Pemerintah Kota Tegal
Share this on:

Satu Hari Satu Telur

  • Satu Hari Satu Telur
  • Satu Hari Satu Telur

PEMAPARAN - Kasi Budidaya Sri Kristina menjelaskan tentang manfaat makan telur buat manusia di Pendapa Kecamatan Tegal Barat, Selasa (10/4) lalu. (meiwan dani r/radar tegal)

TEGAL - Telur mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Sehingga dengan mengonsumsi telur akan berdampak baik pada kesehatan. Untuk itu warga diminta untuk tidak takut dalam mengonsumsi telur.

Kabid Peternakan Dinas Kelautan, Perikanan, Pangan dan Pertanian Kota Tegal Heru Prasetyo mengungkapkan permasalahan dugaan telur palsu beberapa hari yang lalu sudah selesai. Setelah tim ahli melakukan pengecekan, tidak ada telur palsu.

Hanya telur lama yang sudah bercampur dengan yang baru. Sehingga bagi semua warga yang ada di Tegal Timur terutama di Kota Tegal untuk tidak khawatir. Karena sebenarnya mengkonsumsi telur itu baik untuk kesehatan. Terutama bagi anak-anak yang baru dalam proses pertumbuhan.

"Tetapi perlu diperhatikan dalam membeli telur, pilihlah telur yang bagus jangan yang sudah lama," kata Heru Prasetyo, Selasa (10/4) lalu.

Kemudian drh Sri Kristiani menyampaikan mengonsumsi telur itu memilki banyak manfaat. Di antaranya tulang menjadi kuat, karena mengandung kalsium dan vitamin D, serta dapat menurunkan berat badan.

Dari studi yang telah dilakukan, papar dia, makan telur saat sarapan akan mengurangi jumlah makanan yang akan dikonsumsi di jam berikutnya. Selain itu, juga dapat mencegah risiko stroke karena makan telur dan diet rendah karbohidrat dapat mengurangi risiko stroke dan kaya asam amino karena telur mengandung semua asam amino esensial yang tepat, sehingga memungkinkian tubuh mengolah protein secara maksimal.

Selain memiliki banyak manfaat, masyarakat juga diminta lebih seksama dalam memilih telur. Untuk itu ada beberapa tips dalam memilih telur diantaranya telur baik adalah utuh, tidak ada retak, dan ukuran normal.

Kemudian telur tenggelam dalam dalam posisi tidur adalah telur yang masih segar dan baru berusia beberapa hari. Karena telur tenggelam dalam posisi tidur, tetapi ujungnya yang lebih lebar terangkat berarti telur sudah berusia satu minggu tetapi masih layak konsumsi.

"Selain itu telur tenggelam dengan ujung runcing dan ujung lebarnya mencuat seperti mengambang ini berusia tiga minggu biasanya masih layak konsumsi. Dan yang terakhir telur yang mengambang hingga ke permukaan air adalah telur rusak atau sudah busuk yang tidak layak konsumsi," ungkap drh Sri Kristiani.

Setelah mengetahui manfaat dan tips memilih telur yang baik. Warga juga diminta untuk menyimpan telur dengan benar, karena akan berpengaruh dengan kondisi telur. Cara menyimpan telur yang benar dengan mencuci telur sebelum disimpan, simpan telur di dalam wadah terbuka agar telur memperoleh sirkulasi udara, hindari menyimpan telur di pintu kulkas. K

emudian telur yang disimpan di luar kulkas bertahan 3-4 minggu tergantung kualitas telur. Selanjutnya posisi telur yang runcing dibawah, hal ini berfungsi untuk menjaga kantong udara di atas. “Jangan menyimpang telur di dekat makanan beraroma menyengat," jelas drh Sri Kristiani. (mei/ela/zul)


Berita Sejenis

Wujudkan Anak-anak sebagai Generasi yang Gesit

Wujudkan Anak-anak sebagai Generasi yang Gesit

Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional XXV dan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kota Tegal 2018 berlangsung meriah di GOR Wisanggeni Kota Tegal, Selasa (4/9)


Pemkot Tegal Raih Anugerah Aksara

Pemkot Tegal Raih Anugerah Aksara

Permkot Tegal dibawah pimpinan Plt Wali Kota Tegal M. Nursholeh akan menerima penghargaan di Hari Buta Aksara Internasional.


Kumuh, Kelurahan Mulai Dibenahi

Kumuh, Kelurahan Mulai Dibenahi

Salah satu kelurahan kumuh di Kota Tegal, Minggu, (2/9), sudah mulai ditangani.


Uji Petik Angkutan Umum Diperketat

Uji Petik Angkutan Umum Diperketat

Dinas Perhubungan Kota Tegal terus memperketat pelaksanaan uji petik angkutan umum yang rutin digelar minimal tiga kali dalam satu bulan.


Jadi Serbuan Pengemis dan Gelandangan, Kota Tegal Butuh Perda

Jadi Serbuan Pengemis dan Gelandangan, Kota Tegal Butuh Perda

Persoalan pengemis, gelandangan, dan orang telantar (PGOT) merupakan salah satu pekerjaan rumah yang belum dapat terselesaikan di Kota Tegal.


Per Hari Ada 200 Ton Sampah, kok Armada Sampah di Tegal Belum Ideal

Per Hari Ada 200 Ton Sampah, kok Armada Sampah di Tegal Belum Ideal

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tegal mencatat jumlah armada persampahan yang ada saat ini masih belum ideal.


Polder Bayeman Tak Layak sebagai Hutan Kota

Polder Bayeman Tak Layak sebagai Hutan Kota

Kondisi Hutan Kota Polder Bayeman menjadi sorotan Wali Kota Tegal Nursholeh saatmembuka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.


Harga Telur Masih Rp27-28 Ribu Per Kilogram

Harga Telur Masih Rp27-28 Ribu Per Kilogram

Harga telur ayam di Kota Tegal terpantau masih tinggi.


Bidan Berperan Penting Cegah Stunting

Bidan Berperan Penting Cegah Stunting

Anak dengan tinggi badan yang kurang atau stunting menjadi salah satu isu strategis nasional dalam bidang kesehatan.


Bisa Jadi Duri dalam Daging, 30 Koperasi Diusulkan Dibubarkan

Bisa Jadi Duri dalam Daging, 30 Koperasi Diusulkan Dibubarkan

Hari Koperasi diperingati setiap 12 Juli. Dinkop UKM Perdagangan mencatat, Kota Tegal memiliki 145 koperasi aktif.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!