Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

RSUD Kardinah Optimistis Raih Akreditasi Paripurna

  • RSUD Kardinah Optimistis Raih Akreditasi Paripurna
  • RSUD Kardinah Optimistis Raih Akreditasi Paripurna

PAPARAN - Plt Direktur RSUD Kardinah memaparkan materi di hadapan Tim Surveyor SNARS, kemarin.

TEGAL - Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) menggelar tinjauan lapangan dan survei langsung Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1, Senin (7/1) lalu. Hadir pada kesempatan ini, Wali Kota Tegal didampingi enam surveyor dan pelaksana tugas (Plt) direktur RSUD Kardinah di Gedung Pertemuan PPM Lantai 2.

Dalam survei SNARS, KARS dipimpin dr Samsul Bahri sebagai Ketua Rombongan yang rencananya melakukan survei selama lima hari ke depan. Yakni, Senin hingga Jumat (7-11/1). Turut hadir Dewan Pengawas RSUD Kardinah sekaligus Kepala Dinas Kesehatan beserta tenaga medis dan pejabat struktural dalam mengawal akreditasi.

Wali Kota Tegal Nursholeh dalam sambutannya menyampaikan, RSUD Kardinah sebagai lembaga teknis daerah yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat harus ditunjang dengan peningkatan mutu, layanan dan kompetensi petugas medis.

Diantaranya, tahapan survei dari KARS sebagai rangkaian SNARS yang dilakukan sesuai regulasi setiap tiga tahun sekali. "Melalui tahapan survei SNARS, pengembangan pelayanan kesehatan bagi masyarakat sesuai dengan tujuan RSUD Kardinah menjadi rumah sakit bertaraf nasional," ungkapnya.

Agar lebih optimal, lanjut Kang Nur, RSUD Kardinah harus meningkatkan ketersediaan sarpras dan fasilitas kedokteran yang lebih canggih serta pelayanan unggulan baru. Tujuannya, untuk memberikan kemudahan akses dan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat secara terpadu serta lebih optimal.

Dengan begitu, hasil akreditasi terbaik diharapkan mampu menjadikan RSUD Kardinah sebagai pilihan bagi pengguna jasa rumah sakit di Kota Tegal dan daerah sekitarnya. Ketua Tim Surveyor KARS SNARS Edisi 1 dr Samsul Bahri mengatakan, dilaksanakannya akreditasi dan tinjauan langsung tersebut mengacu pada UU No. 36/2009 tentang Kesehatan, UU No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit dan Permenkes 1144/Menkes/Per/VIII/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemenkes.

"Dukungan dari Wali Kota Tegal dan dinas terkait, membuat RSUD Kardinah lebih siap untuk menjalani penilaian dengan maksimal. Jika bisa paripurna, kenapa tidak," terangnya.

Plt Direktur RSUD Kardinah dr Hery Susanto SpA menambahkan, dengan 16 poin penilaian yang akan dilakukan pada SNARS Edisi 1 pihaknya optimistis meraih predikat penilaian paripurna. Sebab, dalam survei akreditasi SNARS Edisi 1 RSUD Kardinah sudah mengantongi sejumlah kelebihan.

Di antaranya, pengolahan limbah medis RSUD Kardinah sudah menjadi percontohan bagi RS di wilayah Kota Tegal. Selain itu, jumlah karyawan mencapai 967 personel dengan 23 jenis spesialis dan sarpras serta fasilitas pelayanan kesehatan. (syf/ela/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Rekrutmen Pegawai RSUD Kardinah Profesional

Rekrutmen Pegawai RSUD Kardinah Profesional

Wali Kota Tegal Nursholeh dimintai keterangan Tim Surveyor dari Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) sebagai salah satu syarat penilaian akreditasi.


Wali Kota Apresiasi Masukan Fraksi-fraksi DPRD

Wali Kota Apresiasi Masukan Fraksi-fraksi DPRD

Wali Kota Tegal HM. Nursholeh menyampaikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi dalam rapat paripurna DPRD terkait pengajuan tiga raperda, Kamis (10/1) kemari


APBD Perubahan Kota Tegal Diteken

APBD Perubahan Kota Tegal Diteken

DPRD Kota Tegal menetapkan Raperda tentang APBD Kota Tegal Tahun Anggaran 2018 menjadi Perda dalam Rapat Paripurna, Senin (1/10).


Pemkot Tegal Raih Anugerah Aksara

Pemkot Tegal Raih Anugerah Aksara

Permkot Tegal dibawah pimpinan Plt Wali Kota Tegal M. Nursholeh akan menerima penghargaan di Hari Buta Aksara Internasional.


Kota Tegal Kembali Raih Penghargaan saat Puncak Jateng

Kota Tegal Kembali Raih Penghargaan saat Puncak Jateng

Pemerintah Kota Tegal berhasil meraih penghargaan pada Peringatan HUT Provinsi Jateng Ke 68 yang dipusatkan di Lapangan Pancasila Kota Semarang.


Pemohon Uji KIR Membludak

Pemohon Uji KIR Membludak

Jumlah pemohon uji KIR kendaraan di kantor Dinas Perhubungan Kota Tegal semakin membludak sejak 1 Agustus lalu setelah mendapat Akreditasi B.


 Buat Kartu Kuning di Kota Tegal Cukup Klik, Tak Perlu Antre Lagi

Buat Kartu Kuning di Kota Tegal Cukup Klik, Tak Perlu Antre Lagi

Disnakerin Kota Tegal meluncurkan aplikasi Lapur Si Jaja (Layanan Paripurna Siap Kerja dan Menjadi Sejahtera) di Kantor Disnakerin.


Terakreditasi B, Bayar KIR Bisa Ditransfer

Terakreditasi B, Bayar KIR Bisa Ditransfer

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tegal menerima penghargaan Akreditasi B.


Optimistis Selesaikan Seluruh Program TMMD

Optimistis Selesaikan Seluruh Program TMMD

TNI bersama warga secara sengkuyung mengerjakan pavingisasi untuk enam gang yang berada di Jalan Sawo Barat dan Jalan Bawal, Tegal Barat.


Kota Tegal Raih Empat Penghargaan

Kota Tegal Raih Empat Penghargaan

Kota Tegal patut berbangga, karena berhasil mendapat empat penghargaan dalam pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!