Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Puskesmas Sahabat Remaja di Kota Tegal Mulai Digalakan

  • Puskesmas Sahabat Remaja di Kota Tegal Mulai Digalakan
  • Puskesmas Sahabat Remaja di Kota Tegal Mulai Digalakan

MEMBERIKAN - Kepala Puskesmas Tegal Barat dr Bambang Kuswanto memberikan sertifikat pelatihan KRR di Puskesmas Tegal Barat, kemarin. (meiwan dani ristanto/radartegal)

TEGAL - Puskesmas Tegal Barat sebagai sahabat remaja akan digalakkan. Hal itu sebagai bentuk pendidikan kesehatan remaja. Sehingga remaja dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) akan memahami kesehatan remaja.

Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Tegal Barat Nur Fadhilah mengatakan, dalam perkembangan remaja pada saat ini, banyak yang melakukan penyimpangan seperti seks bebas dan narkoba. Tidak jarang yang melakukan tindakan-tindakan berbahaya, karena telah terjerumus kedalam narkoba dan pergaulan bebas lainnya.

Hal inilah yang menggerakkan Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas ingin menjadikan Puskesmas Tegal Barat sebagai Sahabat Remaja. Permasalahan yang ada pada remaja khususnya anak sekolah usia SMP dan SMA ataupun sederajat sangatlah komplek.

Sehingga sangat perlu adanya program untuk melakukan pencegahan maupun penanggulangan secara dini yang melibatkan pihak sekolah dan kesehatan serta masyarakat. Disebutkannya, langkah pertama yang dilakukan adalah diadakannya Pelatihan Kader Kesehatan Remaja (KKR) 9 hingga 13 November 2018 di Puskesmas Tegal Barat.

Kegiatan itu bertujuan agar remaja dan peserta didik dapat menolong dirinya sendiri dan orang lain untuk hidup sehat. Peserta didik dapat membina teman-temannya dan berperan sebagai promotor dan motivator dalam menjalankan usaha kesehatan terhadap diri masing-masing.

"Peserta didik dapat membantu guru, keluarga, masyarakat di sekolah dan di luar sekolah," kata Nur Fadhilah.

Nur Fadhilah mengungkapkan, ternyata dalam kegiatan pelatihan tersebut sebanyak 20 peserta yang terdiri dari peserta didik SMP dan SMA yang ada di wilayah Puskesmas Tegal Barat merasa senang karena banyak ilmu yang didapat.

Apalagi saat materi pembuatan film dari Ka Yoyo, mereka asyik menikmati peran-peran sebagai sutradara, aktor dan pengambil gambar. Sehingga bisa membuat film kesehatan dengan durasi pendek tiga menit.

Dari Pelatihan mereka juga mendapatkan sertifikat dan souvenir tas cantik yang sudah diserahkan. Langkah kedua yang akan dilakukan Puskesmas Tegal Barat adalah kegiatan roadshow Puskesmas Sahabat Remaja yang akan dilaksanakan di empat SMP dan SMA wilayah binaan Puskesmas Tegal Barat mulai April tahun ini. Kegiatan ini akan diadakan di masing-masing sekolah.

Dalam kegiatan Roadshow ini beberapa anak yang sudah mengikuti pelatihan KKR akan berlatih menjadi penyaji materi kesehatan dihadapan teman-temannya. Karena nantinya para kader kesehatan remaja ini menjadi rujukan teman-temannya yang kebetulan ada masalah kesehatan.

Permasalahan yang sering timbul diantaranya remaja, maupun remaja dengan orang tuanya akan lebih banyak dicurahkan pada teman sebayanya. Dengan adanya kader kesehatan remaja yang merupakan temannya sendiri maka diharapkan permasalahan yang ada dapat dipecahkan dikalangan mereka sendiri.

"Dalam Kegiatan ini Petugas Puskesmas mendampingi dan menjadi rujukan saat ada permasalahan yang dibahas dalam diskusi," ungkap Nur Fadhilah.

Kepala Puskesmas Tegal Barat dr Bambang Kuswanto menyampaikan, kegiatan itu sangat didukung pihak sekolah, hal ini terbukti pada saat sesi diskusi setelah sesi penyerahan sertifikat dan pelatihan di Ruang Pertemuan Puskesmas Tegal Barat. Guru Pembina KKR dan anak-anak KKR merencanakan bagaimana teknis pelaksanaan Roadshow Puskesmas Sahabat Remaja di sekolahnya masing-masing.

Dengan adanya kegiatan ini Puskesmas berharap kegiatan itu bisa menjadi sarana jejaring yang lebih instens antara Sekolah dengan Puskesmas.

"Dalam hal tanggung jawab pembinaan kader kesehatan remaja dalam program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bersama lintas sektor terkait yaitu pihak kecamatan, pendidikan, puskesmas dan Depag," ujar dr Bambang. (mei/ela/zul)


Berita Sejenis

Wali Kota Apresiasi Tokoh Lintas Agama Jaga Kondusifitas Wilayah

Wali Kota Apresiasi Tokoh Lintas Agama Jaga Kondusifitas Wilayah

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengapresiasi peran tokoh lintas agama.


Wali Kota: DPRD Mitra Penting untuk Memajukan Kota Tegal

Wali Kota: DPRD Mitra Penting untuk Memajukan Kota Tegal

Pemerintah Kota Tegal tidak mungkin bisa berjalan sendiri menjalankan program-program untuk memajukan Kota Tegal.


PAI Akan Dilengkapi Banana Boat, Alun-alun Ditambah Air Mancur Menari

PAI Akan Dilengkapi Banana Boat, Alun-alun Ditambah Air Mancur Menari

Setelah festival dancing fountain, ke depannya Pemkot Tegal berencana mengembangkan wisata di Pantai Alam Indah (PAI) dengan tema yang berbeda.


Wali Kota: Jangan Terkecoh Harga Murah

Wali Kota: Jangan Terkecoh Harga Murah

Masyarakat diminta teliti saat berbelanja barang kebutuhan dan tidak tergiur dengan harga yang murah.


Kota Tegal Akan Sering Gelar Pengajian Besar

Kota Tegal Akan Sering Gelar Pengajian Besar

Lantaran diwacanakan bakal dijadikan destinasi wisata religi, Kota Tegal bakal sering menggelar pengajian akbar.


Wali Kota Bagikan Sembako untuk Penyapu Jalan dan PMKS

Wali Kota Bagikan Sembako untuk Penyapu Jalan dan PMKS

Pemkot Tegal membagikan ratusan paket sembako bagi penyapu jalan dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), Selasa (21/5) sore.


Dibuka Wali Kota, Ratusan Warga Berebut Sembako Murah

Dibuka Wali Kota, Ratusan Warga Berebut Sembako Murah

Ratusan warga berebut paket sembako murah yang dijual dalam kegiatan bazar di Kecamatan Tegal Selatan, Selasa (21/5).


Pemkot Tegal Gelar Pasar Murah di Empat Kecamatan

Pemkot Tegal Gelar Pasar Murah di Empat Kecamatan

Memasuki pekan ketiga Ramadan 1440 H/2019, Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan menggelar pasar murah dan penjualan paket bersubsidi, Senin (20/5) lalu.


Wali Kota Tekan kan Sinergitas PMI dengan Pemkot dan Faskes

Wali Kota Tekan kan Sinergitas PMI dengan Pemkot dan Faskes

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono berharap PMI dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot).


Kota Tegal Diominasikan Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Nasional

Kota Tegal Diominasikan Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Nasional

Kelurahan Panggung Kota Tegal masuk nominasi dalam lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Tingkat Nasional tahun 2019.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!