Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Cuti Bersama Ditambah, Pengusaha Kerepotan

  • Cuti Bersama Ditambah, Pengusaha Kerepotan
  • Cuti Bersama Ditambah, Pengusaha Kerepotan

ARUS MUDIK – Sejumlah kendaraan memadati Jalur Pantura Kota Tegal saat arus mudik 2017 lalu. (k. anam syahmadani/radar tegal)

TEGAL - Pemerintah menambah jadwal cuti bersama Idul Fitri 1439 Hijriah selama tiga hari. Penambahan dilakukan dua hari sebelum dan satu hari sesudah jadwal cuti Lebaran sebelumnya.

Penambahan jadwal cuti bersama itu tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang diteken Menteri Agama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Menteri Ketenagakerjaan. Namun, keputusan cuti bersama Lebaran yang ditambah itu ternyata membuat pengusaha kerepotan.

Itu seperti yang diungkapkan Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Tegal Kusdianingsih. Menurut dia, Kadin belum membahas soal penambahan jadwal cuti bersama ini.

Namun, berdasarkan pengalaman sebelumnya, jadwal cuti bersama yang panjang cukup merepotkan pengusaha, terutama pengusaha hotel seperti dia. Sebab, hotel tidak mungkin libur beroperasi.

Di sisi lain, pekerja tidak mungkin cuti secara bersamaan agar hotel tetap beroperasi. ”Agak repot, hotel kan tidak ada liburnya,” kata Kusdianingsih.

Meski demikian, lanjut dia, dalam waktu dekat, Kadin akan membahas persoalan ini lebih lanjut. Sementara itu, salah satu alasan pemerintah menambah jadwal cuti bersama adalah untuk mengurai arus mudik.

”Dalam lampiran disebutkan, jadwal cuti bersama ditambah, sehingga menjadi tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni 2018,” kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Kota Tegal Irkar Yuswan Apendi di Kantor BKP2D, Jalan Ki Gede Sebayu, Kamis (19/4) kemarin.

Irkar menyampaikan, dengan ditambahnya jadwal cuti bersama, diharapkan bisa bermanfaat untuk melakukan silaturahmi dengan keluarga. BKP2D berpesan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memanfaatkan jadwal cuti bersama tersebut dengan seefektif mungkin. Setelah kembali masuk kerja, ASN agar menjalankan tugas pelayanan secara aktif.

Apabila terjadi pelanggaran, ASN bisa dikenakan sanksi disiplin pegawai sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. ”Pemerintah tidak mentolerir alasan apapun ketika seorang ASN tidak masuk kerja saat cuti habis. Kecuali, sakit atau hal lain dengan surat keterangan dari dokter,” ujar Irkar.

Penambahan jadwal cuti bersama ini juga disikapi Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal. ”Terkait penambahan jadwal cuti bersama Lebaran yang sudah ditandatangani tiga Menteri, perusahaan-perusahaan agar mencermati dan mengatur. Kami menyerahkan kepada perusahaan,” kata Kepala Disnakerin Heru Setyawan di Kantor Disnakerin, Jalan Hang Tuah.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Penempatan Tenaga Kerja Jaka Eka Syafii menambahkan, soal pengaturan oleh perusahaan, bisa dikompensasi secara natural atau dianggap lembur, atau diganti dengan hari yang lain.

Sebelumnya, revisi surat keputusan bersama (SKB) 3 menteri tentang cuti bersama dan libur nasional sudah diteken. Efek paling dekat adalah penambahan cuti bersama Idul Fitri nanti yang ditambah tiga hari. (nam/fat/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pemkot Tegal Tarik 26 Produk Makanan dan Minuman Tak Layak Konsumsi

Pemkot Tegal Tarik 26 Produk Makanan dan Minuman Tak Layak Konsumsi

Pemkot Tegal bersama Forkompinda menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah toko, pasar tradisional, dan pasar modern, kemarin.


Cuti Bersama Lebaran Tetap Ditambah

Cuti Bersama Lebaran Tetap Ditambah

Pemkot Tegal melalui BKP2D memastikan jadwal cuti bersama Idul Fitri 1439 Hijriah tetap ditambah selama tiga hari.


Pengusaha Wajib Sejahterakan Pekerja

Pengusaha Wajib Sejahterakan Pekerja

Pjs Wali Kota Tegal Achmad Rofai menegaskan, kendati sudah ada standarisasi, pengusaha wajib melindungi dan menyejahterakan pekerja di perusahaannya.


Optimistis Selesaikan Seluruh Program TMMD

Optimistis Selesaikan Seluruh Program TMMD

TNI bersama warga secara sengkuyung mengerjakan pavingisasi untuk enam gang yang berada di Jalan Sawo Barat dan Jalan Bawal, Tegal Barat.


Pantai Muarareja Dipenuhi 500 Meter Kubik Sampah

Pantai Muarareja Dipenuhi 500 Meter Kubik Sampah

Pemkot Tegal dan jajaran Forkompinda serta masyarakat bersama-sama melakukan kerja bakti membersihkan sampah yang memenuhi Pantai Muarareja, Jumat (13/4) lalu.


14 PGOT yang Terjaring Dirazia Diambil Sampel Darahnya

14 PGOT yang Terjaring Dirazia Diambil Sampel Darahnya

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tegal bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Polres Tegal Kota kembali menggelar razia Pengemis, PGOT, kemarin.


Jalin Sinergitas Songsong Pilkada dengan Sepeda Sehat

Jalin Sinergitas Songsong Pilkada dengan Sepeda Sehat

Menjelang pelaksanaan Pilkada Kota Tegal 2018, jajaran Forkompinda Kota Tegal berencana mengagendakan kegiatan sepeda sehat bersama.


Pengusaha Diingatkan Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Pengusaha Diingatkan Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kesehatan dan keselamatan kerja harus menjadi prioritas utama perusahaan kepada karyawanya.


Bukan Usaha Mikro Jangan Pakai Gas Melon

Bukan Usaha Mikro Jangan Pakai Gas Melon

Dinkop UKM dan Perdagangan Kota Tegal mengingatkan pengusaha rumah makan, hotel, industri, dan seluruh jenis usaha lain untuk tidak menggunakan elpiji 3 kg.


Kesehatan Tanggung Jawab Bersama

Kesehatan Tanggung Jawab Bersama

Penyakit menular dan tidak menular disosialisasikan Tim Pengerak PKK Kota Tegal di Kompleks Balaikota Tegal, kemarin.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!