Sepakbola
Share this on:

Ajax vs Apoel, Beban Berat De Amsterdammers

  • Ajax vs Apoel, Beban Berat De Amsterdammers
  • Ajax vs Apoel, Beban Berat De Amsterdammers

AMSTERDAM - Tampil menawan lewat di Liga Champions musim 2018-2019 tentu membentuk optimisme Ajax di musim ini. Tapi kondisi ini seakan berubah. Ada beban berlipat pada Ajax. Ditambah kehilangan dua figur sentral, Frenkie De Jong dan Matthijs de Ligt, perjuangan Ajax pun jadi ekstra keras.

Menuju leg kedua playoff Liga Champions dini hari nanti (29/8) di Johan Cruyff Arena, Ajax dituntut lebih agresif saat menjamu tim asal Siprus APOEL. Hasil tanpa gol pada leg pertama (21/8) di kandang APOEL dipandang merugikan Ajax.

Ajax kehilangan bek Noussair Mazraoui karena kena kartu merah pada leg pertama. Posisinya diperkirakan akan digantikan pemain muda Kik Pierie atau Sergino Dest sebagai bek kanan.

Direktur Ajax Edwin van der Sar dalam kolomnya di De Telegraaf menyebutkan Ajax musim 2019-2020 ini memiliki ambisi sebesar musim lalu. Baik di kancah domestik dimana mereka jadi kampiun Eredivisie. Juga di level Eropa yakni mencapai semifinal.

"Kami ingin mencapai hasil tertinggi dan terbaik yang kami mampu. Dan semua orang sangat yakin kalau kami harus berbuat lebih maksimal lagi ketimbang saat bermain di Siprus pekan lalu," kata Van Der Sar, kemarin.

Soal transfer pemain-pemain penting seperti De Ligt juga De Jong dianggap jadi problem besar di tubuh Ajax, maka persepsi itu ditolak eks kiper yang mengangkat trofi Liga Champions dua kali tersebut. "Ketika kamu berada di Ajax, maka adalah lumrah kalau kehilangan pemain terbaikmu. Saya rasa semua pendukung kami ketakutan kalau kami akan semakin banyak kehilangan pemain bintang kami," tutur Van Der Sar.

Sementara itu, Kiper Ajax Andre Onana dalam wawancara dengan Voetbal Primeur kemarin (27/8) mengatakan hasil imbang tanpa gol di kandang lawan juga satu prestasi. Apalagi De Godenzonen bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-80.

"Keberhasilan membuat APOEL macet produksi golnya memberikan tim ini kepercayaan diri. Semuanya bertarung habis-habisan untuk hasil ini setelah kami tampil tanpa Noussair (Mazraoui)," ucap Onana.

Kiper timnas Kamerun tersebut menuturkan kemenangan dengan skor berapapun, termasuk 8-7, bakal meloloskan mereka ke fase grup Liga Champions. "Fokus kami adalah untuk meraih kemenangan," ujar Onana.

Penyerang Ajax Dusan Tadic saat diwawancara UEFA pun mengatakan kalau intensitas serangan timnya harus ditingkatkan pada leg kedua. Sebab APOEL diperkirakan akan bermain lebih defensif ketimbang leg pertama.

"Mungkin kami terlalu gampang memberikan bola kepada lawan dengan membuat kesalahan-kesalahan sendiri. Kami harus berimprovisasi khususnya di sektor penyerangan," ujar kapten Ajax itu.

Pada pertemuan pertama, Ajax sudah membombardir gawang APOEL dengan 18 tembakan. Dari jumlah tersebut, cuma lima diantaranya yang melenceng. Bahkan Ajax mendominasi distribusi bola sampai 64 persen.

Sementara itu, pelatih APOEL Thomas Doll mengatakan kepada UEFA sangat beruntung bisa menahan imbang salah satu tim terbaik dunia. Doll menyebutkan tereliminasinya Juventus dan Real Madrid di tangan Ajax menunjukkan tim ini bukan sekumpulan pemain muda biasa.

"Kami sudah menjauhkan pikiran-pikiran kalau kami bisa mencuri poin dengan menahan imbang Ajax. Yang kami butuhkan saat leg kedua adalah sedikit tambahan konfidensi agar mencetak gol dan lolos," ucap Doll. (ful/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Di Dubai, Simon Enggan Beri Latihan Berat

Di Dubai, Simon Enggan Beri Latihan Berat

Tim Nasional Indonesia terus berlatih serius di Uni Emirat Arab (UEA). Salah satunya menggelar internal game di Lapangan Al Arabi Sports Club, Sabtu (5/10) mala


Barcelona vs Valencia, Tugas Berat Albert Celedes

Barcelona vs Valencia, Tugas Berat Albert Celedes

Rabu (11/9) lalu, Marcelino Garcia Toral didepak dari kursi pelatih utama Valencia.


Ajax Diimbangi APOEL Nicosia

Ajax Diimbangi APOEL Nicosia

Tiga laga playoff pertama Liga Champions 2019-2020 telah berakhir, Rabu (21/8) dinihari WIB.


Porto Tersingkir, Ajax Mulus

Porto Tersingkir, Ajax Mulus

Laga seru dan memukau tersaji lengkap di babak kualifikasi II Liga Champions 2019-2020, Rabu (14/8) dini hari.


Pembuktian Mahalnya Harga Ndombele

Pembuktian Mahalnya Harga Ndombele

Mahar 60 Juta Euro (Rp599 miliar) sejak dibeli dari Lyon memberi beban tersendiri bagi Tanguy Ndombele.


Kalahkan PSV Eindhoven, Ajax Amsterdam Juara PialaSuper Belanda

Kalahkan PSV Eindhoven, Ajax Amsterdam Juara PialaSuper Belanda

Untuk kali kesembilan, Ajax Amsterdam berhasil meraih trofi Piala Super Belanda setelah mengalahkan PSV Eindhoven 2-0 di Amsterdam Arena, Amsterdam.


PSV vs Ajax, Ketat sampai Akhir

PSV vs Ajax, Ketat sampai Akhir

Ajax Amsterdam akan meladeni musuh bebuyatannya, PSV Eindhoven dalam final Super Cup atau Piala Johan Cruyff 2019.


De Ligt Datang, Saham Juventus Malah Turun

De Ligt Datang, Saham Juventus Malah Turun

Kedatangan bek Ajax Amsterdam ke Juventus tak selamanya membawa pengaruh baik kepada klub asal kota Turin, Italia tersebut.


Di Juventus, De Ligt Digaji Rp124 Miliar Setahun

Di Juventus, De Ligt Digaji Rp124 Miliar Setahun

Drama kepindahan bintang Ajax Amsterdam Mattijs De Ligt ke Juventus akhirnya berakhir.


Selangkah Lagi, De Ligt Berseragam Juve

Selangkah Lagi, De Ligt Berseragam Juve

Transfer Matthijs De Ligt dari Ajax ke Juventus mendekati babak akhir.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!