Sepakbola
Share this on:

Dijamu Lyon, Barcelona Berharap Tuah Messi

  • Dijamu Lyon, Barcelona Berharap Tuah Messi
  • Dijamu Lyon, Barcelona Berharap Tuah Messi

LYONNAIS - Selama Lionel Messi bermain, maka mengeksekusi penalti menjadi tugasnya. Predikat sebagai kapten tim dan superstar jadi faktor utama.

Namun, sudah seharusnya entrenador Ernesto Valverde mencari opsi kedua untuk melapis La Pulga (julukan Messi) untuk tendangan 12 pas. Bagaimana tidak. Rasio kegagalan penalti Messi cenderung meningkat mulai musim 2015-2016.

Kala itu, dari 8 kesempatan, Messi hanya berhasil 4 kali alias hanya separonya. Jumlah itu membaik pada 2016-2017 dengan hanya sekali gagal dari 10 kesempatan. Tapi, persentase kegagalan kembali meninggi musim lalu. Dari 6 hadiah penalti, hanya 3 yang berhasil.

Kecemasan Barcelonistas terhadap eksekusi penalti Messi kembali hadir musim ini. Itu dipicu kegagalannya ketika menghadapi Real Valladolid pada jornada ke-24 (17/2). Striker 31 tahun itu gagal mengeksekusi dengan sempurna penaltinya pada menit ke-85.

Padahal, pada menit ke-43, Messi sudah melakukannya dengan baik dan hanya itulah gol yang tercipta untuk kemenangan Blaugrana di Camp Nou. Nah, apakah Messi kembail butuh penalti untuk mengatasi Lyon pada leg pertama 16 besar Liga Champions dini hari nanti?

Bisa saja. Tapi, rekapitulasi penalti Messi di ajang antarklub paling elite Eropa itu cukup bagus. Dari 14 kesempatan, dia hanya gagal 3 kali. Inilah yang membuat Valverde tetap pede.

''Messi adalah perjudian aman (untuk penalti, Red). Bahkan, dia bisa mencetak lebih banyak gol lagi (baik melalui penalti atau tidak, Red). Dan, beberapa pertandingan memang terkadang dimenangkan dengan itu (penalti, Red),'' ucap Txingurri -julukan Valverde- seperti dilansir AS.

Pelatih 55 tahun itu boleh saja yakin bahwa keran gol bakal terus mengucur dengan atau tanpa penalti. Namun, dia seharusnya juga bisa melihat bahwa 2 dari 3 gol Messi di 5 laga terakhir semuanya lahir melalui penalti. Selain ke gawang Valladolid, satu penalti lainnya hadir ketika Barca bermain 2-2 dengan Valencia pada jornada ke-22 (3/2).

Bahkan, jumlah gol penalti Messi di 5 laga terakhir bisa jadi 3 saat Blaugrana menang 6-1 atas Sevilla pada leg kedua perempat final Copa del Rey (31/1). Hanya, saat itu hadiah penalti diberikan Messi kepada Philippe Coutinho.

Entah kebetulan atau tidak, penalti juga dibutuhkan Messi ketika menghadapi Lyon di Prancis pada Liga Champions. Dari 2 pertemuannya dengan Les Gones, Messi hanya mencetak 1 gol dan itu melalui penalti. Tepatnya pada fase grup musim 2007-2008 (28/11/2007).

Meski begitu, traineur Lyon Bruno Genesio mengaku mustahil bagi timnya menghentikan Messi. Itu yang membuat Genesio mengaku tidak ada taktik khusus untuk mematikan pergerakan Messi.

Pelatih 52 tahun itu juga bisa bereuni dengan eks pemainnya Samuel Umtiti. Tapi bek Prancis itu belum tentu jadi starter karena baru saja pulih dari cedera lutut yang dideritanya sejak akhir November 2018.

''Messi bisa bermain melawan strategi apa pun karena dia genius. Rencana paling simpel adalah (menghentikannya, Red) secara kolektif,'' kata Genesio kepada Marca. ''Untuk Umtiti, kami bangga dengan perkembangannya. Sejak awal, kami tahu potensinya dan yakin dia bisa mencapai level tinggi,'' pungkasnya. (io/ali/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Solksjaer: Messi Memang Luar Biasa

Solksjaer: Messi Memang Luar Biasa

Mega bintang Lionel Messi menjadi bintang kemenangan Barcelona atas Manchester United pada leg kedua babak perempat final Liga Champions, Rabu (17/4) dinihari.


Manchester United Optimis Balikkan Keadaan

Manchester United Optimis Balikkan Keadaan

Pasukan Ole Gunnar Solskjaer itu masih yakin mampu comeback saat mereka melawat ke markas Barcelona di Camp Nou, Rabu (17/4) dinihari WIB.


Mohammed Salah Berharap Keberuntungan

Mohammed Salah Berharap Keberuntungan

Bos Liverpool Jurgen Klopp mengatakan jika tidak ada ruang untuk berbuat kesalahan, dalam perebutan trofi Premier League musim ini.


Huesca Ogah Jadi Bulana-bulanan Barcelona Lagi

Huesca Ogah Jadi Bulana-bulanan Barcelona Lagi

Sociedad Deportiva (SD) Huesca akan berjuang mati-matian untuk menghindari posisi juru kunci.


Laga Pelampiasan Manchester united

Laga Pelampiasan Manchester united

Manchester Unitedbaru saja dipermalukan Barcelona di leg pertama babak perempat final Liga Champions 0-1 di Old Trafford.


Hadapi Barcelona, Manchester United Wajib Menang di Old Trafford

Hadapi Barcelona, Manchester United Wajib Menang di Old Trafford

Manchester United akan meladeni tim raksasa Spanyol, Barcelona, di leg pertama babak perempat final Liga Champions, Kamis (11/4) dini hari WIB.


Liverpool Berharap Tuah Mohamed Salah

Liverpool Berharap Tuah Mohamed Salah

Southampton akan menantang Liverpool di lanjutan Premiere League, Sabtu (6/4) dinihari WIB nanti. Posisi Soton (sebutan untuk Southampton) yang tengah terancam


Bukti Barcelona Masih Kesulitan tanpa Messi

Bukti Barcelona Masih Kesulitan tanpa Messi

Luis Suarez menjadi pahlawan bagi Barcelona saat bermain imbang 4-4 melawan tuan rumah Villarreal di laga lanjutan La Liga, Rabu (3/4) dini hari WIB.


Jamu Espanyol, Barcelona Incar Victory ke Enam

Jamu Espanyol, Barcelona Incar Victory ke Enam

Pemuncak klasamen sementara LaLiga Santander, Barcelona, bakal menjamu Espanyol, di Camp Nou, Sabtu (30/3) malam.


Mourinho Ingin Latih Lyon atau Monaco

Mourinho Ingin Latih Lyon atau Monaco

Jose Mourinho mengeluarkan pernyataan bahwa dia ingin melanjutkan kariernya sebagai manajer sepak bola di musim depan.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!