Sepakbola
Share this on:

Dihargai Rp1,3 Triliun, Malah Bikin Blunder

  • Dihargai Rp1,3 Triliun, Malah Bikin Blunder
  • Dihargai Rp1,3 Triliun, Malah Bikin Blunder

Virgil van Dijk.

SWANSEA - Virgil van Dijk tak pernah sesial di Liberty Stadium kemarin dini hari WIB (23/1). Tanpa gol, apalagi kemenangan yang diperoleh bek termahal dunia (GBP 75 juta/Rp1,39 triliun) tersebut dalam debut Premier League-nya bersama Liverpool. Sebaliknya, Van Dijk malah jadi penentu kekalahan 0-1 The Reds dari tuan rumah Swansea City.

Sepakan Alfie Mawson kala menjebol gawang Loris Karius pada menit ke-40 berawal dari kesalahan Van Dijk. Punya reputasi sebagai bek dengan statistik bola udara bagus di Premier League, Van Dijk malah melakukan sapuan yang tidak sempurna. Bola kemudian mengarah ke Mawson dan bek Swansea itu tak menyia-menyiakannya.

''Dia tak seharusnya melakukannya, itu bukan sundulannya seperti biasanya,'' kritik salah satu bek legendaris Liverpool, Jamie Carragher, seperti dikutip Sky Sports.

Sialnya, itu satu dari delapan sapuannya sepanjang laga ini yang gagal. Delapan kali sapuan itu jadi capaian tertinggi Emre Can dkk. Carragher yang juga jadi pundit di Sky Sports itu menyebut, satu kesalahan di laga debut ini sudah jadi bukti bahwa harga mahal bek timnas Belanda itu bukan solusi terbaik di defense-nya Liverpool.

Utamanya ketika berhadapan dengan bola-bola atas. ''Satu pemain masuk sebagai solusi banyak masalah, itu omong kosong,'' lanjut Carragher.

Ini laga kedua yang dijalani Van Dijk setelah dibeli Liverpool dari Southampton. Sialnya dua laga pertama bersamanya The Reds tak pernah clean sheet. Saat melawan Everton, gawang Liverpool kebobolan satu gol.

''Van Dijk hanya lelucon,'' sebut Carragher. Mawson seperti yang dikutip BBC Sport, menyebut dia sudah yakin ada kesalahan dari Van Dijk.

''Saya hanya menunggunya luput menghalau bola itu,'' ungkap Mawson. Sukses Mawson itu menambah derita Liverpool ketika bertamu ke Liberty dua musim terakhir. Bukan hanya itu. Kekalahan ini pun memutus tren unbeaten Liverpool dalam 18 pertandingan di semua ajangnya musim ini.

Padahal seharusnya itu bisa menjadi streak unbeaten terpanjang Liverpool sepanjang era Kloppo. Meski begitu Klopp tak mau menyalahkan Van Dijk setelah kesalahannya ini. ''Ini (gol Mawson) bukan hanya tentang kebobolan. Ini tentang kegagalan kami di dalam menjaga posisi seperti yang kami inginkan,'' tutur Klopp.

Satu kesalahan Van Dijk, ungkap Klopp, mestinya bisa ditutupi andai pemainnya sukses memanfaatkan peluang-peluang di depan gawang Lukasz Fabianski. Nyatanya, dari 21 peluang mencetak golnya, cuma empat di antaranya tepat ke arah Fabianski. ''Kami tentu frustrasi, kami harus belajar dari kesalahan ini,'' lanjut Klopp.

Apa resep Carlos Carvalhal mengganjal Liverpool? Dalam analoginya Carvalhal menilai permainan pemain-pemain Liverpool dengan kecepatan larinya itu bak mobil Formula 1. ''Tapi, apa jadinya jika mobil F1 terjebak dalam kemacetan kota London, itu yang kami lakukan,'' kata Carvalhal.

Pertahanan berlapis jadi andalan Carvalhal. Sehingga, pemain-pemain seperti Mohamed Salah atau Sadio Mane yang dikenal punya kecepatan pun dibuat tak berkutik. ''Buat mereka itu seperti mobil F1 di jalanan London saat pukul 4 petang yang tak bisa berlari cepat, biarkan saja mereka bermain tak seperti yang mereka inginkan,'' tambahnya. (ren/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Macan Tak Boleh Lengah
Macan Tak Boleh Lengah

Berita Sejenis

Debut, Courtois Bikin Cemas Keylor Navas

Debut, Courtois Bikin Cemas Keylor Navas

Malam yang spesial buat Thibaut Courtois. Sebaliknya, malam yang aneh bagi Keylor Navas.


Benzema Mulai Tajam, Griezmann Malah Melempem

Benzema Mulai Tajam, Griezmann Malah Melempem

Banyak kalangan yang berasumsi bahwa keputusan Antoine Griezmann bertahan di Atletico Madrid musim ini, lantaran dia sudah menemukan peak performance.


Mignolet Bikin Panas Internal

Mignolet Bikin Panas Internal

Liverpool menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan gol di Premier League.


Kalah, karena Blunder Strategi

Kalah, karena Blunder Strategi

Dua laga sisa di grup A tak ubahnya laga final bagi timnas U-23.


Karius Lagi, Karius Lagi

Karius Lagi, Karius Lagi

Kiper Liverpool Loris Karius belum beranjak dari status pecundang. Kiper berusia 25 tahun itu kembali melakukan blunder di ajang pramusim The Reds.


Tak Dihargai, Oezil pun Pergi

Tak Dihargai, Oezil pun Pergi

Bak petir menyambar di siang bolong. Ya, begitulah yang terjadi begitu Mesut Oezil memutuskan untuk menyudahi kebersamaannya dengan timnas Jerman.


Alisson Becker Dikontrak Rp1,2 Triliun Liverpool

Alisson Becker Dikontrak Rp1,2 Triliun Liverpool

Kiper Liverpool Loris Karius menanggung 'dosa' besar karena dua blunder yang dilakukannya saat final Liga Champions 2017-2018 versus Real Madrid.


Juara Dunia, Prancis Terima Duit Setengah Triliun

Juara Dunia, Prancis Terima Duit Setengah Triliun

Prancis mendapat guyuran hadiah uang dari FIFA sebanyak GBP 29 juta (Rp533,06 miliar), atas sukses mereka menjadi kampiun di Piala Dunia 2018.


Belum Resmi Saja Sudah Hasilkan Rp2,69 Triliun

Belum Resmi Saja Sudah Hasilkan Rp2,69 Triliun

Tidak berlebihan bila Juventus getol menginginkan Cristiano Ronaldo merapat musim ini meski dengan biaya yang tidak murah.


Fokus Bikin Griezmann Nyaman

Fokus Bikin Griezmann Nyaman

Prancis untuk sementara memuncaki klasemen grup C. Namun permainan Hugo Lloris dkk masih kurang dari kata memuaskan.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!