Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Pemberlakuan E-Kelurahan Dikebut

  • Pemberlakuan E-Kelurahan Dikebut
  • Pemberlakuan E-Kelurahan Dikebut

LAYANI - Lurah Mintaragen didampingi Kadiskominfo meninjau pelayanan e-kelurahan, kemarin. (syamsul falak/radar tegal)

TEGAL - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal, terus menggencarkan bimbingan teknis kepada semua lurah dan personel kelurahan terkait pemberlakuan e-kelurahan. Sebab, setelah Mintaragen dan Randugunting masih menyisakan setengah dari 14 kelurahan yang menjadi target pemberlakuan program e-kelurahan hingga akhir tahun mendatang.

Kepala Diskominfo Markus Wahyu Priyono menjelaskan e-kelurahan di Mintaragen dan Randugunting, Pesurungan Lor dan beberapa kelurahan lainnya sudah menerapkan e-kelurahan. Menurutnya, peluang tersebut harus diimbangi dengan sosialisasi dan edukasi pemberlakuan e-kelurahan terkait teknis pelaksanaan layanan untuk mengurus pembuatan surat pengantar dan keterangan yang diterbitkan kelurahan.

"Program e-kelurahan, diharapkan lebih mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan cepat di tingkat kelurahan," ungkapnya.

Terkait pemberlakuan e-kelurahan, kata Markus, ditargetkan untuk memangkas waktu lamanya proses pengurusan surat pengantar dan keterangan di tingkat kelurahan. Sistem e-kelurahan, berbasis internet juga melibatkan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara.

Dengan demikian, dimanapun pejabat kelurahan dan kecamatan bisa langsung menandatangani secara elektronik untuk memberikan layanan surat pengantar dan keterangan.

Pranata Komputer Ahli Pertama Diskominfo Khaerul Fahmi menambahkan, untuk lebih mengoptimalkan pilot project e-kelurahan dan e-kecamatan pihaknya juga menyiapkan semua konsep. Di antaranya, mengumpulkan register tanda tangan elektronik untuk semua pejabat di tujuh kelurahan yang menjadi target untuk penyempurnaan data.

"Semua pelayanan surat pengantar dan keterangan, bisa dilayani e-kelurahan. Kecuali, administrasi kependudukan baik lahir, mati, dan pindah datang," imbuhnya. (syf/ela/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pesurungan Lor Masuk Zona Merah

Pesurungan Lor Masuk Zona Merah

Pemicuan terus dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Margadana Kecamatan Margadana Kota Tegal. Hal itu untuk mencapai kelurahan yang Open Defecation Free (ODF).


Warga Keturen Usul Peninggian Talut

Warga Keturen Usul Peninggian Talut

Mengantisipasi terjadinya genangan akibat limpasan saluran sekunder Lemah Duwur, masyarakat Kelurahan Keturen mengusulkan adanya peninggian talud kepada Pemkot


GTM Sasar Warga Panggung

GTM Sasar Warga Panggung

Gerakan Tegal Membaca (GTM) menyasar warga di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kamis (14/2) kemarin.


Sembilan Kelurahan di Kota Tegal Ditarget ODF

Sembilan Kelurahan di Kota Tegal Ditarget ODF

Untuk mewujudkan daerah bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS), sebanyak sembilan kelurahan di Kota Tegal ditargetkan sebagai kelurahan Open Defection Free.


E-Kelurahan Ditarget Selesai Akhir Tahun Ini

E-Kelurahan Ditarget Selesai Akhir Tahun Ini

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal terus mengoptimalisasikan kesiapan sarpras dan fasilitas untuk menuntaskan target pemberlakuan e-kelurahan di 27 tit


Kelurahan dan Kecamatan Dapat Bantuan Buku

Kelurahan dan Kecamatan Dapat Bantuan Buku

Setelah mendapatkan gerobak literasi yang diserahkan kepada kelurahan dan kecamatan. Saat ini kelurahan dan kecamatan mendapatkan bantuan buku.


DED TPA Bokong Semar Dikebut

DED TPA Bokong Semar Dikebut

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal Resti Drijo Prihanto menyatakan, rencana penyempurnaan DED Tempat Pembuangan Akhir Bokong Semar


Jalan Kelurahan Akan Dipasang LED

Jalan Kelurahan Akan Dipasang LED

Jalan lingkungan di beberapa kelurahan rencananya akan dipasangi lampu LED.


Posbindu Wujudkan Kesehatan Masyarakat

Posbindu Wujudkan Kesehatan Masyarakat

Pos pelayanan terpadu (posbindu) di Kelurahan Panggung wilayah kerja Puskesmas Tegal Timur turut mewujudkan kesehatan masyarakat.


Pemberlakuan E-Retribusi Pasar Diundur

Pemberlakuan E-Retribusi Pasar Diundur

Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal menyatakan, pemberlakuan e-retribusi pasar di tiga pasar tradisional.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!