Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Awasi dan Foto Orang yang BAB Sembarangan

  • Awasi dan Foto Orang yang BAB Sembarangan
  • Awasi dan Foto Orang yang BAB Sembarangan

DISKUSI - Lurah Pekauman Rudi Pratikno saat memimpin diskusi percepatan open defecation free (ODF) di Pendapa Kelurahan Pekauman, Kamis (9/8). (meiwan dani ristanto/radar tegal)

TEGAL - Untuk mencapai percepatan menjadi kelurahan open defecation free (ODF) Kelurahan Pekauman, Kecamatan Tegal Barat akan melakukan pengawasan terhadap perilaku orang luar yang BAB sembarangan. Karena hal itu dapat berpengaruh terhadap verifikasi Dinkes.

Lurah Pekauman Rudi Pratikno mengatakan diskusi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) membahas tentang percepatan untuk menjadi kelurahan ODF. Karena Pekauman menjadi salah satu dari delapan kelurahan yang akan di verifikasi menjadi ODF.

Sedangkan untuk bantuan jamban tahun ini mendapatkan sepuluh dengan anggaran dari Dinkes. Dari usulan yang disampaikan sebanyak 20 unit lengkap dengan septictanknya. "Harapanya bisa tercover semua untuk 20 unit. Tetapi sepuluh itu sudah dilakukan verifikasi dan disesuaikan anggaran dari Dinkes," kata Rudi.

Rudi mengungkapkan, untuk WC komunal sebenarnya Pekauman sudah ada di RW II dan MCK plus ada di RW III dan VI. Dari sepuluh rumah yang belum mendapatkan bantuan jamban akan diakomodir tahun berikutnya.

Sedangkan saat ini disarankan untuk memanfaatkan MCK plus. Sehingga tidak BAB Sembarangan disaluran. Karena menurut informasi dari RW dan RT. Orang yang sering BAB sembarangan berada di perbatasan antara Kelurahan Pekauman dan Randugunting.

Hal itu tentu akan menghambat verifikasi untuk menjadi kelurahan ODF. Sedangkan diskusi yang telah disampaikan, dari dinkes menekankan kepada kelurahan untuk memantau lokasi yang rawan BAB Sembarangan.

Utamanya saluran di Jalan Gajah Mada. Karena kebanyakan orang luar yang bekerja sebagai tukang becak. Untuk itu, Dinkes meminta agar diawasi dan difoto. Kemudian dihimbau untuk tidak BAB lagi di saluran tersebut.

"Untuk kedepanya, kami berharap supaya pagar yang ada di saluran tersebut ditinggikan. Supaya tidak ada lagi yang BAB sembarangan di saluran," ungkap Rudi.

Sementara itu, Kasi Penyehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja Siti Halamah menjelaskan bahwa untuk deklarasi ODF akan dilakukan tahun ini. Sehingga untuk mencapai kelurahan ODF, Pekauman membentuk tim ditingkat kelurahan. Hal itu untuk mewujudkan kelurahan menjadi 100 persen ODF.

"Untuk mencapai itu, diperlukan dukungan dari Babinsa, Bhabinkamtibmas dan seluruh stakeholder yang ada didalamnya," jelas Siti Halamah. (mei/ela/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

60 Persen Penyakit Dipicu Gaya Hidup

60 Persen Penyakit Dipicu Gaya Hidup

Dinkes Kota Tegal mencatat sekitar 60 persen terjadinya peningkatan angka potensi penyakit tidak menular (PTM) dipicu pola dan gaya hidup kurang sehat.


Pemkot Tegal Tawarkan Konsep Yekan Park

Pemkot Tegal Tawarkan Konsep Yekan Park

Pemkot Tegal menawarkan konsep Yekan Park kepada juri dari Forum Koridor Ekonomi Perdagangan, Investasi, dan Pariwisata (KERIS).


Sembilan Kelurahan di Kota Tegal Ditarget ODF

Sembilan Kelurahan di Kota Tegal Ditarget ODF

Untuk mewujudkan daerah bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS), sebanyak sembilan kelurahan di Kota Tegal ditargetkan sebagai kelurahan Open Defection Free.


Tak Sehat, 18 Koperasi Terancam Dibubarkan

Tak Sehat, 18 Koperasi Terancam Dibubarkan

Dinkop UKM Perdagangan Kota Tegal mencatat, sedikitnya 18 unit koperasi yang ada di Kota Bahari terancam dibubarkan.


Pengolahan Sampah dengan TOSS di Bali Akan Ditiru

Pengolahan Sampah dengan TOSS di Bali Akan Ditiru

Komitmen Pemerintah Kota Tegal mengatasi persoalan sampah, terus dibuktikan melalui upaya studi tiru yang dilakukan Wali Kota Tegal Nursholeh.


Gencarkan Tes HIV untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Gencarkan Tes HIV untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Dinas Kesehatan Kota Tegal terus menggencarkan penjaringan tes HIV/AIDS secara menyeluruh dan bertahap bagi pendidik dan tenaga kependidikan di Pemkot Tegal.


Metrologi Legal Digelontor Rp1,2 Miliar

Metrologi Legal Digelontor Rp1,2 Miliar

Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal mengatakan tahun ini (2019, Red) menerima gelontoran dana alokasi khusus (DAK) dari Metrologi Pusat senilai Rp1,2


Perketat Pengawasan dan Kewaspadaan Linmas

Perketat Pengawasan dan Kewaspadaan Linmas

Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tegal terus menggencarkan pengawasan dengan memperketat penjagaan dan meningkatkan kewaspadaan di lingkungan komplek balai kota.


E-Kelurahan Ditarget Selesai Akhir Tahun Ini

E-Kelurahan Ditarget Selesai Akhir Tahun Ini

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal terus mengoptimalisasikan kesiapan sarpras dan fasilitas untuk menuntaskan target pemberlakuan e-kelurahan di 27 tit


Sanitarian Puskesmas Berkualitas Akan Diwujudkan

Sanitarian Puskesmas Berkualitas Akan Diwujudkan

Untuk meningkatkan kemampuan sanitarian puskesmas yang berkualitas, tenaga sanitarian perlu dilatih peningkatan kapasitas petugas inspeksi kesehatan lingkungan.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!