Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Pengusaha Diingatkan Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja

  • Pengusaha Diingatkan Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  • Pengusaha Diingatkan Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja

PAPARAN - Pemateri dari Dinas Kesehatan Kota Tegal memaparkan pentingya kesehatan dan keselamatan kerja, kemarin. (mei dani ristanto/radar tegal)

TEGAL - Kesehatan dan keselamatan kerja harus menjadi prioritas utama perusahaan kepada karyawanya. Sehingga karyawan tersebut mampu bekerja dengan maksimal sesuai dengan hasil yang diinginkan oleh perusahaan.

Untuk menunjang hal itu sosialiasi tentang kesehatan dan keselamatan kerja perlu dilakukan. Sehingga pengusaha apapun bentuknya harus melaksanakan K3. Pemateri Dinkes Kota Tegal Noer Baiti Verawati memaparkan, didalam perusahaan terutama yang bergerak dalam bidang alat olahraga, menjaga kesehatan bagi karyawanya menjadi sesuatu yang penting.

Karena setiap hari selalu berhadapan dengan bulu dan alat pemotong. Ditambah dengan pekerjaan yang dilakukan setiap hari. Untuk itu perlengkapan perlindungan alat kerja harus digunakan.

Sehingga karyawan akan dapat terlindungi dari bahaya yang timbul akibat kesehatan kerja. "Perlengkapan kerja harus digunakan supaya karyawan terhindar dari kecelakaan dan untuk menjaga keselamatan," kata Noer Baiti Verawati.

Menurut Noer Baiti Verawati, kecelakaan kerja tersebut mengingatkan kembali pada prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), sebagai upaya untuk meningkatkan keselamatan kerja sendiri. Sehingga karyawan tersebut akan selalu sehat setiap hari.

Perilaku karyawan selama bekerja akan berpengaruh pada kesehatan orang tersebut. Meskipun kesehatan karyawan ditanggung oleh layanan kesehatan BPJS. Potensi bahaya dalam kerja akan bisa terjadi sewaktu-waktu. Terutama bahaya akibat menghirup bulu yang harus benar-benar diwaspadai.

"Semua itu perlu dilakukan, karena apabila pekerja salah maka bahaya yang muncul dari bulu akan terhirup dan akan menyebabkan paru-paru. Sehingga apapun bentuknya ketika itu membahayakan maka harus dihindari," tandasnya.

Kemudian Kasie Penyehatan Lingkungan dan Keselamatan Kerja Siti Halamah menyampaikan salah satu penyakit yang timbul adalah iritasi kulit karena selalu bersentuhan dengan bulu.

Sehingga alat keamanan kerja wajib untuk selalu digunakan. Supaya pekerja bisa selalu untuk berumur panjang, untuk itu aturan dalam menjaga kesehatan perlu dilaksanakan.

Utamanya pada perempuan yang selalu bersingunggan dengan kimia. Ketia bekerja aspek-aspek kesehatan juga perlu untuk dilaksanakan. "Dengan memperhatikan aspek-aspek kerja maka kesehatan karyawan akan terus terjaga," ujar Siti Halamah. (mei/ela/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Musim Hujan di Kota Tegal Diprediksi Mulai November

Musim Hujan di Kota Tegal Diprediksi Mulai November

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tegal memperkirakan musim hujan di Kota Tegal akan mulai terjadi pada akhir November mendatang.


Sembilan Pedagang Diperingatkan

Sembilan Pedagang Diperingatkan

Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal menyatakan, kembali melayangkan surat peringatan dan teguran kepada sembilan pedagang penyewa kios di Blok A Pasar


Buku Olih-Olihe Wong Sabar Diluncurkan

Buku Olih-Olihe Wong Sabar Diluncurkan

Karya komunitas sastrawan Tegalan patut diapresiasi, karena berhasil mengemas kumpulan cerita dan pengalaman pribadi Wali Kota Tegal Nursholeh.


Pemkot Tegal Buka Penggalangan Dana untuk Palu

Pemkot Tegal Buka Penggalangan Dana untuk Palu

Sebagai wujud kepedulian bersama, ASN Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal mengadakan penggalangan bantuan untuk korban bencana alam di Palu dan Donggala.


Tunggakan Sewa 25 Kios Pasar Pagi Lunas

Tunggakan Sewa 25 Kios Pasar Pagi Lunas

Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal menyatakan, tunggakan sewa dari 25 kios di Blok B dan C dipastikan sudah lunas sejak pertengahan September lalu.


Pemberlakuan E-Kelurahan Dikebut

Pemberlakuan E-Kelurahan Dikebut

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal, terus menggencarkan bimbingan teknis kepada semua lurah dan personel kelurahan terkait pemberlakuan e-kelurahan.


Pengawasan 60 Menara Telekomunikasi Diperketat

Pengawasan 60 Menara Telekomunikasi Diperketat

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal menegaskan akan terus mengetati pengawasan pendirian menara telekomunikasi sebagai pemancar sinyal seluler.


Dua Jalan di Kota Tegal Butuh Peninggian

Dua Jalan di Kota Tegal Butuh Peninggian

DUA jalan di wilayah Kelurahan Kaligangsa dan Kelurahan Margadana, yakni Jalan Cipto Mangunkusumo 2 dan Jalan Bekasi Selatan membutuhkan peninggian.


4.833 Siswa Diimunisasi

4.833 Siswa Diimunisasi

Untuk mengoptimalkan program bulan imunisasi anak sekolah (BIAS), Dinas Kesehatan Kota Tegal menjaring 4.833 anak di semua sekolah hingga akhir September mendat


Ingin Berwisata Sambil Membaca, Datang Saja ke Polder Bayeman

Ingin Berwisata Sambil Membaca, Datang Saja ke Polder Bayeman

Ingin berwisata murah meriah sekaligus mendapatkan pengetahuan beraneka jenis dan ragamnya?



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!