Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Pemkot Tegal Fasilitasi PIK Remaja dan Mahasiswa

  • Pemkot Tegal Fasilitasi PIK Remaja dan Mahasiswa
  • Pemkot Tegal Fasilitasi PIK Remaja dan Mahasiswa

(Foto: meiwan dani ristanto/radar tegal)

TEGAL - Pemkot Tegal melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlinduangan Anak (PPKBP2PA) Kota Tegal memberikan fasilitas untuk Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M).

Hal itu dilakukan supaya remaja yang ada di kota bahari tersebut memiliki wadah dalam menyampaikan segala macam masalah yang ada. Sehingga apa yang remaja rasakan dapat tersalurkan melalui wadah tersebut baik berupa pembinaan maupun kegiatan lainya.

Kuwat Daryani selaku pemateri dari PPKBP2PA memaparkan bahwa pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiwa (PIK R/M) merupakan wadah kegiatan program Generasi berencana (GenRe).

Program tersebut dipersiapkan untuk kehidupan berkeluarga bagi remaja/mahasiswa. Dengan memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja dan mahasiswa.

"Selain informasi dan konseling kegiatan-kegiatan penunjang lainnya juga akan difasilitasi. Hal itu dilakukan untuk memberikan informasi yang tepat kepada remaja dan mahasiswa," papar Kuwat Daryani.

Kuwat Daryani mengungkapkan Generasi Berencana (GenRe) merupakan remaja atau mahasiswa yang memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku yang memang susah ditebak. Sehingga sebagai remaja atau mahasiswa yang mampu melaksanakan jenjang pendidikan secara terencana maka hal tersebut memang menjadi perlu untuk disampaikan.

Sehingga ketika nanti sudah berkarir dalam pekerjaan maka pasti akan melanjutkan ke jenjang berikutnya. "Jenjang yang akan dilanjutkan setelah berkarir yaitu perencanaan untuk menikah. Dengan generasi Genre tersebut maka perencanaanya bisa sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi dalam rangka kehidupan berkeluarga," ungkap Kuwat Daryani.

Kuwat Daryani menjelaskan, pengelola PIK nantinya akan dilakukan oleh remaja atau mahasiswa yang berusia maksimal 24 tahun. Pengelola tersebut diharapkan belum menikah sehingga memiliki motivasi yang tinggi untuk mengelola. Dengan belum menikah maka komitmen dalam mengelola dan melaksanakan PIK remaja dan mahasiswa akan lebih maksimal.

"Pengelola PIK remaja atau mahasiswa diharapkan belum menikah supaya bisa lebih fokus," jelas Kuwat Daryani. (mei/ela/zul)


Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Bukan Usaha Mikro Jangan Pakai Gas Melon

Bukan Usaha Mikro Jangan Pakai Gas Melon

Dinkop UKM dan Perdagangan Kota Tegal mengingatkan pengusaha rumah makan, hotel, industri, dan seluruh jenis usaha lain untuk tidak menggunakan elpiji 3 kg.


Dishub Target Parkir Rp1,4 Miliar

Dishub Target Parkir Rp1,4 Miliar

Dishub Kota Tegal menargetkan untuk pendapatan parkir tahun 2018 mencapai Rp1,4 miliar.


RTH di Kora Tegal Sulit Dipenuhi

RTH di Kora Tegal Sulit Dipenuhi

Pemkot Tegal melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) masih kesulitan untuk memenuhi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Bahari.


PDAM Target Kurangi Kebocoran Lima Persen

PDAM Target Kurangi Kebocoran Lima Persen

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tegal Nursholeh meminta PDAM Kota Tegal terus meningkatkan pelayanan, seiring bertambahnya usia.


Pegawai Negeri Jangan Coba-coba Berpolitik

Pegawai Negeri Jangan Coba-coba Berpolitik

Menindaklanjuti Edaran Komisi Aparatur Sipil Negara, Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Tegal melayangkan Surat Edaran bagi semua instansi pemerintah.


Pengunjung Dilarang Berenang di PAI

Pengunjung Dilarang Berenang di PAI

Disporapar Kota Tegal merespons tingginya gelombang laut dengan mengingatkan pengunjung Obyek Wisata PAI yang biasanya ramai di akhir pekan.


Waspada Rob dan Banjir, BPBD Keliling Tiap Tiga Jam

Waspada Rob dan Banjir, BPBD Keliling Tiap Tiga Jam

Posko penanggulangan banjir dan rob yang merupakan posko 2 berada di Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, kemarin.


Delapan OPD Belum Tertib Kelola Aset

Delapan OPD Belum Tertib Kelola Aset

Delapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Tegal dinilai belum tertib dalam penataan dan pengelolaan aset.


Penataan Parkir Masjid Agung Semrawut

Penataan Parkir Masjid Agung Semrawut

Komisi I DPRD yang mempertanyakan semrawutnya area parkir di lingkungan Masjid Agung Kota Tegal.


Pengawasan Tera Ulang SPBU Diperketat

Pengawasan Tera Ulang SPBU Diperketat

Untuk mengantisipasi penyimpangan di SPBU, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal menyatakan lebih memperketat pengawasan tera ulang.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!