Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

PAUD Wajib Terakreditasi

  • PAUD Wajib Terakreditasi
  • PAUD Wajib Terakreditasi

SOSIALISASI – Disdikbud mengadakan Sosialisasi Pengelolaan PAUD dan PNF di Gedung Eks Samsat, Kamis (8/3) dan Jumat (9/3). (k. anam syahmadani/radar tegal)

TEGAL - Seluruh lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus terakreditasi pada 2020. Hal tersebut ditegaskan kembali Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Nuril Syamsiah Budi Hastuti usai Sosialisasi Pengelolaan Lembaga PAUD dan PNF di Gedung Eks Samsat, Kamis (8/3) dan Jumat (9/3).

Nuril menjelaskan, lembaga PAUD terdiri dari Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Taman Pendidikan Alquran (TPA), dan Satuan Pendidikan Sejenis (SPS). Akreditasi lembaga PAUD menjadi sebuah keharusan agar seluruhnya memenuhi Standar PAUD yang berisi kriteria tentang pengelolaan dan penyelenggaraan lembaga PAUD.

Hal tersebut sebagaimana amanat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD. Berdasarkan data terakhir Disdikbud, ratusan lembaga PAUD di Kota Tegal diketahui belum diakreditasi. Beberapa, ada yang akreditasinya kadaluwarsa dan belum diperbarui.

“Saat ini, persiapan akreditasi memasuki tahap pengumpulan dokumen,” kata Nuril.

Nuril mengemukakan, akreditasi PAUD sebenarnya sudah digaungkan sejak 2014. Disdikdud menargetkan setiap tahun 60 lembaga PAUD di Kota Bahari bisa terakreditasi. “Kami optimistis pada 2020 seluruh lembaga PAUD di Kota Tegal bisa terakreditasi,” ungkap Nuril.

Sosialisasi ini diikuti 200 pengelola lembaga PAUD dan 75 pengelola lembaga PNF, dengan tujuan meningkatkan mutu kedua lembaga tersebut. Serta menyampaikan sejumlah informasi terbaru, dengan narasumber Natalia Dewi Mumpuni dari Pengembangan dan Pembinaan PAUD Ditjen PAUD Dikmas dan Widi Haryanto dari LKP Medika Husada. (nam/ela/zul)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!