Sepakbola
Share this on:

Bek-bek Chelsea Sudah Teruji

  • Bek-bek Chelsea Sudah Teruji
  • Bek-bek Chelsea Sudah Teruji

**** - Dibandingkan Tottenham Hotspur, Chelsea dan Arsenal klub enam besar Premier League yang lebih sering menggunakan formasi back three. Di semua ajang, 31 kali The Blues bermain dengan skema tiga bek.

Sementara Arsene Wenger tercatat 27 kali menerapkan formasi tiga bek di semua ajang musim ini. Tidak hanya lebih banyak. Back three-nya Antonio Conte di Chelsea pun lebih teruji.

Itu bisa dilihat dari jumlah variasi komposisi tiga beknya dalam setiap laga. Dari 31 kali bermain dengan back three-nya, Conte hanya mempunyai delapan variasi komposisi. Dari delapan variasi komposisi, tiga bek antara Cesar Azpilicueta, Andres Christensen, dan Gary Cahill.

Bahkan, ketika mengimbangi The Gunners 2-2 di pekan ke-22 Premier League (4/1), ini yang dipakai The Godfather untuk meredam serangan Petr Cech dkk. Total, ketiga bek tersebut dimainkan bersama-sama dalam sembilan pertandingan. Meski lebih banyak dimainkan di Liga Champions dan Premier League.

Dari delapan variasi itu, rata-rata dijajal lebih dari dua kali. Hanya sekali Conte memilih Cahill, Ethan Ampadu, dan Antonio Ruediger bermain bersama. Itu terjadi pada perempat final Piala Liga melawan Bournemouth (20/12). Bandingkan Wenger yang lebih kebingungan dalam menentukan back three-nya.

Dengan Per Mertesacker atau Laurent Koscielny yang rentan cedera, Wenger melakukan 13 kali perubahan variasi komposisi pemain di tiga beknya. Dari 13 kali variasi itu, hanya tiga variasi komposisi yang lebih sering dia mainkan di atas dua pertandingan.

Kolaborasi di antara Lolo, Nacho Monreal, dan Shkodran Mustafi paling sering dia pakai. Delapan kali Wenger memainkan trio tersebut. Sayangnya, Wenger takkan bisa bermain dengan trio itu lagi. Itu menyusul Koscielny dan Monreal yang masih dibekap cedera.

Mustafi, meski sudah pulih dari cedera kunci paha, dia masih harus menjalani tes dulu. ''Siapa saja opsi-opsi (tiga bek) yang dia (Wenger) pilih, itu yang terbaik bagi tim ini,'' klaim Mertesacker, pada wawancaranya dengan situs resmi klub. (ren/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Bali United Mulai Menatap Asia
Bali United Mulai Menatap Asia

Berita Sejenis

Sanksi Ganda Menanti Costa

Sanksi Ganda Menanti Costa

Winger Juventus Douglas Costa sudah meminta maaf kepada winger Sassuolo, Federico Di Francesco.


Luiz Negoisasi Kontrak

Luiz Negoisasi Kontrak

David Luiz menjadi pilar penting Chelsea di lini belakang.


Bek Kelima yang Raih Penghargaan

Bek Kelima yang Raih Penghargaan

Pengakuan yang terbaik untuk Virgil van Dijk akhirnya datang juga.


Tantangan Madrid Menuju A Por La 14

Tantangan Madrid Menuju A Por La 14

Wajah baru Real Madrid tanpa Cristiano Ronaldo sudah terkuak di La Liga dan hingga jornada ketiga sukses disapu bersih.


Gaya Secepat Carlos Marchena

Gaya Secepat Carlos Marchena

Ciamiknya Valencia musim lalu berefek pada Jose Luis Gaya. Bek kiri berusia 23 tahun itu mendapat panggilan membela timnas Spanyol.


PSSI Deadline Coach Milla

PSSI Deadline Coach Milla

PSSI tampaknya sudah enggan berlama-lama lagi menunggu sikap Luis Milla untuk menerima perpanjangan kontrak melatih timnas Indonesia.


Pendapatan Terbesar dalam 18 Tahun

Pendapatan Terbesar dalam 18 Tahun

Real Madrid bak mendapat dua keuntungan musim ini. Yang pertama adalah tim tetap stabil meski sudah tidak lagi diperkuat Cristiano Ronaldo.


Der Panzer Tutup Pintu buat Oezil

Der Panzer Tutup Pintu buat Oezil

Mesut Oezil sudah memutuskan pensiun dari timnas Jerman.


Sudah Siap Sambut Pogba

Sudah Siap Sambut Pogba

Persaingan Manchester United dan Barcelona tidak hanya memperebutkan Monchi.


Tim Papan Atas Masih Utak Atik Skuad Terbaik

Tim Papan Atas Masih Utak Atik Skuad Terbaik

Klub-klub kontestan fase grup Liga Champions sudah menyerahkan daftar nama-nama pemainnya kemarin WIB (4/9).



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!