Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Buat Kartu Kuning di Kota Tegal Cukup Klik, Tak Perlu Antre Lagi

  •  Buat Kartu Kuning di Kota Tegal Cukup Klik, Tak Perlu Antre Lagi
  •  Buat Kartu Kuning di Kota Tegal Cukup Klik, Tak Perlu Antre Lagi

APLIKASI – Kabid Pembinaan Tenaga Kerja mendemokan aplikasi Lapur Si Jaja disaksikan Kepala Disnakerin (berdiri), Selasa (31/7). (k. anam syahmadani/radar tegal)

TEGAL - Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal meluncurkan aplikasi Lapur Si Jaja (Layanan Paripurna Siap Kerja dan Menjadi Sejahtera) di Kantor Disnakerin, Jalan Hang Tuah, Selasa (31/7). Aplikasi Lapur Si Jaja merupakan aplikasi berbasis web untuk meningkatkan kualitas ketenagakerjaan secara komprehensif dan berkesinambungan dari hulu ke hilir.

”Aplikasi ini diluncurkan untuk mengoptimalkan layanan kepada pencari kerja (pencaker) dan pemberi kerja (perusahaan). Karena berbasis web, maka mudah diakses dari manapun lokasinya,” kata Kepala Disnakerin Heru Setyawan.

Pada peluncuran perdana yang dihadiri para pencaker dan perusahaan itu, aplikasi Lapur Si Jaja masih merupakan versi Alpha dan segera dikembangkan versi finalnya. Heru yang baru-baru ini meraih penghargaan Indonesia Leadership Award berharap, pencaker dan perusahaan yang hadir pada peluncuran perdana memberikan informasi kepada pencaker dan perusahaan lainnya terkait aplikasi Lapur Si Jaja.

Dengan begitu, diharapkan angka pengangguran di Kota Tegal yang masih tinggi dapat terkurangi. Sementara dalam demonya, Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Kerja Disnakerin Heri Eko Purnomo menyampaikan, beberapa kemudahan yang diperoleh dari aplikasi Lapur Si Jaja antara lain pembuatan Kartu AK.1 (Kartu Kuning) dapat dilakukan secara online.

Dengan demikian, pencaker tidak perlu antre ketika membuat Kartu Kuning. Fitur berikutnya adalah Bursa Kerja Online. Fitur ini memudahkan perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja, hanya dengan melakukan registrasi ke aplikasi ini.

Sedang bagi pencaker bisa langsung melamar pekerjaan dengan mengunggah surat lamaran kerjanya. ”Keunggulan aplikasi ini datanya real time. Apabila pencaker membuat Kartu AK.1, dapat langsung terbaca di sistem,” kata Heri.

Menurut Heri, keunggulan lainnya adalah dalam aplikasi ini juga disematkan fitur informasi pendaftaran pelatihan yang dilaksanakan Disnakerin. Dengan begitu, apabila masyarakat mempunyai keluhan bisa langsung disampaikan melalui aplikasi ini. (nam/fat/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pesurungan Lor Masuk Zona Merah

Pesurungan Lor Masuk Zona Merah

Pemicuan terus dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Margadana Kecamatan Margadana Kota Tegal. Hal itu untuk mencapai kelurahan yang Open Defecation Free (ODF).


Pemkot Tegal Raih Predikat B SAKIP

Pemkot Tegal Raih Predikat B SAKIP

Pemkot Tegal mendapat penghargaan predikat B Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award 2018.


Antisipasi Penyebaran Virus DB, Gencarkan Gertak PSN

Antisipasi Penyebaran Virus DB, Gencarkan Gertak PSN

Untuk mencegah penyebaran nyamuk Demam Berdarah, Kader di wilayah Puskesmas Tegal Timur bersama masyarakat melakukan gerakan serentak PSN.


Pemkot Tegal Siap Wujudkan Kota Peduli HAM dan Layak Anak

Pemkot Tegal Siap Wujudkan Kota Peduli HAM dan Layak Anak

Setelah meraih anugerah Kota Peduli Hak Azazi Manusia (HAM), Pemkot Tegal terus berupaya mewujudkan Kota Bahari yang menjunjung tinggi HAM dan layak anak.


60 Persen Penyakit Dipicu Gaya Hidup

60 Persen Penyakit Dipicu Gaya Hidup

Dinkes Kota Tegal mencatat sekitar 60 persen terjadinya peningkatan angka potensi penyakit tidak menular (PTM) dipicu pola dan gaya hidup kurang sehat.


Ketahuan Berpolitik, ASN Terancam Dipecat

Ketahuan Berpolitik, ASN Terancam Dipecat

Menghadapi pemilu presiden dan pemilu legislatif 17 April mendatang, ASN di Pemkot Tegal dilarang berpolitik.


PSN Bidik Wilayah Endemis DBD

PSN Bidik Wilayah Endemis DBD

Memasuki puncak musim hujan tahun ini, Dinas Kesehatan Kota Tegal terus menggencarkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).


Pemkot Tegal Tawarkan Konsep Yekan Park

Pemkot Tegal Tawarkan Konsep Yekan Park

Pemkot Tegal menawarkan konsep Yekan Park kepada juri dari Forum Koridor Ekonomi Perdagangan, Investasi, dan Pariwisata (KERIS).


GTM Sasar Warga Panggung

GTM Sasar Warga Panggung

Gerakan Tegal Membaca (GTM) menyasar warga di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kamis (14/2) kemarin.


Sembilan Kelurahan di Kota Tegal Ditarget ODF

Sembilan Kelurahan di Kota Tegal Ditarget ODF

Untuk mewujudkan daerah bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS), sebanyak sembilan kelurahan di Kota Tegal ditargetkan sebagai kelurahan Open Defection Free.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!