Sepakbola
Share this on:

Bangkit atau Makin Sulit

  • Bangkit atau Makin Sulit
  • Bangkit atau Makin Sulit

MADRID - “Saat ini, kami sama sekali tidak ingin tersenyum. Kami ingin lebih fokus menjadi juara liga dan itu butuh dukungan penuh dari Madridistas,'' ucap Entrenador Real Madrid Julen Lopetegui dalam konferensi pers sebelum Derbi Madrileno tadi malam.

Pernyataan pelatih 51 tahun itu merujuk kekalahan telak 0-3 dari Sevilla (27/9). Hasil minor di Ramon Sanchez Pizjuan tersebut sekaligus jadi yang pertama bagi Real bersama Lopetegui.

Misi bangkit makin terasa pelik karena derbi hanya berjarak tiga hari setelah kekalahan menyakitkan tersebut. Sedangkan di sisi lain, Atletico yang memulai musim ini dengan lambat mulai merambat naik. Diego Godin dkk mencatat tiga kemenangan beruntun di semua ajang dengan dua laga terakhir dipungkasi dengan clean sheet.

Kondisi kebugaran Real juga tidak sebaik Atleti. Mereka sudah pasti tanpa Isco. Lalu hampir pasti kehilangan bek kiri Marcelo. Sementara itu, Atleti sudah bisa memainkan bek tengah Jose Gimenez pasca cedera yang didapat kala menang 3-0 atas SD Huesca (26/9).

Berdasarkan pengalaman pada laga melawan Sevilla, pola 4-3-3 ala Lopetegui tidak akan baku digunakan sepanjang laga. Itu bisa menjadi 4-4-2 dengan mengadopsi pakem entrenador Atleti Diego Simeone.

Marco Asensio yang jadi winger kiri bisa sewaktu-waktu ditarik agak ke dalam membantu trio Toni Kroos-Casemiro-Luka Modric mengimbangi empat gelandang Atleti yang lebih bugar karena memiliki recovery sehari lebih banyak.

Pola 4-4-2 di tengah laga juga bisa memudahkan Karim Benzema. Ya, striker berkebangsaan Prancis itu tengah dalam sorotan pasca scoreless di empat laga beruntun Real. Padahal, Benzema mencetak 5 gol di 3 jornada awal dan Piala Super Eropa. Itu semakin menguatkan asumsi bahwa striker 30 tahun itu belum cocok menyandang beban suksesor Cristiano Ronaldo.

''Ya, tim baik-baik saja dalam aspek tersebut (kebugaran, Red) meski bermain dalam tiga pertandingan dalam waktu singkat. Buktinya, di babak kedua melawan Sevilla kami masih bisa menghasilkan banyak peluang (meski sudah tertinggal 3 gol, Red),” sambung eks pelatih timnas Spanyol itu.

Lebih jauh, asal Lopetegui tidak berubah pikiran, pertandingan nanti sangat mungkin jadi debut Thibaut Courtois melawan Atleti dengan kostum Real. Semakin emosional bagi kiper timnas Belgia itu karena selama dia berkostum Atleti pada 2011-2014 hanya sekali saja menang di Santiago Bernabeu dan itu menjadi kemenangan penting karena membuat Atleti kampiun La Liga musim 2013-2014.

''Jujur, saya terkejut melihatnya berkostum putih (Real, Red). Ya, saya tidak menyangka hal itu terjadi karena kami yakin dia ingin menjadi bagian dari keluarga besar Atleti,'' kata gelandang Atleti Saul Niguez seperti dilansir Goal. (io/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Selangkah Lagi Garuda Asia
Selangkah Lagi Garuda Asia

Berita Sejenis

The Blues Muda Makin Trengginas

The Blues Muda Makin Trengginas

Usia Tammy Abraham baru 21 tahun 347 hari saatt menciptakan hattrick ke gawang Wolverhampton Wanderers di Stadion Molineux, Sabtu (14/9) sore.


Lawan Thailand, Saatnya Garuda Bangkit

Lawan Thailand, Saatnya Garuda Bangkit

Indonesia bakal melakoni laga kedua Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia menghadapi Thailand, Selasa (10/9) malam.


Juara di Jogyakarta, Trofeo HB X Hanya Pemanasan

Juara di Jogyakarta, Trofeo HB X Hanya Pemanasan

Timnas Indonesia U-23 merebut piala Trofeo HB X atau Hamengku Buwono X Cup 2019, setelah menumbangkan PSIM dan Bali United di Stadion Mandala Krida, Jogjakarta,


Napoli Dikalahkan Juventus Bukan karena Salah Koulibaly

Napoli Dikalahkan Juventus Bukan karena Salah Koulibaly

Kemarin malam (1/9) mungkin menjadi momen yang sulit dilupakan bagi sang protagonis, Kalidou Koulibaly. Kegarangan bek Napoli asal Senegal itu seakan sirna di t


Dijamu Norwich City, Chelsea Wajib Menang

Dijamu Norwich City, Chelsea Wajib Menang

Sabar... sabar... sabar. Frank Lampard belum mencapai titik didihnya. Tak ada emosi di kamar ganti atau peristiwa selisih paham saat latihan.


Tiga Nama Bersaing Rebut Ballon d'Or

Tiga Nama Bersaing Rebut Ballon d'Or

Teka-teki siapa peraih gelar pemain terbaik Eropa atau Ballon d'Or di musim 2018-2019 sedikit demi sedikit terjawab.


Liverpool Memang Lebih Pantas dan Beruntung

Liverpool Memang Lebih Pantas dan Beruntung

Liverpool berhasil keluar menjadi juara UEAF Super Cup atau Piala Super Eropa 2019. Hasil itu didapat setelah The Reds berhasil mengalahkan Chelsea.


November, Bale Hijrah ke Tiongkok

November, Bale Hijrah ke Tiongkok

Gareth Bale akan memutuskan bertahan atau tidak di Santiago Bernabeu hingga jendela transfer Tiongkok kembali dibuka November nanti.


Neymar Dibanderol Rp3,2 Triliun

Neymar Dibanderol Rp3,2 Triliun

Raksasa Ligue 1 Paris Saints Germain dikabarkan membanderol 200 juta Euro atau Rp3,2 triliun bagi klub manapun yang ingin meminang bintang Brasil, Neymar.


West Ham vs Man City, Laga 150 Juta Pound

West Ham vs Man City, Laga 150 Juta Pound

Mempertahankan gelar memang lebih sulit ketimbang merebutnya.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!