Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Baznas Tegal Gelontorkan Bantuan untuk Pedagang Kecil

  • Baznas Tegal Gelontorkan Bantuan untuk Pedagang Kecil
  • Baznas Tegal Gelontorkan Bantuan untuk Pedagang Kecil

TEGAL - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal menggelontorkan bantuan senilai ratusan juta rupiah kepada sejumlah pedagang kecil. Penyerahan secara simbolis dilakukan di aula eks Samsat, Selasa (28/11).

Ketua Baznas Kota Tegal Harun Abdi Manaf mengatakan jumlah dana yang digelontorkan mencapai Rp200 juta. Itu diperuntukan bagi sejumlah penerima atau mustahik.

"Bantuan diterima pedagang kecil sebanyak 162 orang yang masing masing mendapat Rp500 ribu. Sedangkan anak yatim sebanyak 313 anak dengan penerimaan Rp200 ribu per orang," ungkapnya.

Plt. Wali Kota Tegal HM Nursholeh dalam sambutannya mengatakan Baznas Kota Tegal kembali melakukan tashoruf atau penyaluran dana yang telah di himpun dari para muzzaki kepada mustahik. Dengan harapan itu dapat memberikan manfaat besar bagi yang menerima.

"Karena niat dari para penderma yang menitipkan zakat, infaq dan shodaqoh kepada baznas adalah untuk turut membantu menolong meringankan beban sesama serta untuk berbagi kebahagiaan," katanya.

Dalam konteks inilah, kata Nursholeh, Baznas yang merupakan lembaga nirlaba hadir. Dia bekerja menghimpun dana dari orang-orang yang berhak menyalurankannya kepada orang-orang yang berhak menerimanya melalui jejaring yang telah dibentuk Baznas.

"Keberadaan lembaga amil zakat sungguh sangat membantu masyarakat. Karena pergerakannya seperti meningkatkan kita setiap saat untuk menyisihkan sebagian dari rezeki yang kita terima, sehingga kita tidak akan pernah lupa menjalankan kewajiban, yakni membayar zakat dan shodaqoh," jelasnya.

Nursoleh menekankan kepada segenap jajaran Baznas agar tetap menjaga kehati-hatian dalam menjalankan kinerjanya. Bahkan jika memungkinkan lakukan audit secara berkala.

"Hal ini sangat situasional, tetapi yang terpenting audit merupakan langkah positif untuk membangun kepercayaan publik," pungkasnya. (muj/zul)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!