Sepakbola
Share this on:

Ambisi Tinggi Generasi Emas Belgia

  • Ambisi Tinggi Generasi Emas Belgia
  • Ambisi Tinggi Generasi Emas Belgia

BRUSSELS - Timnas Belgia masih dimaafkan bila optimal di Piala Dunia 2014 dan Euro 2016 dengan dalih skuad belum matang. Namun, untuk Piala Dunia 2018, alasan tersebut tidak bisa diterima.

Sebab, mayoritas personel yang ada saat ini juga sudah bersama-sama sejak edisi 2014. Apalagi, banyak yang mengklaim bahwa inilah saat paling tepat bagi generasi emas Belgia unjuk gigi.

Nama-nama seperti Thibaut Courtois, Jan Vertonghen, Kevin de Bruyne, Eden Hazard, dan romelu Lukaku bisa dibilang sedang berada di peak performance masing-masing. Pertanyaannya, bisakah?

Sejauh ini, tanda-tanda untuk itu sudah terlihat. Sejak kemenangan 3-0 melawan Siprus di kualifikasi Piala Dunia 2018 (7/9/2016), De Rode Duivels belum terkalahkan di total 18 pertandingan mereka. Rinciannya, 13 menang dan lima seri. Dan, laga melawan Kosta Rika dinihari nanti adalah tes terakhir Belgia sebelum menghadapi Panama di laga pertama Piala Dunia grup G (18/6).

Hal itu yang membuat pelatih Roberto Martinez pede bahwa hasil di Rusia nanti bisa lebih baik dari pencapaian pendahulunya Marc Wilmots di edisi 2014. Kala itu, Belgia hanya menjejak perempat final. Capaian serupa dicatatkan Martinez di Euro dua tahun lalu.

Dan, ketergantungan terbesar pelatih berkebangsaan Spanyol itu ada pada Hazard. ''Sangat menyenangkan bisa menyaksikannya (Hazard, Red) semakin matang dan dewasa dalam dua tahun terakhir. Dan, dia membagi progresnya itu kepada rekan setimnya,'' kata Martinez seperti dilansir Daily Mail.

Setelah musim yang buruk di Chelsea dengan hanya juara Piala FA, tidak berlebihan bila gelandang 27 tahun tersebut sangat termotivasi di Rusia. Dalam setahun terakhir penampilannya bersama Belgia, Hazard total bermain di delapan pertandingan dengan lima gol dan membukukan tiga assist. Bahkan, bila ditotal selama kualifikasi, Hazard terlibat dalam 11 gol Belgia (enam gol dan lima assist).

Nah, terlalu mengandalkan Hazard juga bisa jadi bumerang. Piala Dunia 2014 dan Euro dua tahun lalu jadi bukti konkret. Hazard yang digadang-gadang moncer malah melempem.

''Saya memang pemimpin di lapangan. Namun, kami juga memiliki banyak pemain bagus yang bisa berbicara selama pertandingan,'' kata Hazard. ''Kami tahu diri kami. Kami bermain untuk tim-tim besar di Inggris, Italia, dan Spanyol. Ya, kami saat ini memiliki generasi emas dan ingin memenangkan gelar,'' sambungnya. (io/jpg)

Berita Sebelumnya

Jaring Jadi Koleksi Museum
Jaring Jadi Koleksi Museum

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Belgia vs Rusia Buru Start Sempurna

Belgia vs Rusia Buru Start Sempurna

Belgia akan menjamu Rusia di pertandingan pertama Grup I kualifikasi EURO 2020 di King Baudouin Stadium, Brussels, Belgia, Jumat (23/3) dinihari pukul 02.45 WIB


Aaron Ramsey Sepakat Gabung Juventus

Aaron Ramsey Sepakat Gabung Juventus

Ambisi Aaron Ramsey merasakan trofi juara bisa terbuka musim depan. Sedekade Ramsey di Arsenal, hanya lima trofi juara dia dapatkan.


Persija Jakarta Juara Liga1 Penuh Kontroversi

Persija Jakarta Juara Liga1 Penuh Kontroversi

Pelatih Mitra Kukar Rahmad Darmawan dikenal sosok yang tenang. Tensi tinggi pertandingan hampir tidak pernah mempengaruhi watak ‘tenang’nya itu.


Optimis Juara Liga1, Persija Foto-foto sebelum Latihan

Optimis Juara Liga1, Persija Foto-foto sebelum Latihan

Persija Jakarta tampaknya punya keyakinan tinggi bakal jadi Juara Liga 1 musim ini.


Persiapan Buruk, Kasihan Bima dan Pemain

Persiapan Buruk, Kasihan Bima dan Pemain

”Kasihan Bima Sakti, jadi korban. Masih muda minim pengalaman,’’ kata Ferril Raymond Hattu, kapten timnas Indonesia saat merebut emas pada SEA Games 1991.


Skuad Muda Madrid Mulai Menjanjikan

Skuad Muda Madrid Mulai Menjanjikan

Gareth Bale, Daniel Carvajal, dan Marcelo memang masih dalam usia emas.


Simic Bersinar setelah Kecelakaan

Simic Bersinar setelah Kecelakaan

Perfotrma hebat pada Piala Presiden 2018 dengan menjadi top scorer berkat 11 gol yang dicetak, membuat harapan tinggi berada di puncak Marco Simic.


Pulihkan Cedera Sebelum ke Belgia

Pulihkan Cedera Sebelum ke Belgia

Sejak menjuarai Piala AFF U-16 2018 Agustus lalu, nama punggawa Timnas U-16 memang santer dibicarakan.


Ditolak Cassano, Bidik Kaka

Ditolak Cassano, Bidik Kaka

Silvio Berlusconi punya ambisi untuk menjadikan Monza sebagai klub elite.


Keane Ngamuk Lagi

Keane Ngamuk Lagi

Asisten pelatih Rep. Irlandia Roy Keane memang dikenal sebagai sosok dengan tingkat emosional tinggi. Alias ngamukan.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!