Sepakbola
Share this on:

Di Maria Solusi Tuchel

  • Di Maria Solusi Tuchel
  • Di Maria Solusi Tuchel

PARIS - Kekecewaan besar tentu hadir pada kubu Real Madrid usai menerima kekalahan cukup telak 0-3 atas Paris Saint Germain (PSG) pada matchday pertama Grup A Liga Champions 2019/2020 di Parc des Princes, Paris, Prancis, Kamis (19/9) kemarin.

Kekalahan Madrid ini tak lepas dari kegemilangan sang mantan pemainnya, Angel Di Maria yang menjadi petaka bagi hasil buruk yang diterima El Real tersebut. Bagaimana tidak, striker Argentina ini mencetak dua dari tiga gol PSG pada laga tersebut.

Dua gol itu, tercipta di menit ke-14 dan ke-33. Lalu dilengkapi dengan gol Thomas Meunier di penghujung laga. Meski PSG tak bisa diperkuat tiga pemain andalan mereka di lini depan seperti, Edinson Cavani, Neymar dan Kylian Mbappe, namun penampilan apik Di Maria sangat membantu kemenangan PSG.

Bahkan, Di Maria menjadi bintang sekaligus terpilih sebagai pemain terbaik alias man of the match pada laga tersebut. Tak hanya itu, Di Maria juga menjadi pemain ketiga sepanjang sejarah Liga Champions yang mencetak sedikitnya dua gol dalam laga melawan Real Madrid dan Barcelona. Dua pemain sebelumnya adalah Mario Jardel dan Andriy Shevchenko.

Menanggapi kegemilangan Di Maria, pelatih PSG, Thomas Tuchel mengaku tidak terkejut. Sebab, ia mengetahui bahwa pemain berusia 31 tahun itu bakal tampil apik pada pertandingan dengan level tinggi. Meski demikian, Thomas tetap memuji penampilan gemilang Di Maria.

"Ini benar-benar kinerja tim tanpa dan dengan bola. Ketika kami bermain tanpa Neymar, (Kylian) Mbappe dan [Edinson] Cavani, itu dapat membantu. Orang mengatakan kami bukan favorit dan dapat mengambil Tentu saja, mustahil untuk memainkan setiap pertandingan tanpa mereka, tentu saja. Kami membutuhkan setiap pemain," ungkap Thomas seperti dikutip BBC Sport Football.

"[Malaikat] Di Maria telah menunjukkan selama satu tahun bahwa ia mampu tampil seperti ini. Kaki kirinya luar biasa. Ia memiliki statistik yang luar biasa bersama kami dan ia selalu menentukan dengan gol dan assist. Bertahan, ia sangat kuat dan rendah hati juga. Dia menutup (Dani) Carvajal dan bekerja dengan baik dengan [Juan] Bernat di sebelah kiri," tambah Thomas.

Di Maria sendiri mengaku kemenangan yang didapat oleh timnya itu terasa sempurna, di mana itu didapat dari mantan timnya. Apalagi, kemenangan itu didapat berkat kerja keras tim yang tidak diperkuat oleh tiga penyerang andalan PSG. Oleh sebab itu, Di Maria merasa kemenangan itu sangat memuaskan baginya.

"Kami bekerja keras dan hasil akhirnya sempurna. Kami banyak berlari dan kami layak mendapatkan kemenangan ini. Kami tetap harus memetik kemenangan dengan atau tanpa Neymar, Mbappe, dan Edi (Cavani)," jelas Di Maria seperti dikutip UEFA.com.

Sementara itu, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane mengakui bahwa PSG lebih unggul dari timnya. Akan tetapi, ia berharap timnya tidak gampang putus asa akibat kekalahan tersebut. Sebab, menurutnya masih ada pertandingan-pertandingan selanjutnya yang harus dilalui dengan fokus.

"Kami tidak benar-benar pergi. Di sini kita semua berada di kapal yang sama. Ketika kita menang, kita semua menang. Ketika kita kalah, kita semua kalah. Kekalahan ini sulit untuk diambil, tetapi kita punya pertandingan lain pada hari Minggu (melawan Sevilla) dan perlu fokus pada itu," tutur Zidane seperti dikutip BBC Sport Football.

"Mereka lebih unggul dari kami dalam segala hal yang mereka lakukan, dan dalam intensitas, yang paling mengganggu saya. Mereka bagus dan menciptakan peluang, tetapi yang membuat saya khawatir adalah bahwa kami bermain tanpa intensitas," ungkapnya.

"Kami tahu mereka akan menekan kami. Tetapi kami tidak benar-benar masuk ke dalam permainan pada tahap apa pun. Intensitas adalah hal yang paling penting di lapangan," terangnya menandaskan.

Dengan hasil ini, PSG kini bertengger di punck klasemen Grup A Liga Champions 2019/2020 dengan raihan tiga poin, Real Madrid terpuruk di posisi juru kunci. Selain itu, Club Brugge dan Galatasaray menghuni di tempat kedua dan ketiga dengan satu poin sama, usai bermain imbang 0-0 di laga sebelumnya. (gie/fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Luca Jovic Solusi Lini Depan Real Madrid

Luca Jovic Solusi Lini Depan Real Madrid

enyerang haus gol ini dikabarkan masuk menjadi daftar incaran pertama dalam jendela transfer musim panas ini.


Dua Assist Di Maria, Kandaskan Manchester United 2-0 di Old Trafford

Dua Assist Di Maria, Kandaskan Manchester United 2-0 di Old Trafford

Manchester United harus menanggung malu di hadapan publik Old Trafford, Rabu (13/2) dinihari WIB.


Jamu Liverpool, PSG Optimis Lengkap

Jamu Liverpool, PSG Optimis Lengkap

Entraineur PSG Thomas Tuchel kembali menemui musuh terbesarnya, Juergen Klopp. Tuchel diantara 13 pertemuan versus Klopp cuma sekali menang.


Chelsea-Arsenal Butuh Solusi

Chelsea-Arsenal Butuh Solusi

Arsenal dan Chelsea sama-sama melalui tiga matchday fase grup Liga Europa dengan nilai sempurna.


Vinicius (Sementara) Bukan Solusi

Vinicius (Sementara) Bukan Solusi

Dibeli seharga EUR 45 juta tidak lantas membuat Vinicius Jr langsung menjadi andalan sejak jornada pertama.


Rotasi Bukan Lagi Solusi

Rotasi Bukan Lagi Solusi

Julen Lopetegui harus belajar lebih jeli dalam melakukan rotasi. Sebab, Sevilla bukanlah tim yang layak untuk dijadikan bahan eksperimen.


Merindukan Trio MCN

Merindukan Trio MCN

Salah satu daya tarik Thomas Tuchel menerima pinangan PSG adalah kesempatannya melatih Kylian Mbappe, Edinson Cavani, dan Neymar.


Solusi Peredam Mohamed Salah

Solusi Peredam Mohamed Salah

Sebelum derby Manchester, fokus Manchester City tertuju pada leg pertama perempat final Liga Champions melawan Liverpool di Anfield, Liverpool.


Masih Butuh Cavani-Di Maria

Masih Butuh Cavani-Di Maria

Andai Neymar tidak cedera jelang laga kontra Nantes kemarin dinihari, nama Edinson Cavani diyakini tidak akan menghuni starting line up PSG.


Real Madrid Harus Jeli di Januari

Real Madrid Harus Jeli di Januari

Menambah amunisi di bursa transfer musim dingin bisa jadi solusi pragmatis untuk Real Madrid saat ini.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!