Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Puskesmas Sahabat Remaja di Kota Tegal Mulai Digalakan

  • Puskesmas Sahabat Remaja di Kota Tegal Mulai Digalakan
  • Puskesmas Sahabat Remaja di Kota Tegal Mulai Digalakan

MEMBERIKAN - Kepala Puskesmas Tegal Barat dr Bambang Kuswanto memberikan sertifikat pelatihan KRR di Puskesmas Tegal Barat, kemarin. (meiwan dani ristanto/radartegal)

TEGAL - Puskesmas Tegal Barat sebagai sahabat remaja akan digalakkan. Hal itu sebagai bentuk pendidikan kesehatan remaja. Sehingga remaja dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) akan memahami kesehatan remaja.

Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Tegal Barat Nur Fadhilah mengatakan, dalam perkembangan remaja pada saat ini, banyak yang melakukan penyimpangan seperti seks bebas dan narkoba. Tidak jarang yang melakukan tindakan-tindakan berbahaya, karena telah terjerumus kedalam narkoba dan pergaulan bebas lainnya.

Hal inilah yang menggerakkan Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas ingin menjadikan Puskesmas Tegal Barat sebagai Sahabat Remaja. Permasalahan yang ada pada remaja khususnya anak sekolah usia SMP dan SMA ataupun sederajat sangatlah komplek.

Sehingga sangat perlu adanya program untuk melakukan pencegahan maupun penanggulangan secara dini yang melibatkan pihak sekolah dan kesehatan serta masyarakat. Disebutkannya, langkah pertama yang dilakukan adalah diadakannya Pelatihan Kader Kesehatan Remaja (KKR) 9 hingga 13 November 2018 di Puskesmas Tegal Barat.

Kegiatan itu bertujuan agar remaja dan peserta didik dapat menolong dirinya sendiri dan orang lain untuk hidup sehat. Peserta didik dapat membina teman-temannya dan berperan sebagai promotor dan motivator dalam menjalankan usaha kesehatan terhadap diri masing-masing.

"Peserta didik dapat membantu guru, keluarga, masyarakat di sekolah dan di luar sekolah," kata Nur Fadhilah.

Nur Fadhilah mengungkapkan, ternyata dalam kegiatan pelatihan tersebut sebanyak 20 peserta yang terdiri dari peserta didik SMP dan SMA yang ada di wilayah Puskesmas Tegal Barat merasa senang karena banyak ilmu yang didapat.

Apalagi saat materi pembuatan film dari Ka Yoyo, mereka asyik menikmati peran-peran sebagai sutradara, aktor dan pengambil gambar. Sehingga bisa membuat film kesehatan dengan durasi pendek tiga menit.

Dari Pelatihan mereka juga mendapatkan sertifikat dan souvenir tas cantik yang sudah diserahkan. Langkah kedua yang akan dilakukan Puskesmas Tegal Barat adalah kegiatan roadshow Puskesmas Sahabat Remaja yang akan dilaksanakan di empat SMP dan SMA wilayah binaan Puskesmas Tegal Barat mulai April tahun ini. Kegiatan ini akan diadakan di masing-masing sekolah.

Dalam kegiatan Roadshow ini beberapa anak yang sudah mengikuti pelatihan KKR akan berlatih menjadi penyaji materi kesehatan dihadapan teman-temannya. Karena nantinya para kader kesehatan remaja ini menjadi rujukan teman-temannya yang kebetulan ada masalah kesehatan.

Permasalahan yang sering timbul diantaranya remaja, maupun remaja dengan orang tuanya akan lebih banyak dicurahkan pada teman sebayanya. Dengan adanya kader kesehatan remaja yang merupakan temannya sendiri maka diharapkan permasalahan yang ada dapat dipecahkan dikalangan mereka sendiri.

"Dalam Kegiatan ini Petugas Puskesmas mendampingi dan menjadi rujukan saat ada permasalahan yang dibahas dalam diskusi," ungkap Nur Fadhilah.

Kepala Puskesmas Tegal Barat dr Bambang Kuswanto menyampaikan, kegiatan itu sangat didukung pihak sekolah, hal ini terbukti pada saat sesi diskusi setelah sesi penyerahan sertifikat dan pelatihan di Ruang Pertemuan Puskesmas Tegal Barat. Guru Pembina KKR dan anak-anak KKR merencanakan bagaimana teknis pelaksanaan Roadshow Puskesmas Sahabat Remaja di sekolahnya masing-masing.

Dengan adanya kegiatan ini Puskesmas berharap kegiatan itu bisa menjadi sarana jejaring yang lebih instens antara Sekolah dengan Puskesmas.

"Dalam hal tanggung jawab pembinaan kader kesehatan remaja dalam program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bersama lintas sektor terkait yaitu pihak kecamatan, pendidikan, puskesmas dan Depag," ujar dr Bambang. (mei/ela/zul)


Berita Sejenis

Wali Kota Serahkan Bantuan untuk 2.970 Tenaga Keagamaan

Wali Kota Serahkan Bantuan untuk 2.970 Tenaga Keagamaan

Ratusan tenaga keagamaan menerima bantuan dari Pemerintah yang disalurkan melalui Kantor Kementrian Agama Kota Tegal.


Begini Keseruan Pejabat di Tegal Adu Gobak Sodor dan Bakyak

Begini Keseruan Pejabat di Tegal Adu Gobak Sodor dan Bakyak

Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) beradu ketangkasan berbagai kategori lomba permainan tradisional, yang digelar untuk memperingati HUT Republik Indonesia ke


Wali Kota Tegal Minta Ansor Jangan Pasif

Wali Kota Tegal Minta Ansor Jangan Pasif

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono meminta Gerakan Pemuda (GP) Ansor dapat bersinergi secara internal dan eksternal, serta tidak pasif.


Pemkot Tegal Akan Coret Penerima PBI yang Tak Penuhi Syarat

Pemkot Tegal Akan Coret Penerima PBI yang Tak Penuhi Syarat

Pemkot Tegal akan melakukan verifikasi dan validasi (verivali) data peserta bantuan iuran (PBI) APBD Kota Tegal 2019.


Jumadi Didaulat Pimpin Pramuka Kota Tegal

Jumadi Didaulat Pimpin Pramuka Kota Tegal

Muscab XI Pramuka Kota Tegal di Sanggar Bhakti Pramuka Jl. Hang Tuah 23 Tegal secara aklamasi memilih Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi menjadi ketua.


Lepas Burung, Jumadi Gelorakan Lawan Polusi Udara

Lepas Burung, Jumadi Gelorakan Lawan Polusi Udara

Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi memimpin pelepasan burung di Hutan Kota Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal, Senin (29/7).


Tekan Inflasi, Wali Kota Bakal Atasi Biaya Transportasi

Tekan Inflasi, Wali Kota Bakal Atasi Biaya Transportasi

Tingkat inflasi di wilayah Kota Tegal menjadi perhatian dari Provinsi Jawa Tengah karena masih cukup tinggi.


Wali Kota Minta Pertahankan WTP Atas LKDP

Wali Kota Minta Pertahankan WTP Atas LKDP

Sosialisasi Perda No. 7 tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah di laksanakan di Gedung Adipura Komplek Balaikota Tegal


Pencegahan dan Sosialisasi Saber Pungli Akan Dimasifkan

Pencegahan dan Sosialisasi Saber Pungli Akan Dimasifkan

Pencegahan dan sodialisasi pungutan luar (pungli) di Kota Tegsl akan terus dimasifkan.


Segitiga di Alun-alun Akan Diganti Taman Bunga

Segitiga di Alun-alun Akan Diganti Taman Bunga

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono memberikan jawaban seputar segitiga di Komplek Alun-alun.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!