Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Pengawasan Tera Ulang SPBU Diperketat

  • Pengawasan Tera Ulang SPBU Diperketat
  • Pengawasan Tera Ulang SPBU Diperketat

TERA ULANG - Personel Metrologi Legal dan Dinkop UKM Perdagangan saat melakukan sidak di SPBU dengan menera ulang nozzle menggunakan bejana ukur, kemarin. (syamsul falak/radar tegal)

TEGAL - Untuk mengantisipasi penyimpangan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal menyatakan lebih memperketat pengawasan tera ulang. Tujuannya, memastikan takaran BBM yang dijual ke konsumen sudah sesuai kapasitas sebagai bentuk perlindungan terhadap hak konsumen.

Kepala Dinkop UKM dan Perdagangan Khaerul Huda menjelaskan, dilakukannya pengawasan terhadap tera ulang SPBU akan dilakukan secara menyeluruh di semua titik di wilayah Kota Tegal. Di antaranya, meliputi KS. Tubun, Cabawan, Kaligangsa, Pacific, dan Tegalsari.

Menurutnya, teknis pengawasan lebih difokuskan pada unit mesin pompa dan dispenser bahan bakar SPBU menggunakan bejana ukur berkapasitas 20 liter. Takaran tersebut, akan dilakukan minimal tiga kali di mesin pompa dispenser yang sama untuk memastikan tidak ada kecurangan baik dari takaran atau timbangan.

"Indikasi kecurangan, akan terlihat saat nozzle yang ditera ulang mengeluarkan BBM sesuai takaran atau tidak saat mengisi bejana ukur," ungkapnya.

Lebih lanjut Khaerul menuturkan, dalam UU Nomor 2/1981 tentang Metrologi Legal sudah diatur tentang Perbuatan Yang Dilarang pada Pasal 25-31 dengan sanksi sesuai Pasal 32-35. Sehingga, sesuai ketentuan tersebut Standar Batas Kesalahan Diizinkan (BKD) selisih tera ulang yang diperbolehkan untuk pengisian 20 liter yakni maksimal 60-100 mililiter atau 0,5 persen.

Sementara itu, operator Metrologi Legal Subekhi menambahkan, untuk meminimalisasi tindak kecurangan, idealnya tera ulang dilakukan berkala minimal sekali setiap enam bulan. Dengan begitu, pihaknya mengimbau kepada semua pelaku usaha baik SPBU maupun lainnya agar lebih pro aktif dalam melakukan tera ulang secara rutin.

"Jika ditemukan tindak kecurangan, otomatis akan kami tegur dan jatuhi sanksi penyegelan hingga ada perbaikan tera ulang," imbuhnya. (syf/ela/zul)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

NPHD Pengawasan Pilkada Kota Tegal Diteken

NPHD Pengawasan Pilkada Kota Tegal Diteken

Pemkot Tegal menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Panitia Pengawas Pemilihaan (Panwas) Kota Tegal.


Tekan Inflasi, Pantauan Stok Kepokmas Diperketat

Tekan Inflasi, Pantauan Stok Kepokmas Diperketat

Sebagai salah satu upaya menekan inflasi, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tegal terus mengoptimalkan koordinasi lintas sektoral.


Wali Kota: Tegal, A Place to Go

Wali Kota: Tegal, A Place to Go

Pemkot Tegal kembali menggelar Tegal Karnaval dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tegal ke-437.


Pastikan Kenyamanan Pengunjung, Parkir PAI Ditata Ulang

Pastikan Kenyamanan Pengunjung, Parkir PAI Ditata Ulang

Disporapar Kota Tegal menata ulang sistem parkir di Obyek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) dengan menyediakan empat kantong parkir.


Jamin Asuransi Kesehatan Tepat Sasaran, Pemkot Tegal Pilih Door to Door

Jamin Asuransi Kesehatan Tepat Sasaran, Pemkot Tegal Pilih Door to Door

Pemkot Tegal melalui Dinkes dan Dinsosnakertrans akan mendatangi rumah-rumah untuk mendata ulang rumah tangga yang belum mendapat jaminan kesehatan.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!