Sepakbola
Share this on:

Bisa Apa PSG Tanpa Neymar?

  • Bisa Apa PSG Tanpa Neymar?
  • Bisa Apa PSG Tanpa Neymar?

PARIS - Neymar Jr memang sudah jadi sorotan sejak awal kepindahannya dari Barcelona dengan predikat pemain termahal dunia di bursa transfer musim panas lalu. Terlebih, dia ternyata memang cepat nyetel dengan Paris-Saint Germain (PSG). 10 gol dari 11 pertandingan adalah buktinya.

Namun, bukan hanya catatan impresif di lapangan yang membuatnya jadi buah bibir. Kapten timnas Brasil itu mulai terlibat intrik. Mulai perseteruan dengan Edinson Cavani untuk urusan set piece, hingga beberapa penggawa PSG yang mulai gerah karena Neymar memang mendapat perlakuan istimewa dari klub.

Dini hari nanti, saat menjamu Nice di pekan kesebelas Ligue 1, penyerang 25 tahun itu harus absen karena menerima kartu merah saat PSG ditahan 2-2 oleh Marseille (22/10). ''Sangat disayangkan. Padahal saya ingin menghadapinya, secara personal,'' ujar bomber Nice Mario Balotelli seperti dilansir FourFourTwo. ''Tentu saja sangat mungkin (untuk menang). Memang tidak mudah tapi bukan mustahil,'' sambung penyerang berkebangsaan Italia itu.

Pertanyaannya, bisa apa PSG tanpa Neymar? Sebab, kontribusi Neymat memang krusial. Dari 13 laga di semua ajang, dia tampil di 11 pertandingan. Dan, di dua pertandingan tanpa pemilik nomor 10 itu, Les Parisiens meraih sekali menang dan sekali imbang.

Sedangkan, dari 11 pertandingan dengan Neymar, rekor PSG juga tidak seratus persen menang. Ada dua pertandingan yang berakhir seri. Salah satunya adalah melawan Marseille pekan lalu. Satunya lagi saat mereka bermain tanpa gol melawan Montpellier (23/9). Dari 40 gol yang sudah dilesakkan PSG, seperempatnya merupakan sumbangsih Neymar.

Nice, meski tidak sedahsyat musim lalu, tetap saja menyimpan potensi untuk mengejutkan. Salah satu bukti adalah saat mereka menang telak 4-0 atas kampiun musim lalu AS Monaco (9/9). Penampilan seperti itulah yang mengancam catatan belum terkalahkan PSG dalam 10 pekan Ligue 1.

Meski begitu, pelatih PSG Unai Emery mengaku bahwa dengan atau tanpa Neymar timnya tetap harus bisa menjga ritme permainan seperti biasa. ''Neymar harus cepat beradaptasi tidak hanya dengan tim, melainkan juga kompetisi dan karakter para wasit,'' kata pelatih PSG Unai Emery. ''Dia pintar. Dia juga sadar bahwa apa yang terjadi pekan lalu (melawan Marseille) memberinya pelajaran berharga untuk terus maju,'' sambung pelatih 45 tahun itu.

Sebagai pengganti, kemungkinan besar Angel Di Maria yang akan dipilih. Winger timnas Argentina itu memang seidkit terpinggirkan musim ini karena kedatangan Neymar dan Kylian Mbappe.

Namun, bukan hanya Neymar, Thiago Motta juga sangat mungkin tidak turun pada laga yang dihelat di Parc des Princes itu. Gelandang 35 tahun itu masih dibekap cedera lutut.

''Dia (Di Maria) memang tidak bahagia saat tidak dimainkan dan itu normal. Namun, dia selalu siap kapan pun saat dibutuhkan. Saya suka dengan kinerjanya tiap hari dan sangat mungkin dia jadi starter besok (dini hari nanti),'' pungkas Emery. (io/jpnn)

Berita Sebelumnya

Terapkan VAR Musim Depan
Terapkan VAR Musim Depan

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Incaran Klop Empat Tahun Silam

Incaran Klop Empat Tahun Silam

Xherdan Shaqiri sebetulnya sudah bisa bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2014.


Harus Bisa Berdamai dengan Media

Harus Bisa Berdamai dengan Media

Tersingkir di 16 besar Piala Dunia 2018 membuat pelatih Spanyol Fernando Hierro meletakkan jabatannya.


Luis Enrique Dipilih Tanpa Restu Pemain

Luis Enrique Dipilih Tanpa Restu Pemain

Keputusan RFEF (federasi sepak bola Spanyol) menunjuk Luis Enrique sebagai pelatih sangat berisiko. Sebab, itu dilakukan tanpa melalui "persetujuan" pemain.


Duel Talenta Terbaik

Duel Talenta Terbaik

Tahun ini bisa menjadi kesempatan terbaik dari Prancis maupun Belgia menjuarai Piala Dunia.


Vida Bisa Dicekal FIFA

Vida Bisa Dicekal FIFA

Kroasia waswas. Melawan Inggris dalam semifinal Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Kamis dini hari nanti WIB.


Dewi Fortuna Milik La Furia Roja

Dewi Fortuna Milik La Furia Roja

Terlepas dari hasil laga penentu Grup H dinihari tadi WIB, sudah bisa ditebak jalan menuju ke final Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow.


Messi Tak Yakin Argentina Bisa Juara di Rusia

Messi Tak Yakin Argentina Bisa Juara di Rusia

Rencana Lionel Messi untuk gantung sepatu bakal sulit dihentikan, utamanya bila dua gagal lagi di Piala Dunia 2018.


The Citizen Dominan, Blaugrana Merata

The Citizen Dominan, Blaugrana Merata

Laga final Piala Dunia 2018 baru dihelat 15 Juli. Namun, "juara" sudah bisa diketahui sejak sekarang.


Arsenal Malah Pilih Pemain Uzur

Arsenal Malah Pilih Pemain Uzur

Ada apa dengan Arsenal? Setelah ditinggalkan Arsene Wenger yang notebene pelatih berusia paling tua di Premier League.


Rayu Neymar lewat Tanda Tangan

Rayu Neymar lewat Tanda Tangan

Uji coba Brasil versus Kroasia di Anfield Minggu lalu (3/6) dimanfaatkan Luka Modric untuk merayu Neymar Jr.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!