Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Pengusaha Diingatkan Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja

  • Pengusaha Diingatkan Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  • Pengusaha Diingatkan Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja

PAPARAN - Pemateri dari Dinas Kesehatan Kota Tegal memaparkan pentingya kesehatan dan keselamatan kerja, kemarin. (mei dani ristanto/radar tegal)

TEGAL - Kesehatan dan keselamatan kerja harus menjadi prioritas utama perusahaan kepada karyawanya. Sehingga karyawan tersebut mampu bekerja dengan maksimal sesuai dengan hasil yang diinginkan oleh perusahaan.

Untuk menunjang hal itu sosialiasi tentang kesehatan dan keselamatan kerja perlu dilakukan. Sehingga pengusaha apapun bentuknya harus melaksanakan K3. Pemateri Dinkes Kota Tegal Noer Baiti Verawati memaparkan, didalam perusahaan terutama yang bergerak dalam bidang alat olahraga, menjaga kesehatan bagi karyawanya menjadi sesuatu yang penting.

Karena setiap hari selalu berhadapan dengan bulu dan alat pemotong. Ditambah dengan pekerjaan yang dilakukan setiap hari. Untuk itu perlengkapan perlindungan alat kerja harus digunakan.

Sehingga karyawan akan dapat terlindungi dari bahaya yang timbul akibat kesehatan kerja. "Perlengkapan kerja harus digunakan supaya karyawan terhindar dari kecelakaan dan untuk menjaga keselamatan," kata Noer Baiti Verawati.

Menurut Noer Baiti Verawati, kecelakaan kerja tersebut mengingatkan kembali pada prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), sebagai upaya untuk meningkatkan keselamatan kerja sendiri. Sehingga karyawan tersebut akan selalu sehat setiap hari.

Perilaku karyawan selama bekerja akan berpengaruh pada kesehatan orang tersebut. Meskipun kesehatan karyawan ditanggung oleh layanan kesehatan BPJS. Potensi bahaya dalam kerja akan bisa terjadi sewaktu-waktu. Terutama bahaya akibat menghirup bulu yang harus benar-benar diwaspadai.

"Semua itu perlu dilakukan, karena apabila pekerja salah maka bahaya yang muncul dari bulu akan terhirup dan akan menyebabkan paru-paru. Sehingga apapun bentuknya ketika itu membahayakan maka harus dihindari," tandasnya.

Kemudian Kasie Penyehatan Lingkungan dan Keselamatan Kerja Siti Halamah menyampaikan salah satu penyakit yang timbul adalah iritasi kulit karena selalu bersentuhan dengan bulu.

Sehingga alat keamanan kerja wajib untuk selalu digunakan. Supaya pekerja bisa selalu untuk berumur panjang, untuk itu aturan dalam menjaga kesehatan perlu dilaksanakan.

Utamanya pada perempuan yang selalu bersingunggan dengan kimia. Ketia bekerja aspek-aspek kesehatan juga perlu untuk dilaksanakan. "Dengan memperhatikan aspek-aspek kerja maka kesehatan karyawan akan terus terjaga," ujar Siti Halamah. (mei/ela/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Lansia dan Balita Prioritas Evakuasi

Lansia dan Balita Prioritas Evakuasi

Dinkes Kota Tegal terus mengoptimalkan pelayanan puskesmas keliling dengan menargetkan evakuasi lansia dan balita di semua wilayah yang terdampak banjir.


16.307 Pelajar Jadi Target KTP-el

16.307 Pelajar Jadi Target KTP-el

16.307 pelajar SMA/SMK di Kota Tegal menjadi target Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelaksanaan perekaman data KTP-el berstatus pemula.


Kang Nur Sokong Pembangunan Zona Integritas

Kang Nur Sokong Pembangunan Zona Integritas

Pembanguna zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) serta wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).


GOR Galsel Belum Bisa Disewakan

GOR Galsel Belum Bisa Disewakan

Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kota Tegal menyatakan Gelanggang Olah Raga Tegal Selatan (GOR Galsel) belum bisa disewa masyarakat.


Dewan Minta Edukasi Politik Digiatkan

Dewan Minta Edukasi Politik Digiatkan

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tegal diminta untuk lebih mengoptimalkan pendidikan politik bagi pemilih pemula.


Dinkes Perkuat Penanganan Obat Ilegal

Dinkes Perkuat Penanganan Obat Ilegal

Dinkes Kota Tegal berupaya memperkuat penanganan obat dan makanan ilegal dengan merancang Peraturan Wali Kota (Perwal) dan pembentukan Satuan Tugas (Satgas).


Taman Poci Dipercantik dan Gratis

Taman Poci Dipercantik dan Gratis

Untuk mengoptimalkan ketersediaan ruang terbuka hijau, Taman Poci kembali dipercantik dengan penataan lahan dan fasilitas yang terbuka bagi kegiatan publik.


Urus KK dan KTP-el Cukup di Kecamatan

Urus KK dan KTP-el Cukup di Kecamatan

Pengurusan Kartu Keluarga dan KTP-el sudah bisa dilaksanakan di tingkat kecamatan.


Target PBB Pesurungan Kidul Masuk Lima Besar

Target PBB Pesurungan Kidul Masuk Lima Besar

Penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kelurahan Pesurungan Kidul Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal ditarget masuk lima besar.


Pemilih Wajib Terekam Data KTP-el

Pemilih Wajib Terekam Data KTP-el

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal menegaskan syarat wajib bagi warga yang akan menggunakan hak pilihnya harus sudah melakukan perekaman data KT



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!