Otomotif
Share this on:

Xpander Jajal Ketangguhan Kelok Sembilan di Padang

  • Xpander Jajal Ketangguhan Kelok Sembilan di Padang
  • Xpander Jajal Ketangguhan Kelok Sembilan di Padang

MENGASPAL - Mitsubishi Xpander menjajal ketangguhan di salah satu ruas jalan tol. (dewi maryani/indopos)

PADANG - Sebagai pendatang baru, Mitsubishi Xpander mampu mencuri perhatian masyarakat. Meskipun sudah beberapa kali merasakan langsung performa serta kenyamanan Mitsubishi Xpander, Indopos (Jawa Pos Group) kembali mendapatkan kesempatan untuk menjajal small MPV terbaru ini dengan tantangan yang berbeda.

Xpander diajak untuk berpetualang di jalan Ranah Minang, dengan kondisi jalan yang beragam. Tantangannya, dari kota Padang menuju Kelok Sembilan melewati Sitinjau Lauik, Danau Singkarak, Batusangkar, hingga Payakumbuh, dengan total jarak sekitar 172 km.

Total perjalanan pulang pergi mencapai hampir 300 kilometer itu dilakukan langsung dalam satu hari penuh. Ada empat unit Xpander yang disediakan yakni dua tipe Sport dan dua tipe Ultimate. Indopos berkesempatan untuk menjajal tipe Ultimate yang bertransmisi matik.

Perjalanan di lintas Sumatera memang memberikan tantangan tersendiri buat Xpander. Kondisi aspal sebenarnya relatif mulus, hanya jalan tidak terlalu lebar dengan lalu-lintas dua arah. Ditambah lagi dengan banyaknya tikungan tajam plus tanjakan atau turunan terjal.

Kami memulai perjalanan ke Pantai Padang. Foto-foto sebentar di pantai kami naik ke arah Sitinjau Lauik. Sitinjau Lauik merupakan jalan yang menyusuri pinggang Gunung Talang yang memiliki ketinggian 2.957 meter.

Beberapa tanjakan ekstrem dan belokan tajam menjadi menu utama di rute ini. Di sini mesin 4A91 MIVEC DOHC 16-Valve berkapasitas 1.499cc yang jadi adalan Xpander mendapat ujian.

Tenaga 104 ps @ 6.000 rpm dan torsi 141 Nm @ 4.000 rpm pas untuk diajak bermain di jalan menanjak dan berbelok. Hanya perlu momentum dengan memainkan transmisi “D” atau turun ke “2” dan “L” maka tenaga kembali terisi.

Bicara sektor handling, ini menjadi salah satu kelebihan buat Xpander. Didukung dengan sistem supensi yang menggunakan teknologi Evo X, Xpander mampu mereduksi gejala limbung dan body roll saat bermanuver atau melibas tikungan tajam.

Hanya saja sebagai catatan, lingkar kemudi Xpander terasa sangat enteng dan sensitif. Untuk perjalanan dalam kota yang membutuhkan kecepatan dalam bermanuver di lalu-lintas padat, ini bisa memberikan poin positif berkat fitur electric power steering (EPS).

Namun, bila di perjalanan luar kota, pengemudi perlu ekstra hati-hati dalam melakukan gerakan manuver, agar mobil bisa dikendalikan secara maksimal. Sepanjang perjalanan, Xpander bertemu dengan kontur jalan menanjak.

Penguji menggunakan tipe Ultimate dengan transmisi matik empat percepatan. Transmisi itu menjadi pengubung antara mesin berkapasitas 1,5 liter dengan daya 103,5 tk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm, ke roda depan.

Bila mencari efisiensi bahan bakar, putaran mesin harus dijaga di kisaran 2.000-3.000 rpm dan indikator Eco akan menyala di panel instrumen. Tapi buat melibas tanjakan tentu membutuhkan akselerasi instan lebih dengan torsi maksimal yang baru terasa pada putaran 4.000 rpm. Akibatnya, suara raungan mesin masuk ke dalam kabin.

Catatan pada MID, rata-rata konsumsi bahan bakar Xpander selama perjalanan adalah 9,8 kpl. Tetapi itu terbayarkan dengan mendapatkan akselerasi maksimal. (dew/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Wuling Sediakan Suku Cadang Resmi
Wuling Sediakan Suku Cadang Resmi

Berita Sejenis

Penjualan Xpander Terus Digenjot

Penjualan Xpander Terus Digenjot

Memperluas pasar Mitsubushi Xpander, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia terus mengembangkan jaringan termasuk Palangkaraya, Kalimantan Tengah.


Mitsubishi Percepat Produksi Xpander

Mitsubishi Percepat Produksi Xpander

Animo konsumen terhadap Mitsubishi Xpander masih cukup tinggi sejak mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang itu diluncurkan pada Agustus lalu.


Mitsubishi Mulai Kirimkan Xpander

Mitsubishi Mulai Kirimkan Xpander

Kendaraan keluarga Mitsubishi Xpander memberi terapi kejut bagi para kompetitor di kelasnya.


Xpander Tipe Tertinggi Paling Diminati

Xpander Tipe Tertinggi Paling Diminati

Penjualan kendaraan teranyar Mitsubishi Xpander terus melaju kencang.


Xpander Mulai Kalahkan Avanza

Xpander Mulai Kalahkan Avanza

Mitsubishi Xpander sukses merebut perhatian masyarakat Indonsia.


Mobil MPV Masih Paling Diminati

Mobil MPV Masih Paling Diminati

Selama sembilan hari pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, lebih dari 17 ribu unit kendaraan terjual.


Pikap Baru Super Cab, Jajal Pasar Otomotif Indonesia

Pikap Baru Super Cab, Jajal Pasar Otomotif Indonesia

PT Sokonindo Automobile memperkenalkan model pertamanya yaitu mobil pick-up ?Super Cab?.


Sembilan Tahun Lagi, Premium Baru Hilang

Sembilan Tahun Lagi, Premium Baru Hilang

Jatim menjadi provinsi dengan penetrasi pasar BBM nonpremium tertinggi di Indonesia.


All New Pajero Sport Tangguh di Medan Basah

All New Pajero Sport Tangguh di Medan Basah

Juara reli Paris Dakar, Hiroshi Masuoka memuji ketangguhan All New Pajero Sport yang menjadi andalan baru Mitsubishi di segmen Sport Utility Vehicle (SUV).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!