi dan pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, I. Wayan Dipta (kedua kiri) berdialog dengan peserta pameran komponen otomotif di Hotel Haris Sumarecon Bekasi. (iwan tri wahyudi/indopos).

JAKARTA - IndistriI otomotif nasional tidak bisa mengelak dari terpaan krisis global. Tetapi, secara industri gelombang krisis itu tidak sampai menggerus permintaan. Artinya, industri otomotif terutama dari sisi komponen tetap menggeliat.

Industri komponen otomotif tak disangkal sukses menjadi jangkar industri. Bahkan, menjelma sebagai tulang punggung prinsipal-prinsipal berskala raksasa. Kondisi itu, menjadi petunjuk dan peta kalau industri nasional bakal mengalami akselerasi secara pertumbuhan.

Nah, berdasar data dan fakta itu, dipenghujung Agustus nanti, akan diluncurkan mobil pedesaan. Mobil pedesaan itu hasil kolaborasi pemerintah, usaha kecil menengah komponen otomotif dan pelaku industri otomotif.

Untuk tahap awal, mobil untuk menyisir seluruh pedesaan tanah air itu, bakal menyapa Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng). ?Untuk daerah lain menyusul,? tutur Presiden Direktur Industri Otomotif Indonesia (IOI), I Made Dana M Tangkas.

Made menyebut mobil pedesaan itu murni karya anak bangsa. Di mana, 80 persen konten lokal dan 20 persen dari luar. Itu terutama mesin dan sejumlah penunjang. Mesin sejatinya, bilang Made bukan tidak bisa membuat, tetapi mengalami keterbatasan kalau harus produksi masal.

?Kalau hanya buat satu mesin bisa. Tetapi, industri itu kan keberlanjutan,? ucapnya.

Mobil pedesaan itu, untuk komponen disuplai pelaku UKM. Secara sumber daya manusia (SDM) dan produksi komponen sudah memadai. Karena itu, mobil angkutan pedesaan itu diyakini bakal mendapat respon positif pasar. Mobil dengan 7 tipe itu akan dibanderol di kisaran Rp60-80 juta.

?Untuk mesin diesel 600 cc dan berbasis mesin 960 cc,? ungkapnya.

Untuk sementara, skala produksi masih kecil. Di mana, setiap hari 10 unit dan setiap tahun paling banter 3.000 unit. Tetapi, selanjutnya secara bertahap akan terus digenjot. Itu karena potensi pasar mobil pedesaan sangat besar. ?Ya, kasarannya paling tidak menyerap 40 persen dari dana desa Rp 120 triliun,? ungkap Pelindung Perkumpulan Industri Kecil-Menengah Komponen Otomotif Indonesia (PIKKO) itu.

Sementara Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi (Kemenkop) UKM I Wayan Dipta menyebut pemerintah mendukung penuh. Tetapi, untuk sokongan modal, anggaran pemerintah tersedot pada infrastruktur.

Dengan begitu, untuk dukungan infrastruktur dan regulasi akan diback-up penuh. ?Ini harus menjadi kebanggaan nasional. Industri ini harus dipacu supaya pelaku industri otomotif lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri,? seru Wayan.

Mobil pedesaan, merefleksikan dayang saing dan kemandirian teknologi. Karenanya, UKM komponen otomotif diarahkan untuk menyuplai dan mendukung penuh realisasi mobil pedesaan. ?Benchmark mobil pedesaan itu tidak main-main, ukurannya Jepang,? tegasnya.

Hal senada diungkap Boy Andoko Purnadie. President Director & CEO Bakrie Autopart itu, mengungkapkan industri komponen otomotif lokal sudah sangat kuat. Meski tanpa brand, komponen lokal dipakai brand-brand top.

?Capasity building akan memberi dampak signifikan. Untuk jangka panjang brand juga menjadi perhatian. Yang pasti, kepentingan nasional harus dijunjung tinggi,? tegas Boy. (far/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Wuling Jadikan Indonesia Basis ASEAN
Wuling Jadikan Indonesia Basis ASEAN

Berita Sejenis

Mitsubishi Percepat Produksi Xpander

Mitsubishi Percepat Produksi Xpander

Animo konsumen terhadap Mitsubishi Xpander masih cukup tinggi sejak mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang itu diluncurkan pada Agustus lalu.


Bidik Pelanggan VIP, BMW Keluarkan Mobil Anti Senjata

Bidik Pelanggan VIP, BMW Keluarkan Mobil Anti Senjata

BMW Group Indonesia berusaha memanjakan konsumen VIP dari kalangan pejabat diplomatik lewat program BMW Diplomatic Service.


Volvo XC40 Resmi Ngaspal di Indonesia

Volvo XC40 Resmi Ngaspal di Indonesia

Volvo akhirnya membuka selubung small Sport Utility Vehicle (SUV) premium mereka, Volvo XC40.


Regulasi Mobil Listrik Segera Rampung

Regulasi Mobil Listrik Segera Rampung

Pemerintah terus mematangkan aturan teknis tentang pengembangan mobil listrik. Regulasi itu akan berbentuk peraturan presiden.


50 Konglomerat Langsung Kepincut Beli Seri LS

50 Konglomerat Langsung Kepincut Beli Seri LS

Meski tergolong mobil mewah, rupanya Lexus tetap menjadi incaran para konglomerat Indonesia.


Mobil MPV Masih Paling Diminati

Mobil MPV Masih Paling Diminati

Selama sembilan hari pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, lebih dari 17 ribu unit kendaraan terjual.


Satu Juta Mobil Listrik dalam 10 Tahun

Satu Juta Mobil Listrik dalam 10 Tahun

Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai perkembangan mobil listrik akan sangat cepat di masa mendatang.


Soal Mobil Listrik, Pemerintah Tunggu Evaluasi BPPT

Soal Mobil Listrik, Pemerintah Tunggu Evaluasi BPPT

Kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik semakin menjadi tren di pasar otomotif global.


Pikap Baru Super Cab, Jajal Pasar Otomotif Indonesia

Pikap Baru Super Cab, Jajal Pasar Otomotif Indonesia

PT Sokonindo Automobile memperkenalkan model pertamanya yaitu mobil pick-up ?Super Cab?.


Volume Servis Mobil Premium Meningkat

Volume Servis Mobil Premium Meningkat

Permintaan servis BMW di Jatim pada enam bulan pertama tahun ini meningkat 15 persen jika dibandingkan dengan semester pertama 2016.



Kolom

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!