Otomotif
Share this on:

Naik 26 Persen, Isuzu Ogah Berpuas Diri

  • Naik 26 Persen, Isuzu Ogah Berpuas Diri
  • Naik 26 Persen, Isuzu Ogah Berpuas Diri

JAKARTA - Hingga akhir 2017 lalu, penjualan otomotif nasional hanya naik tipis 1,6 persen. Namun, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) justru meraup untung besar karena penjualannya mencapai 20.502 unit atau mengalami kenaikan 26 persen daripada tahun sebelumnya.

”Kami sangat terbantu dengan gencarnya pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Banyak yang sudah diresmikan seperti bandara, pelabuhan, dan double track. Sebagai salah satu pemain di segmen kendaraan komersial atau niaga, tentu kami menyikapi positif,” ujar Vice President PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Ernando Demily, kemarin.

Pembangunan infrastruktur membuat permintaan kendaraan komersial seperti truk meningkat tajam sepanjang 2017. Terbukti, penjualan Isuzu GIGA di segmen medium truck mencapai 3.263 unit atau naik 75 persen.

Sementara itu, penjualan Isuzu Elf di segmen light truck tercatat 12.620 unit atau naik 30 persen. ”Pembangunan infrastruktur membuat ritase melonjak 2–3 kali lipat,” tuturnya.

Meski begitu, IAMI tidak berpuas diri. Tahun ini penjualan kendaraan komersial diperkirakan lebih besar lagi. Karena itu, IAMI berani menetapkan target pertumbuhan penjualan sebesar 25 persen dari 2017. ”Banyak variabel positif baik yang diperkirakan bisa mendongkrak penjualan kendaraan komersial pada tahun ini. Kami sangat percaya diri memasuki 2018 ini,” sebutnya.

Selain pembangunan infarstruktur yang terus berlanjut, permintaan kendaran komersial terdongkrak oleh beberapa kebijakan pemerintah. Pertama, rencana pembatasan usia truk yang beroperasi di pelabuhan Tanjung Priok tidak boleh lebih dari sepuluh tahun.

”Saat ini ada 14 ribu truk yang aktif beroperasi di Tanjung Priok. Lebih dari 10 persen telah berusia di atas sepuluh tahun, nanti harus diganti dengan truk yang lebih muda,” ungkapnya.

Lalu, kebijakan pemerintah yang akan memberlakukan e-tilang bagi truk yang melebihi batas maksimum muatan. Saat ini banyak truk yang muatan maksimalnya 8 ton dipakai mengangkut 15 ton sehingga merusak jalan. ”Muatan truk memang perlu dibatasi. Kalau tidak, jalan akan terus rusak. Apalagi, biaya perbaikan jalan yang dikeluarkan pemerintah mencapai Rp 18,7 triliun per tahun,” lanjutnya.

Peningkatan penjualan juga bakal terjadi karena pemerintah menargetkan penerapan Euro 4 pada 2018 untuk kendaran bensin dan 2021 untuk kendaraan berbahan bakar solar. Isuzu yang telah mengenalkan teknologi Euro 4 sejak 2011 akan mendapatkan berkah dari aturan itu.

”Kalau dulu pengusaha masih takut-takut memakai teknologi tersebut, nanti mau tidak mau mereka harus mengganti dengan yang sudah Euro 4,” jelasnya. (tih/c25/wir/jpg)

Berita Sebelumnya


Berita Sejenis

Ingin Aman Naik Motor, Jangan Lupa Gunakan Pelindung Kepala

Ingin Aman Naik Motor, Jangan Lupa Gunakan Pelindung Kepala

PT Astra Honda Motor (AHM) menggandeng dua pebalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa untuk kampanye keselamatan berkendara.


Toyota Masih Kukuh Pimpin Penjualan Roda Empat

Toyota Masih Kukuh Pimpin Penjualan Roda Empat

Gaikindo mencatat penjualan otomotif dari pabrik ke dealer (wholesales) kendaraan roda empat pada September 2017 turun 9,9 persen dari bulan sebelumnya,


Penjualan Daihatsu Merangkak Naik

Penjualan Daihatsu Merangkak Naik

Di tengah pasar otomotif yang cenderung stagnan, Daihatsu mencatatkan kenaikan penjualan selama Januari hingga Agustus tahun ini.


Penjualan Avanza Naik 30 Persen

Penjualan Avanza Naik 30 Persen

Disaat daya beli menurun, PT Krida Dinamik Autonusa sebagai main dealer Toyota di NTB mencatatkan penjualan cukup bagus untuk type Avanza.


Permintaan Kendaraan Niaga Naik

Permintaan Kendaraan Niaga Naik

Mitsubishi Fuso menyampaikan optimismenya di tahun 2017 dengan memaparkan sejumlah data peningkatan pada permintaan kendaraan niaga.


Volume Servis Mobil Premium Meningkat

Volume Servis Mobil Premium Meningkat

Permintaan servis BMW di Jatim pada enam bulan pertama tahun ini meningkat 15 persen jika dibandingkan dengan semester pertama 2016.


Puasa, Penjualan Roda Dua Naik Tipis

Puasa, Penjualan Roda Dua Naik Tipis

Momen Ramadan selalu memberikan dampak bagi penjualan motor. Meski demikian, pertumbuhannya tidak sebaik tahun lalu.


Model Turbo Dorong Penjualan Honda

Model Turbo Dorong Penjualan Honda

Honda mencatatkan kenaikan penjualan hingga 13,9 persen dengan penjualan 16.723 unit pada Mei 2017.


Bidik Market Hatchback yang Naik Kelas

Bidik Market Hatchback yang Naik Kelas

Melengkapi jajaran produknya di kelas medium, Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya membawa Honda Civic Hatchback Turbo ke Indonesia.


Catat Pertumbuhan Pendapatan 12,01 Persen

Catat Pertumbuhan Pendapatan 12,01 Persen

Di tengah situasi ekonomi yang masih sulit, FIFGROUP masih mampu menorehkan kinerja positif.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!