Sepakbola
Share this on:

111 Tahun Menunggu, Atalanta Akhirnya Tembus Liga Champions

  • 111 Tahun Menunggu, Atalanta Akhirnya Tembus Liga Champions
  • 111 Tahun Menunggu, Atalanta Akhirnya Tembus Liga Champions

MILAN - Liga Italia atau yang lebih dikenal dengan sebutan Serie A 2018/19 telah resmi berakhir. Juventus keluar sebagai juara untuk delapan kalinya secara beruntun. Klub berjuluk si Nyonya Tua ini merebut gelar sebelum kompetisi ini berakhir.

Serunya, penentuan klub-klub asal Italia yang lolos ke Liga Champions 2019/20 musim depan terasa lebih panas dibandingkan penentuan juara. Di posisi empat besar, harus menanti hingga giornata 38 atau pekan terakhir.

Juventus dan Napoli memang sudah dari jauh-jauh pekan sebelumnya memastikan tiket Liga Champions. Sementara itu, empat klub lainnya harus saling membunuh untuk memperebutkan dua tiket tersisa, yakni Atalanta, Inter Milan, AC Milan, dan AS Roma.

Kejutan ditunjukkan Atalanta. Klub ini semula tidak dijagokan lolos Liga Champions, namun justru mampu melenggang ke pentas tertinggi antarklub Eropa. La Dea (julukan Atalanta) untuk pertama kalinya lolos ke Liga Champions ditemani Inter Milan yang meraih kemenangan 2-1 atas Empoli.

Atalanta mencatat sejarah besar dengan lolos ke Liga Champions sejak 111 tahun didirikannya klub. Atalanta menyisihkan AC Milan dan AS Roma. Nasib buruk menimpa AC Milan meski mereka menang 3-2 atas tuan rumah SPAL. Milan finis di urutan kelima dan terpaksa bermain di Europa League 2019/20 bersama Lazio sebagai juara Coppa Italia 2018/19.

Sedangkan Roma harus menjalani kualifikasi ketiga sebelum mentas di babak grup. Di klasemen akhir, tiga klub yang dipastikan terdegradasi ialah Empoli, Frosinone, dan Chievo. Sedangkan Brescia dan Lecce menjadi dua tim yang dipastikan promosi, sedangkan satu slot sisanya masih diperebutkan Cittadella dan Hellas Verona.

Sayang, bomber Juventus Cristiano Ronaldo gagal menjadi top skorer Serie A Italia 2018/19. Dia kalah dengan striker gaek milik Sampdoria, Fabio Quagliarella. Pemain berusia 36 tahun itu membukukan 26 gol.

Dari Inggris, Manchester United dipastikan tidak akan tampil di Liga Champions pada musim depan. Setan Merah hanya berada di posisi klasemen ke-6 di Premier League. Empat tim yang lolos yakni Manchester City, Liverpool, Chelsea dan Tottenham Hotspur.

Inggris bisa menambah jumlah wakilnya jika Arsenal mampu menjadi juara di Europa League. Pada laga final, The Gunners akan berjumpa Chelsea. Sementara, Spanyol masih akan tetap diwakili oleh tiga jagoannya yakni Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid. Dan, satu tim lain adalah Valencia.

Fase grup Liga Champions akan diikuti oleh 32 tim. Sejauh ini, sudah ada 26 klub yang pasti lolos ke fase grup. Satu tempat khusus diberikan pada RB Salzburg. RB Salzburg lolos karena dua finalis Liga Champions dipastikan berlaga di fase grup yakni Liverpool dan Spurs. Jadi, satu tempat diberikan pada juara Liga Austria yakni RB Salzburg.

Satu tempat lain akan diberikan pada tim yang menjadi juara Europa League. Ada Chelsea dan Arsenal yang akan berlaga di final. Chelsea sendiri sudah pasti lolos karena dari klasemen akhir Premier League. Sementara, kontestan fase grup lain akan berjuang lewat babak kualifikasi. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ajax Diimbangi APOEL Nicosia

Ajax Diimbangi APOEL Nicosia

Tiga laga playoff pertama Liga Champions 2019-2020 telah berakhir, Rabu (21/8) dinihari WIB.


Sturridge Akhirnya Merapat ke Liga Super Turki

Sturridge Akhirnya Merapat ke Liga Super Turki

Tak lama lagi, mantan striker Liverpool Daniel Sturridge akan berlaga di Liga Super Turki.


Tawaran barca Ditolak PSG, Neymar di Ujung Tanduk

Tawaran barca Ditolak PSG, Neymar di Ujung Tanduk

Masa depan Neymar da Silva Santos Junior alias Neymar merapat ke La Liga kian di ujung tanduk.


Persija Keluar dari Zona Merah

Persija Keluar dari Zona Merah

Persija Jakarta akhirnya keluar dari zona Liga 1 2019, setelah menang atas Kalteng Putra 3-0, Selasa (20/8)..


Sterling Hanya Butuh De Bruyne

Sterling Hanya Butuh De Bruyne

Sejak liga bergulir, pelatih Manchester City Pep Guardiola telah menantang Raheem Sterling untuk mencetak 30 gol musim ini.


Menang 3-1 dari PSS Sleman, Tira-Persikabo ke Puncak Klasemen Lagi

Menang 3-1 dari PSS Sleman, Tira-Persikabo ke Puncak Klasemen Lagi

Tira Persikabo kembali ke jalur kemenangan setelah pada Kamis (15/8) lalu, tim berjuluk Laskar Padjajaran itu menelan kekalahan pertama kalinya di Liga 1 Indone


Pesona Alves Belum Pudar

Pesona Alves Belum Pudar

Setelah menghabiskan 15 tahun di Eropa, Dani Alves akhinya kembali ke tanah kelahirannya, Brasil.


Zulkifli Syukur Pilih Hengkang, Darije Kalezic Harus Iklas

Zulkifli Syukur Pilih Hengkang, Darije Kalezic Harus Iklas

Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic menghormati keputusan Zulkifli Syukur yang memutuskan bergabung dengan Sriwijaya FC menjelang putaran kedua Liga 1.


Tira-Persikabo Akhirnya Kalah Juga

Tira-Persikabo Akhirnya Kalah Juga

PS Tira Persikabo nampaknya tak mampu mempertahankan keperkasaannya sebagai tim yang belum terkalahkan sejak dimulainya Liga 1 Indonesia musim 2019.


Sanksi Manchester City Lebih Ringan Ketimbang Chelsea

Sanksi Manchester City Lebih Ringan Ketimbang Chelsea

Manchester City akhirnya membayar denda 370 ribu franc Swiss sekitar Rp5,3 miliar, setelah FIFA memberi sanksi atas pelanggaran kontrak anak di bawah umur.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!