Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

2018, Pemkot Tegal Berlakukan Transaksi Nontunai

  • 2018, Pemkot Tegal Berlakukan Transaksi Nontunai
  • 2018, Pemkot Tegal Berlakukan Transaksi Nontunai

TEGAL - Pemkot Tegal berencana akan memberlakukan transaksi non tunai pada tahun depan. Itu berlaku bagi transaksi diatas Rp15.000.000.

Plt. Wali Kota Tegal Drs. HM Nursholeh saat Sosialisasi Implementasi Transaksi Nontunai di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, Jumat (22/12), mengatakan pihaknya telah menerbitkan Surat Edaran Wali Kota Tegal nomor 900/ 050 tahun 2017 perihal Pelaksanaan Transaksi Nontunai.

Di sana disebutkan pembayaran yang dilakukan secara nontunai merupakan pembayaran belanja gaji pns, pembayaran tambahan penghasilan pegawai (TPP), pembayaran tunjangan profesi guru, dan pembayaran belanja dan jasa di atas Rp15 juta.

"Sedangkan untuk honorarium, air, listrik, telepon, bahan bakar minyak (BBM) dan belanja perjalanan dinas tidak dilakukan secara nontunai," katanya.

Nursholeh menyebut transaksi nontunai juga berlaku untuk transaksi penerimaan seperti e-pajak atau pajak daerah sistem online, kemudian retribusi online di pasar tradisional. Langkah ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor 910/1867/SJ, tentang implementasi transaksi nontunai pada pemerintah kabupaten/kota, yang isinya meminta agar seluruh pemerintah kota dan kabupaten di Seluruh Indonesia menerapkan sistem pembayaran nontunai paling lambat 1 Januari 2018.

"Saya berharap jika sudah dilaksanakan nantinya akan mewujudkan penyelenggaraan urusan di bidang pengelolaan keuangan daerah yang tepat, cepat, aman, efisien, transparan dan akuntabel, serta mence-gah terjadinya tindak pidana korupsi dan pencurian/perampokan," jelasnya.

Pimpinan Bank Jateng Cabang Koordinator Tegal Agus Santoso mengatakan dengan sistem ini akan menguntungkan semua pihak. Terutama masalah transparansi dan akuntabilitas karena semua transaksi yang terjadi sudah terditeksi.

"Selain itu, dengan sistem ini akan mengurangi resiko uang palsu,"sebut Agus.

Agus Santoso berharap dukungan dari semua pihak terkait dengan penerapan transaksi non tunai ini. Agar sistem ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan harapan. (muj/zul)


Berita Sejenis

40 Pejabat Fungsional Tertentu di Kota Tegal Dilantik

40 Pejabat Fungsional Tertentu di Kota Tegal Dilantik

Sejumlah Pagawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Tegal, dilantik menjadi Pegawai Jabatan Fungsional Tertentu (JFT), Selasa (9/10) siang.


Musim Hujan di Kota Tegal Diprediksi Mulai November

Musim Hujan di Kota Tegal Diprediksi Mulai November

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tegal memperkirakan musim hujan di Kota Tegal akan mulai terjadi pada akhir November mendatang.


Sembilan Pedagang Diperingatkan

Sembilan Pedagang Diperingatkan

Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal menyatakan, kembali melayangkan surat peringatan dan teguran kepada sembilan pedagang penyewa kios di Blok A Pasar


Buku Olih-Olihe Wong Sabar Diluncurkan

Buku Olih-Olihe Wong Sabar Diluncurkan

Karya komunitas sastrawan Tegalan patut diapresiasi, karena berhasil mengemas kumpulan cerita dan pengalaman pribadi Wali Kota Tegal Nursholeh.


Pemkot Tegal Buka Penggalangan Dana untuk Palu

Pemkot Tegal Buka Penggalangan Dana untuk Palu

Sebagai wujud kepedulian bersama, ASN Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal mengadakan penggalangan bantuan untuk korban bencana alam di Palu dan Donggala.


Tunggakan Sewa 25 Kios Pasar Pagi Lunas

Tunggakan Sewa 25 Kios Pasar Pagi Lunas

Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal menyatakan, tunggakan sewa dari 25 kios di Blok B dan C dipastikan sudah lunas sejak pertengahan September lalu.


Pemberlakuan E-Kelurahan Dikebut

Pemberlakuan E-Kelurahan Dikebut

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal, terus menggencarkan bimbingan teknis kepada semua lurah dan personel kelurahan terkait pemberlakuan e-kelurahan.


Juru Parkir Ndablek Disemprit

Juru Parkir Ndablek Disemprit

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tegal kembali menertibkan sejumlah kantong parkir liar dengan memberikan teguran kepada juru parkirnya.


Pesurungan Lor Mulai Terapkan E-Kelurahan

Pesurungan Lor Mulai Terapkan E-Kelurahan

E-Kelurahan sudah mulai diterapkan di Kelurahan Pesurungan Lor Kecamatan Margadana Kota Tegal, Senin (1/10).


APBD Perubahan Kota Tegal Diteken

APBD Perubahan Kota Tegal Diteken

DPRD Kota Tegal menetapkan Raperda tentang APBD Kota Tegal Tahun Anggaran 2018 menjadi Perda dalam Rapat Paripurna, Senin (1/10).



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!