Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Pokdakan Panggung Juara Budidaya Udang Vaname se-Jateng

  • Pokdakan Panggung Juara Budidaya Udang Vaname se-Jateng
  • Pokdakan Panggung Juara Budidaya Udang Vaname se-Jateng

PENGECEKAN - Tim DKP Jawa Tengah melakukan penelitian Pokdakan Gemilang Mina Jaya Kelurahan Panggung, Kota Tegal, kemarin. (meiwan dani ristanto/radar tegal)

TEGAL - Kelompok Pembudi Daya Ikan (POKDAKAN) Gemilang Mina Jaya Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal berhasil meraih juara pertama lomba budidaya udang vaname tingkat Jawa Tengah. Mereka berhasil menyisihkan pokdakan dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Pengawas Pokdakan Gemilang Mina Jaya Teguh Sapari mengatakan Pokdakan yang sebagian besar beranggotakan nelayan perikanan tangkap itu berhasil meraih juara pertama. Setelah berhasil menyingkirkan kelompok budidaya dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Kemudian dalam perebutan tiga besar, kelompok binaan Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, dan Pangan (DKP3) mengungguli Pokdakan asal Kota Pekalongan yang meraih juara kedua dan Kabupaten Rembang juara tiga.

Informasi keluar sebagai juara pertama disampaikan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah. Setelah sebelumnya melakukan penilaian tahap akhir oleh tim pada awal Agustus lalu.

“Kepada tim penilai, kami cerita kronologi dibentuknya pokdakan yang merupakan gabungan Kube Gulamah yang anggotanya nelayan perikanan tangkap dan pembudidaya ikan bandeng dan udang vaname,” kata Teguh.

Teguh mengungkapkan, ada suatu hal yang membuat tim penilai tertarik, salah satunya terobosan yang dilakukan nelayan perikanan tangkap. Karena di sela sebagai nelayan, masih bisa membudidaya udang di wilayah pesisir.

Alasan yang diterima bisa menjadi juara, karena inovasi nelayan laut bisa alih fungsi budidaya Udang Vaname di tambak. Jadi saat sedang tidak melaut, karena cuaca tidak memungkinkan bisa budidaya Udang Vaname. Karena sebagai seorang nelayan kapal di bawah 2 gross ton (GT). Sampai saat ini masih aktif mencari ikan dan hampir setiap hari berangkat di waktu malam.

"Sementara di siang hari saya yang juga Ketua Kube Gulamah menjadi petani tambak ikan dan udang vaname di tambak," ujar Teguh.

Sementara itu, Kabid Perikanan dan Kelautan DKPP Kota Tegal Sirat Mardiansyah ketika dikonfirmasi menyampaikan, pengumuman menjadi juara pertama tersebut sudah disampaikan dari provinsi 24 Juli 2018. Kemudian untuk penyerahan hadiah akan diberikan Gubernur Jawa Tengah 15 Agustus 2018 di Kota Semarang.

Untuk kategori yang diperoleh Pokdakan Gemilang Mina Jaya adalah budidaya udang vaname. Sebagai salah satu kategori dari lima yang dinilai. Untuk kategorinya diantaranya Ikan Hias, Ikan Nila, Udang, Kelompok Budidaya dan Pengolah. Sebelum menerima penghargaan tersebut dinas dan kelompok terus melakukan pembinaan dan penyuhan.

"Selamat atas penghargaan sebagai juara pertama yang akan diterima Pokdakan Gemilang Mina Jaya dari Provinsi Jawa Tengah. Tetapi meskipun sudah juara, kami akan terus melakukan pedampingan dan pembinaan," jelas Sirat. (mei/ela/zul)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Penggusuran 32 Rumah di Atas Lahan PT. KAI Ditunda Hingga Pilpres

Penggusuran 32 Rumah di Atas Lahan PT. KAI Ditunda Hingga Pilpres

PT. KAI kembali menunda rencana penertiban 32 rumah di wilayah RT 4 dan 19 RW 7 Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.


Gapura Asian Games di Tegal Juara Nasional

Gapura Asian Games di Tegal Juara Nasional

Gapura bertema Asian Games di Jalan Nakula 6 RW VI Kelurahan Slerok Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal dinobatkan sebagai juara harapan 1 tingkat nasional.


Kota Tegal Kembali Raih Penghargaan saat Puncak Jateng

Kota Tegal Kembali Raih Penghargaan saat Puncak Jateng

Pemerintah Kota Tegal berhasil meraih penghargaan pada Peringatan HUT Provinsi Jateng Ke 68 yang dipusatkan di Lapangan Pancasila Kota Semarang.


Warga Pesisir Dilatih Merajut Jaring

Warga Pesisir Dilatih Merajut Jaring

20 warga pesisir dari Kelurahan Panggung dan Kelurahan Mintaragen dilatih merajut jaring melalui kegiatan pelatihan yang diadakan Disnakerin Kota Tegal.


Overload, TPS Martoloyo Segera Ditutup

Overload, TPS Martoloyo Segera Ditutup

Dinkop UKM dan Perdagangan, DLH, Pemerintah Kecamatan Tegal Timur, Pemerintah Kelurahan Panggung, dan warga setempat menyepakti penutupan TPS.


Tarhim Pjs Wali Kota Himpun Infak Rp9 Juta

Tarhim Pjs Wali Kota Himpun Infak Rp9 Juta

Tarawih dan Silaturahmi (Tarhim) Pemkot Tegal dan warga Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur berhasil mengumpulkan infak dan shodaqoh sebesar Rp9 Juta.


Kampung Literasi Panggung Mendapat Dukungan Luas

Kampung Literasi Panggung Mendapat Dukungan Luas

Sejumlah tokoh masyarakat yang tak asing lagi di Kota Tegal mendukung Kampung Literasi.


Soal Lingkungan adalah Masalah Bersama

Soal Lingkungan adalah Masalah Bersama

Forum Komunikasi Antar Lembaga Kelurahan (Fokal) merupakan wadah antar lembaga untuk berkoordinasi yang ada di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur.


Mangkukusuman Juara Bebas Jentik

Mangkukusuman Juara Bebas Jentik

Kelurahan Mangkukusuman Kecamatan Tegal Timur berhasil menjadi juara pertama lomba bebas jentik nyamuk.


Lelang Investasi PAI Dibandrol Rp128 Miliar

Lelang Investasi PAI Dibandrol Rp128 Miliar

Dinporapar Kota Tegal tengah mengajukan usul lelang investasi tingkat regional jateng untuk mendongkrak potensi PAI senilai Rp128 miliar.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!