Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Jalan Alternatif di Kota Tegal Lancar

  • Jalan Alternatif di Kota Tegal Lancar
  • Jalan Alternatif di Kota Tegal Lancar

LENGANG - Beberapa jalan alternatif masih terlihat lenggang, salah satunya di Jalan Kapten Sudibyo Kota Tegal, kemarin. (meiwan dani ristanto/radar tegal)

TEGAL - Beberapa jalan alternatif menuju ke timur dan selatan masih lengang dari pemudik. Hal itu terlihat di beberapa jalan, salah satunya di Jalan Kapten Sudibyo, Kota Tegal, Selasa (12/6). Hanya ada beberapa kendaraan bermotor dan bus yang melewatinya.

Kabid Lalu Lintas dan Keselamatan Jalan Abdul Kadir (Ading) mengatakan, pemudik tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Data yang masuk sampai kemarin sore, pemudik kendaraan bermotor yang melewati Kota Tegal sebanyak 22 ribu unit.

Sedangkan untuk bus AKAP sekitar tiga ribu unit. Beberapa pemudik lebih memilih menggunakan jalur utama dibandingkan jalan alternatif.

"Sehingga menyebabkan beberapa jalan alternatif yang ada di kota terlihat lengang dari aktifitas pemudik," kata Ading, Selasa (12/6).

Ading mengungkapkan, Dishub sudah mengatur petunjuk arah untuk menggunakan jalur alternatif. Apabila jalur utama Pantura macet dan tidak bisa dilewati. Jalan alternatif yang sudah diarahkan untuk bisa digunakan diantaranya untuk jalur selatan ke Jalan Ki Hajar Dewantara, Jalan Kapten Sudibyo dan Jalan Ar Hakim.

Sedangkan untuk jalur yang kearah timur, jalan masuk dalam kota dari Pantura kemudian tembus lewat Jalan Poso dan untuk kendaraan besar melalui Jalingkut. Tetapi sampai saat ini belum ada jumlah kenaikan pemudik yang signifikan.

"Kami sudah melihat dari CCTV, untuk pemudik yang melalui Tol Brebes Exit (Brexit) dan Cikampek masih terlihat normal. Peningkatan hanya terjadi pada kendaraan bermotor dan bus," ungkap Ading.

Ading menjelaskan, pemudik tahun ini masih terlihat normal karena adanya beberapa faktor. Salah satunya libur panjang yang berlangsung selama sepuluh hari. Sehingga pemudik bebas memilih hari yang sesuai untuk mudik.

Mereka menganggap dengan waktu yang panjang perjalanan akan cukup. Dengan adanya libur panjang, kebanyakan pemudik memilih menggunakan jalur utama Pantura dibandingkan jalan alternatif kota.

"Melihat situasi yang masih lengang, kami akan selalu siaga. Karena bisa jadi lonjakan pemudik terjadi pada H-1 Lebaran atau arus balik nanti," jelas Ading. (mei/ela/zul)

Berita Sebelumnya


Berita Sejenis

40 Pejabat Fungsional Tertentu di Kota Tegal Dilantik

40 Pejabat Fungsional Tertentu di Kota Tegal Dilantik

Sejumlah Pagawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Tegal, dilantik menjadi Pegawai Jabatan Fungsional Tertentu (JFT), Selasa (9/10) siang.


Musim Hujan di Kota Tegal Diprediksi Mulai November

Musim Hujan di Kota Tegal Diprediksi Mulai November

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tegal memperkirakan musim hujan di Kota Tegal akan mulai terjadi pada akhir November mendatang.


Sembilan Pedagang Diperingatkan

Sembilan Pedagang Diperingatkan

Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal menyatakan, kembali melayangkan surat peringatan dan teguran kepada sembilan pedagang penyewa kios di Blok A Pasar


Buku Olih-Olihe Wong Sabar Diluncurkan

Buku Olih-Olihe Wong Sabar Diluncurkan

Karya komunitas sastrawan Tegalan patut diapresiasi, karena berhasil mengemas kumpulan cerita dan pengalaman pribadi Wali Kota Tegal Nursholeh.


Pemkot Tegal Buka Penggalangan Dana untuk Palu

Pemkot Tegal Buka Penggalangan Dana untuk Palu

Sebagai wujud kepedulian bersama, ASN Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal mengadakan penggalangan bantuan untuk korban bencana alam di Palu dan Donggala.


Tunggakan Sewa 25 Kios Pasar Pagi Lunas

Tunggakan Sewa 25 Kios Pasar Pagi Lunas

Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal menyatakan, tunggakan sewa dari 25 kios di Blok B dan C dipastikan sudah lunas sejak pertengahan September lalu.


Pemberlakuan E-Kelurahan Dikebut

Pemberlakuan E-Kelurahan Dikebut

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal, terus menggencarkan bimbingan teknis kepada semua lurah dan personel kelurahan terkait pemberlakuan e-kelurahan.


Juru Parkir Ndablek Disemprit

Juru Parkir Ndablek Disemprit

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tegal kembali menertibkan sejumlah kantong parkir liar dengan memberikan teguran kepada juru parkirnya.


Pesurungan Lor Mulai Terapkan E-Kelurahan

Pesurungan Lor Mulai Terapkan E-Kelurahan

E-Kelurahan sudah mulai diterapkan di Kelurahan Pesurungan Lor Kecamatan Margadana Kota Tegal, Senin (1/10).


APBD Perubahan Kota Tegal Diteken

APBD Perubahan Kota Tegal Diteken

DPRD Kota Tegal menetapkan Raperda tentang APBD Kota Tegal Tahun Anggaran 2018 menjadi Perda dalam Rapat Paripurna, Senin (1/10).



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!