Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Heru: Kinerja Tim adalah Kuncinya

  •  Heru: Kinerja Tim adalah Kuncinya
  •  Heru: Kinerja Tim adalah Kuncinya

PENGHARGAAN – Wali Kota, Asisten, Kepala, dan Staf Disnakerin menunjukkan penghargaaan yang diperoleh. (humas pemkot tegal for radartegal.com)

TEGAL - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal Heru Setyawan memperoleh penghargaan Indonesia Leadership and Professional Award (ILPA) dari World Achievement Association yang diserahkan di Hotel Santika Premier Jogjakarta, Jumat (27/7) lalu.

Penyerahan penghargaan disaksikan Wali Kota Tegal Nursholeh dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Herlien Tedjo Oetami. Hadir pula Sekretaris dan Kepala Bidang Disnakerin. Saat ditemui di Kantor Disnakerin, Jalan Hang Tuah, Senin (30/7), dengan rendah hati Heru mengatakan penghargaan itu bukanlah untuknya.

“Penghargaan ini bukan untuk saya. Sebagus apapun ide dan gagasan saya dalam melaksanakan kepemimpinan, tanpa didukung dan dilaksanakan oleh tim kerja yang solid, akan sia-sia belaka,” kata Heru.

Menurut Heru, ide hanya akan menjadi ide. Di sini, kekompakan tim kerja menjadi kunci. Karena itu, selama mempimpin Disnakerin, dirinya menanamkan pentingnya membangun kekompakan.

“Di antaranya, dengan hashtag #disnakerinkompak kepada semua personel di Disnakerin, sampai ke petugas cleaning service dan penjaga malam sekalipun,” terang Heru.

Ketika ditanya tentang arti penghargaan yang diperoleh, Heru menjawab tegas bahwa dia bekerja tidak untuk mencari pujian atau mengejar penghargaan. Dalam bekerja, Heru berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan yang terbaik.

Prinsip kerjanya sangat sederhana: apabila bisa melakukan pekerjaan apapun dengan lebih baik, jangan merasa cukup hanya melakukan dengan baik. “Virus if better is possible, good is not enough ini saya tularkan ke teman-teman dengan mencanangkan tekad bersama untuk melakukan inovasi tiada henti dalam setiap pelaksanaan program dan kegiatan di Disnakerin,” jelas Heru.

Jajaran keluarga besar Disnakerin merasa bangga dengan penghargaan yang diperoleh kepala dinasnya. “Kami sangat termotivasi dalam bekerja, dan selalu berusaha mewujudkan inovasi dan kreativitas seperti yang selalu ditekankan Pak Heru. Penghargaan tersebut pas untuk kepemimpinan beliau yang menginspirasi, kreatif, dan inovatif,” ujar Kabid Pembinaan Tenaga Kerja Heri Eko Purnomo.

Kabid Pembinaan Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Jaka Eka Syaifi mengemukakan, kepala dinasnya adalah seorang pemimpin yang selalu cermat dalam mengontrol perencanaan dan pelaksanaan setiap pekerjaan. “Bahkan sampai ke hal-hal yang detail. Menurutnya, itu agar setiap pekerjaan jelas output dan outcome-nya,” tutur Jaka.

Lain lagi dengan pendapat yang diungkapkan oleh Kabid Perindustrian Erni Wijayanti. Erni bercerita, ritme kerja kepala dinasnya itu memang luar biasa. “Kami merasa kepontal-pontal dengan cara dan ritme kerja Pak Heru. Namun, memang kami mendapatkan banyak ilmu untuk bekerja dengan benar dan tidak asal jalan saja,” ujar Erni.

Sosok seorang Heru juga cukup melekat bagi para pelaku usaha di Kota Tegal. Salah satunya, Wargiyanto, perajin telur asin YS. Menurut Wargiyanto, Heru mampu menampilkan kepemimpinan yang kreatif dan inovatif. Ide-idenya brilian, dan tidak sekadar wacana, karena apa yang digagas langsung dieksekusi. Wadah bagi para perajin IKM yang diberi nama Apik Banget adalah contohnya.

“Wadah ini benar-benar menjadikan para perajin kompak dan termotivasi untuk menghasilkan produk yang kreatif dan kompetitif,” kata Wargiyanto.

Keberadaan Apik Banget pun tidak sekadar dibentuk, lalu didiamkan. Namun, diberi peran nyata dalam setiap program pengembangan IKM. Kemauan mensinergikan pekerjaan dinas dengan wadah IKM ini dirasa sangat menginspirasi. (nam/ela/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Masyarakat Diajak Perbanyak Konsumsi Ikan

Masyarakat Diajak Perbanyak Konsumsi Ikan

Untuk mengoptimalkan pemanfaatan kandungan Omega 3 pada ikan, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal Endang Nursholeh mengajak masyarakat untuk mengonsumsi ikan.


Tetap Harus Kritis Siapapun Pemimpinnya

Tetap Harus Kritis Siapapun Pemimpinnya

Media massa adalah mitra Pemkot Tegal dalam upaya pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat.


TP PKK Kelurahan Diminta Perbaiki Administrasi

TP PKK Kelurahan Diminta Perbaiki Administrasi

Tim Penggerak (TP) PKK Kelurahan Pesurungan Lor Kecamatan Margadana Kota Tegal diminta untuk memperbaiki administrasi semua pokja.


Layanan Ladis Song Malam Dapat Apresiasi Kementerian PAN RB

Layanan Ladis Song Malam Dapat Apresiasi Kementerian PAN RB

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Tim penilai kompetisi Pelayanan Publik memberikan apresiasi.


Dinkes Diminta Terus Tingkatkan Kinerja

Dinkes Diminta Terus Tingkatkan Kinerja

Plt Wali Kota Tegal Nursholeh meminta jajaran Dinkes Kota Tegal untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan prima.


Inovasi Disnakerin Diapresiasi Wali Kota

Inovasi Disnakerin Diapresiasi Wali Kota

Salah satu inovasi Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) adalah Hang Tuah Fair.


Sandang Predikat Kota Layak Anak, 11 Titik di Kota Tegal Diverifikasi

Sandang Predikat Kota Layak Anak, 11 Titik di Kota Tegal Diverifikasi

Sebagai salah satu dari 181 Kabupaten/Kota yang menyandang Predikat Kota Layak Anak (KLA) Kota Tegal mendapatkan kunjungan dari tim verifikasi.


Soal Lingkungan adalah Masalah Bersama

Soal Lingkungan adalah Masalah Bersama

Forum Komunikasi Antar Lembaga Kelurahan (Fokal) merupakan wadah antar lembaga untuk berkoordinasi yang ada di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur.


Rasa Kupat Blengong Bikin Pjs Wali Kota Tegal Ketagihan

Rasa Kupat Blengong Bikin Pjs Wali Kota Tegal Ketagihan

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Tegal Achmad Rofai mengaku semua jenis kuliner di Kota Tegal adalah kesukaannya.


Lomba Administrasi PKK Tunon

Lomba Administrasi PKK Tunon

Lomba bidang administrasi tim penggerak PKK tingkat kota sedang dilakukan di Aula Kelurahan Tunon Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!