Sepakbola
Share this on:

Bisa Apa PSG Tanpa Neymar?

  • Bisa Apa PSG Tanpa Neymar?
  • Bisa Apa PSG Tanpa Neymar?

PARIS - Neymar Jr memang sudah jadi sorotan sejak awal kepindahannya dari Barcelona dengan predikat pemain termahal dunia di bursa transfer musim panas lalu. Terlebih, dia ternyata memang cepat nyetel dengan Paris-Saint Germain (PSG). 10 gol dari 11 pertandingan adalah buktinya.

Namun, bukan hanya catatan impresif di lapangan yang membuatnya jadi buah bibir. Kapten timnas Brasil itu mulai terlibat intrik. Mulai perseteruan dengan Edinson Cavani untuk urusan set piece, hingga beberapa penggawa PSG yang mulai gerah karena Neymar memang mendapat perlakuan istimewa dari klub.

Dini hari nanti, saat menjamu Nice di pekan kesebelas Ligue 1, penyerang 25 tahun itu harus absen karena menerima kartu merah saat PSG ditahan 2-2 oleh Marseille (22/10). ''Sangat disayangkan. Padahal saya ingin menghadapinya, secara personal,'' ujar bomber Nice Mario Balotelli seperti dilansir FourFourTwo. ''Tentu saja sangat mungkin (untuk menang). Memang tidak mudah tapi bukan mustahil,'' sambung penyerang berkebangsaan Italia itu.

Pertanyaannya, bisa apa PSG tanpa Neymar? Sebab, kontribusi Neymat memang krusial. Dari 13 laga di semua ajang, dia tampil di 11 pertandingan. Dan, di dua pertandingan tanpa pemilik nomor 10 itu, Les Parisiens meraih sekali menang dan sekali imbang.

Sedangkan, dari 11 pertandingan dengan Neymar, rekor PSG juga tidak seratus persen menang. Ada dua pertandingan yang berakhir seri. Salah satunya adalah melawan Marseille pekan lalu. Satunya lagi saat mereka bermain tanpa gol melawan Montpellier (23/9). Dari 40 gol yang sudah dilesakkan PSG, seperempatnya merupakan sumbangsih Neymar.

Nice, meski tidak sedahsyat musim lalu, tetap saja menyimpan potensi untuk mengejutkan. Salah satu bukti adalah saat mereka menang telak 4-0 atas kampiun musim lalu AS Monaco (9/9). Penampilan seperti itulah yang mengancam catatan belum terkalahkan PSG dalam 10 pekan Ligue 1.

Meski begitu, pelatih PSG Unai Emery mengaku bahwa dengan atau tanpa Neymar timnya tetap harus bisa menjga ritme permainan seperti biasa. ''Neymar harus cepat beradaptasi tidak hanya dengan tim, melainkan juga kompetisi dan karakter para wasit,'' kata pelatih PSG Unai Emery. ''Dia pintar. Dia juga sadar bahwa apa yang terjadi pekan lalu (melawan Marseille) memberinya pelajaran berharga untuk terus maju,'' sambung pelatih 45 tahun itu.

Sebagai pengganti, kemungkinan besar Angel Di Maria yang akan dipilih. Winger timnas Argentina itu memang seidkit terpinggirkan musim ini karena kedatangan Neymar dan Kylian Mbappe.

Namun, bukan hanya Neymar, Thiago Motta juga sangat mungkin tidak turun pada laga yang dihelat di Parc des Princes itu. Gelandang 35 tahun itu masih dibekap cedera lutut.

''Dia (Di Maria) memang tidak bahagia saat tidak dimainkan dan itu normal. Namun, dia selalu siap kapan pun saat dibutuhkan. Saya suka dengan kinerjanya tiap hari dan sangat mungkin dia jadi starter besok (dini hari nanti),'' pungkas Emery. (io/jpnn)


Berita Sebelumnya

Terapkan VAR Musim Depan
Terapkan VAR Musim Depan

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Gagal ke Piala Dunia, FIGC Terancam Rugi Miliaran

Gagal ke Piala Dunia, FIGC Terancam Rugi Miliaran

Piala Dunia tanpa Italia? Bukan hanya fans Italia di penjuru dunia yang merugi.


Setelah 60 Tahun, Italia Gagal Lagi Lolos ke Piala Dunia

Setelah 60 Tahun, Italia Gagal Lagi Lolos ke Piala Dunia

Piala Dunia 2018 tanpa Italia. Ya, Italia harus tersingkir dari helatan akbar empat tahunan itu, setelah ditahan imbang 0-0 oleh Swedia.


Derbi Madrileno Bisa tanpa Isco

Derbi Madrileno Bisa tanpa Isco

Spanyol menghajar Kosta Rika lima gol tanpa balas, kemarin WIB (12/11).


Bisa-bisa "Khianati" Kakeknya

Bisa-bisa "Khianati" Kakeknya

Tren oriundi tidak hanya berlaku kepada timnas Italia. Di Swedia, ada satu pemain yang bahkan memiliki darah ganda antara Swedia dan Italia.


Kalah Dramatis, Juku Eja Gagal Juara Liga1

Kalah Dramatis, Juku Eja Gagal Juara Liga1

Habis sudah peluang PSM Makassar untuk bisa mengamankan gelar juara Liga 1 musim ini.


Coutinho Cedera, Mane Bisa Dimankan

Coutinho Cedera, Mane Bisa Dimankan

Liverpool kehilangan Philippe Coutinho. Dia masih belum sembuh dari cederanya di bagian aduktor.


Layvin Kurzawa, Bek Pencetak Hat-trick Pertama di Liga Champions

Layvin Kurzawa, Bek Pencetak Hat-trick Pertama di Liga Champions

Bek kiri Layvin Kurzawa jelas bukan siapa-siapa kalau dibandingkan dengan salah satu trio MCN milik PSG musim ini.


Setan Merah Optimis Amankan Tiga Poin

Setan Merah Optimis Amankan Tiga Poin

Manchester United, Barcelona, dan Paris Saint-Germain (PSG).


Diistimewakan PSG, Ramai-ramai Sebal ke Neymar

Diistimewakan PSG, Ramai-ramai Sebal ke Neymar

Pembelian Neymar Jr dari Barcelona ke Paris-Saint Germain (PSG) ternyata merupakan bom waktu.


Kalah 5-2, Koeman Cukup 16 Bulan

Kalah 5-2, Koeman Cukup 16 Bulan

Masa depan Ronald Koeman seperti sudah bisa ditebak. Koeman tak lagi menangani Everton begitu anak asuhnya dihabisi Arsenal 2-5.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!