Sepakbola
Share this on:

Belum Menang di 2019, Real Madrid Ukir Start Terburuk di La Liga

  • Belum Menang di 2019, Real Madrid Ukir Start Terburuk di La Liga
  • Belum Menang di 2019, Real Madrid Ukir Start Terburuk di La Liga

MADRID - Tiga gelar Liga Champions beruntun ternyata membuat Real Madrid "alergi" di ajang lokal. Bagaimana tidak. Mereka seolah ogah-ogahan ketika berlaga di La Liga.

Terbaru, Los Merengues keok 0-2 dari Real Sociedad pada jornada ke-18 La Liga kemarin. Dua gol kemenangan tim berjuluk Txuri-urdinak itu dicetak Willian Jose pada menit ketiga melalui eksekusi penalti dan Ruben Pardo (83').

Kekalahan tersebut adalah yang keenam musim ini atau yang kedua di Bernabeu. Lebih jauh, Sergio Ramos dkk belum merasakan kemenangan di 2019. Sebelumnya, mereka ditahan imbang 2-2 oleh Villarreal (4/1).

Inilah start terburuk Real dalam sejarah keikutsertaan mereka di La Liga. Sebaliknya, bagi Sociedad ini adalah kemenangan pertama mereka di Bernabeu sejak Mei 2004 dengan kemenangan 4-1.

Real gagal memanfaatkan hasil imbang antara Sevilla kontra Atletico Madrid beberapa jam sebelumnya. Padahal, andai menang, poin mereka bisa menyamai Sevilla (33-30). Kekalahan tersebut justru membuat posisi Real dikudeta Alaves yang berhak di posisi keempat dengan 31 poin. Selisih sepuluh angka dari Barcelona yang ada di puncak klasemen.

"Ini bukan salah pelatih karena dia tidak bisa mencetak gol. Banyak pemain yang tidak dalam kondisi terbaiknya dan saya adalah yang pertama dalam daftar tersebut,'' ucap playmaker Real Luka modric kepada Marca.

Pernyataan peraih Ballon d'Or 2018 itu memang benar. Dan, hal tersebut tampaknya sudah diendus Madridistas. Terbukti, mereka kembali tidak memadati stadion berkapasitas 81.014 tempat duduk itu kemarin. Penonton yang hadir hanya 53.412 dan menjadi catatan sedikit ketiga Real di Bernabeu musim ini.

Bahkan, ketika Sociedad mencetak gol keduanya, sebagian besar suporter sudah beranjak. Hal serupa dilakukan Gareth Bale yang menyaksikan dari tribun karena cedera betis. Namun, dia melakukannya ketika laga memasuki menit ke-78 alias 5 menit jelang gol kedua tim tamu.

Dan, keberadaan suporter secara tidak langsung juga mempengaruhi performa tim. Tercatat, sepanjang 2018, persentase kemenangan Real di kandang hanya 62,19 dari 27 pertandingan. Rinciannya, 17 menang, 5 seri, dan 5 kalah. Persentase kemenangan kandangy terendah sejak 1994.

Modric melanjutkan, bahwa kurangnya konsentrasi menjadi faktor utama Real dalam krisis. Pernyataan eks gelandang Tottenham Hotspur itu ditujukan kepada performa Real di babak pertama.

Bukti konkret memang dua laga terakhir kontra Sociedad (gol cepat Jose menit ketiga) dan Villarreal (Santi Cazorla menit keempat). Namun, sebelum itu Real sudah menunjukkan kelemahan mereka.

Yakni ketika kalah 2-4 dari Atletico Madrid di Piala Super Eropa (gol pertama Atleti dicetak Diego Costa pada menit pertama), 0-1 dari CSKA Moscow di penyisihan grup Liga Champions (Nikola Vlasic pada menit kedua 3/10), keok 1-2 dari Levante pada jornada kesembilan La Liga (gol pertama dicetak Jose Morales menit ketujuh 20/10/2018), dan Philippe Coutinho mencetak gol pada menit kesebelas pada El Clasico (29/10).

Namun, kapten Sergio Ramos masih pede bahwa timnya bisa comeback. Keyakinan Ramos karena melihat performa Real di paro musim lalu yang juga tidak terlalu mengesankan dengan hanya menang di 10 jornada dari 19. Tapi, comeback yang dimaksud Ramos adalah di Liga Champions. Sebab, musim lalu Barca yang jadi kampiun La Liga.

“Kami tahu bagaimana cara keluar dari situasi ini dan tidak bersikap impulsif. Kami akan memperjuangkan segalanya meskipun ada yang menyuruh kami mati,'' kata bek 32 tahun tersebut. (io/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pogba Tetap Ingin ke Madrid

Pogba Tetap Ingin ke Madrid

Paul Pogba bertekad untuk bergabung dengan Real Madrid musim panas ini, meskipun Manchester United enggan untuk menjualnya.


Tanpa Neymar, Start Brasil Mulus

Tanpa Neymar, Start Brasil Mulus

Brasil sukses memetik hasil postiif di laga pembuka Copa America 2019, meski bermain tanpa Neymar, Sabtu (15/6) kemarin.


Hazard Diperkenalkan Tanpa Nomor Punggung

Hazard Diperkenalkan Tanpa Nomor Punggung

Real Madrid akhirnya resmi memperkenalkan Eden Hazard di Santiago Bernabeu, Kamis (13/6) waktu setempat.


Imbangi Bali United, Skema Timnas U-23 Mulai Padu

Imbangi Bali United, Skema Timnas U-23 Mulai Padu

Timnas Sepak Bola Indonesia U-23 gagal meraih kemenangan saat menjajal salah satu peserta klub Liga 1 Indonesia musim 2019, Bali United.


50 Ribu Madiridista Sambut Eden Hazard di Bernabeu

50 Ribu Madiridista Sambut Eden Hazard di Bernabeu

Eden Hazard sukses memaksa puluhan ribu fans Real Madrid datang ke Estadio Santiago Bernabeu menyaksikan perkenalannya, kemarin WIB (14/6).


Pekan Pertama Langsung Ada Big Match

Pekan Pertama Langsung Ada Big Match

Operator Premier League resmi merilis jadwal kompetisi Premier League 2019/2020.


Jajal Bali United, Timnas U-23 Cari Komposisi yang Pas

Jajal Bali United, Timnas U-23 Cari Komposisi yang Pas

Menang telak 5-0 atas Filipina di laga terakhir Merlion Cup (9/6), belum memuaskan Indra Sjafri .


Beli Lima Pemain, Madrid Sudah Habiskan Rp4,8 Triliun

Beli Lima Pemain, Madrid Sudah Habiskan Rp4,8 Triliun

Real Madrid sudah menghabiskan uang 300 juta Euro atau sekitar Rp4,8 triliun.


Thailang Digulung Amerika Serikat 13-0

Thailang Digulung Amerika Serikat 13-0

Kiprah Timnas Putri Thailand di fase penyisihan grup Piala Dunia Wanita 2019 berakhir tak mengenakkan.


Verratti Pastikan Italia Belum Pernah Kalah

Verratti Pastikan Italia Belum Pernah Kalah

Italia berhasil mempertahankan rekor sempurna dalam kualifikasi Euro 2020.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!