Sepakbola
Share this on:

Ambisi Revans Semifinal 1998

  • Ambisi Revans Semifinal 1998
  • Ambisi Revans Semifinal 1998

MOSKOW - Kroasia memiliki urusan yang belum selesai dengan Prancis. Pada Piala Dunia 1998, Vatreni (julukan timnas Kroasia) menyerah 1-2 kepada Les Bleus (sebutan timnas Prancis).

Kini, dua dekade berselang, kesempatan membalas itu datang. Di fase yang lebih tinggi lagi: final. Itu menyusul kemenangan 2-1 Kroasia atas Inggris di semifinal kemarin dini hari WIB.

Sehari sebelumnya, Prancis lebih dulu memastikan diri menembus partai puncak setelah mengandaskan Belgia 1-0. Final yang mempertemukan dua tim tersebut bakal dihelat di Stadion Luzhniki, Moskow, pada Minggu malam WIB (15/7).

Selain menjadi kesempatan untuk membalas kekalahan para senior mereka, final memberi kesempatan Luka Modric dkk: menjadi juara baru Piala Dunia. Hanya delapan negara di dunia ini yang pernah merasakan gelar paling prestisius di sepak bola itu.

”Mimpi kami mengangkat trofi itu kini sangat dekat. Kami memiliki waktu tiga hari untuk bersiap menghadapi hari itu dan kami akan berusaha mengejutkan mereka (Prancis, Red),” kata Ivan Perisic, pencetak satu gol dan satu assist dalam laga melawan Inggris.

Dalam rekor pertemuan keduanya, selain di semifinal Piala Dunia 1998, Prancis lebih superior atas Kroasia. Dalam lima pertemuan, Prancis menang tiga kali dan seri dua kali.

Senada dengan Perisic, pencetak gol penentu kemenangan Kroasia Mario Mandzukic berujar bahwa spirit juang Kroasia lebih teruji daripada Prancis. Tiga laga fase gugur dijalani sampai extra time dan Vatreni selalu menang.

”Kami bermain dengan sangat berani layaknya seekor singa. Hanya tim yang punya semangat luar biasa yang bisa kembali dari ketertinggalan dan membalikkan keadaan,” tutur Mandzukic.

Di sisi lain, gelandang Prancis Paul Pogba kepada ESPN kemarin (12/7) menuturkan bahwa kemenangan heroik Kroasia meningkatkan kewaspadaan Les Bleus terhadap mereka. ”Saya pikir kami bukanlah favorit dalam pertemuan di final ini. Ini adalah partai puncak Piala Dunia. Semua tim sejajar dan sama-sama punya kans menang,” ucap gelandang Manchester United itu. (dra/c11/ttg/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ditolak Cassano, Bidik Kaka

Ditolak Cassano, Bidik Kaka

Silvio Berlusconi punya ambisi untuk menjadikan Monza sebagai klub elite.


Garuda Nusantara Bisa Tampil Lebih Tenang

Garuda Nusantara Bisa Tampil Lebih Tenang

Indonesia memang bisa bernafas lega. Garuda Nusantara berhasil memastikan tempat di semifinal setelah mengalahkan Timor Leste tiga gol tanpa balas kemarin.


Amunisi Lawas Liverpool Mulai Waswas

Amunisi Lawas Liverpool Mulai Waswas

Musim baru selalu menghadirkan ekspektasi baru. Termasuk ambisi dari pemain baru. Itu pula alasan sejumlah klub berpartisipasi di turnamen pramusim.


Vida Bisa Dicekal FIFA

Vida Bisa Dicekal FIFA

Kroasia waswas. Melawan Inggris dalam semifinal Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Kamis dini hari nanti WIB.


Ambisi Tinggi Generasi Emas Belgia

Ambisi Tinggi Generasi Emas Belgia

Timnas Belgia masih dimaafkan bila optimal di Piala Dunia 2014 dan Euro 2016 dengan dalih skuad belum matang.


Siap-diap Heavy Metal-kan La Peineta

Siap-diap Heavy Metal-kan La Peineta

Diego Godin dkk takkan ditemani Diego Simeone lagi di Wanda Metropolitano, dalam leg kedua semifinal Liga Europa pekan depan (4/5).


Boateng dan Chambo Absen di Leg Kedua

Boateng dan Chambo Absen di Leg Kedua

Sebelum babak satu leg pertama semifinal Liga Champions kemarin (26/4) berakhir der trainer Bayern Muenchen Jupp Heynckes sudah melakukan dua substitusi.


Isco dan Carvajal Cedera

Isco dan Carvajal Cedera

Kemenangan 2-1 atas Bayern Muenchen di leg pertama semifinal Liga Champions kemarin dini hari harus dibayar mahal Real Madrid.


Livepool Luar Biasa, AS Roma Optimis

Livepool Luar Biasa, AS Roma Optimis

Semifinal pertama Liga Champions di Stadion Anfield benar-benar menyuguhkan pertandingan menarik.


Presiden Roma Hanya Ikuti Kata Hati

Presiden Roma Hanya Ikuti Kata Hati

Presiden AS Roma James Pallotta bisa saja datang ke Stadion Anfield untuk menyaksikan leg pertama semifinal dini hari nanti (25/4).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!