Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Persoalan Lingkungan Hidup Meningkat

  • Persoalan Lingkungan Hidup Meningkat
  • Persoalan Lingkungan Hidup Meningkat

LEPAS – Wali kota dan jajaran melepaskan burung ke angkasa dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Senin (30/7). (l. anam syahmadani/radar tegal)

TEGAL - Permasalahan lingkungan hidup yang semakin meningkat menjadi beban tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat. Bencana banjir dan melonjaknya timbunan sampah menjadi bukti betapa beratnya beban yang harus dihadapi.

Di sisi lain, terus meningginya suhu dan temperatur bumi sebagai dampak pemanasan global merupakan indikator degradasi lingkungan hidup. Apabila dibiarkan, dapat menyengsarakan masyarakat.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Tegal Nursholeh dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Hutan Kota Polder Bayeman, Senin (30/7). “Menyikapi kondisi demikian, pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha harus tanggap dan cepat melakukan langkah antisipatif maupun rehabilitatif,” kata Nursholeh.

Orang nomor satu di Kota Bahari itu mengemukakan, apabila dicermati, permasalahan lingkungan hidup bersumber dari pesatnya laju pertumbuhan penduduk yang menghasilkan limbah dan sampah. Di Kota Tegal, timbunan sampah perharinya mencapai 200 ton, berasal dari pemukiman, pasar tradisional, dan pasar modern.

Komposisi sampah tersebut 80 persen merupakan sampah organik, dan 20 persennya sampah anorganik. Setiap tahun, timbunan sampah anorganik mengalami peningkatan. Kian banyaknya penggunaan kantong plastik oleh masyarakat menjadi pemicu meledaknya jumlah sampah plastik yang dapat merusak lingkungan.

Nursholeh mengemukakan, penggunaan produk plastik yang tidak ramah lingkungan menyebabkan berbagai masalah serius, baik di darat maupun di laut.

Dampak negatif sampah berbahan plastik tidak hanya merusak lingkungan, melainkan juga berdampak terhadap kesehatan manusia dan hewan. Permasalahan lainnya adalah budaya masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan.

Selama ini, Pemerintah Kota Tegal secara terus menerus telah berupaya melakukan pembinaan kepada masyarakat, sehingga diharapkan tumbuh kesadaran masyarakat untuk memelihara kelestarian lingkungan hidup untuk mewujudkan lingkungan yang sehat.

“Mari kita jadikan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia untuk meningkatkan dan menjaga kelestarian lingkungan hidup,” ajak Nursholeh.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Resti Drijo Prihanto menyebutkan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengusung tema ‘Kendalikan Sampah Plastik’. Dengan kegiatan peringatan ini, pihaknya berharap antara lain masyarakat memiliki keinginan kuat dan mau mengelola sampah, khususnya sampah plastik melalui proses 3R, yakni Reuse, Reduce, dan Recycle. (nam/ela/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

60 Persen Penyakit Dipicu Gaya Hidup

60 Persen Penyakit Dipicu Gaya Hidup

Dinkes Kota Tegal mencatat sekitar 60 persen terjadinya peningkatan angka potensi penyakit tidak menular (PTM) dipicu pola dan gaya hidup kurang sehat.


Pengolahan Sampah dengan TOSS di Bali Akan Ditiru

Pengolahan Sampah dengan TOSS di Bali Akan Ditiru

Komitmen Pemerintah Kota Tegal mengatasi persoalan sampah, terus dibuktikan melalui upaya studi tiru yang dilakukan Wali Kota Tegal Nursholeh.


Perketat Pengawasan dan Kewaspadaan Linmas

Perketat Pengawasan dan Kewaspadaan Linmas

Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tegal terus menggencarkan pengawasan dengan memperketat penjagaan dan meningkatkan kewaspadaan di lingkungan komplek balai kota.


Sanitarian Puskesmas Berkualitas Akan Diwujudkan

Sanitarian Puskesmas Berkualitas Akan Diwujudkan

Untuk meningkatkan kemampuan sanitarian puskesmas yang berkualitas, tenaga sanitarian perlu dilatih peningkatan kapasitas petugas inspeksi kesehatan lingkungan.


Delapan Sengketa Lingkungan Dituntaskan

Delapan Sengketa Lingkungan Dituntaskan

Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal mencatat, delapan pengaduan sengketa lingkungan hidup sudah tertangani dan dituntaskan sepanjang 2017 hingga akhir 2018.


Pengelolaan TPAS dan TPST Digenjot

Pengelolaan TPAS dan TPST Digenjot

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal menyatakan, terus mengoptimalkan pemanfaatan lahan TPAS Muarareja dan pengelolaan sampah.


DED TPA Bokong Semar Dikebut

DED TPA Bokong Semar Dikebut

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal Resti Drijo Prihanto menyatakan, rencana penyempurnaan DED Tempat Pembuangan Akhir Bokong Semar


Jalan Kelurahan Akan Dipasang LED

Jalan Kelurahan Akan Dipasang LED

Jalan lingkungan di beberapa kelurahan rencananya akan dipasangi lampu LED.


Gaya Hidup Dominasi Penyebab Penyakit Tidak Menular

Gaya Hidup Dominasi Penyebab Penyakit Tidak Menular

Dinas Kesehatan Kota Tegal mencatat, pola dan gaya hidup kurang sehat terbukti memicu melonjaknya dominasi temuan kasus Penyakit Tidak Menular (PTM).


Lepas Peserta Jalan Sehat HKN, Nursholeh Ajak Warga Hidup Sehat

Lepas Peserta Jalan Sehat HKN, Nursholeh Ajak Warga Hidup Sehat

Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati dengan kegiatan jalan sehat kemarin.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!