Sepakbola
Share this on:

Dikalahkan Tottenham Hotspur, Chelsea Pertanyakan VAR di Wembley

  • Dikalahkan Tottenham Hotspur, Chelsea Pertanyakan VAR di Wembley
  • Dikalahkan Tottenham Hotspur, Chelsea Pertanyakan VAR di Wembley

LONDON - Michael Oliver tidak seperti delapan bulan lalu di Wembley Stadium, London. Di final Piala FA saat itu Oliver sukses memimpin final pertama dengan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di tanah Inggris. Chelsea mengalahkan Manchester United melalui gol dari titik penalti Eden Hazard.

Dengan rekomendasi VAR, Oliver menganulir gol penyeimbang United yang diciptakan Alexis Sanchez. Nah, pada leg pertama semifinal Piala Liga di tempat yang sama kemarin WIB (9/1), Oliver malah melakukan kesalahan dengan VAR dan berbuntut dengan kekalahan tipis 0-1 The Blues atas Tottenham Hotspur.

Penalti Harry Kane saat menit ke-26 menjadi satu-satunya gol penentu kemenangan The Lilywhites. Penalti itu pulalah yang dianggap sebagai kesalahan Oliver. Tercatat, ada dua aspek keputusan Oliver yang jadi sorotan.

Pertama, apakah Kane dalam posisi offside. Kedua, apakah kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga benar-benar melanggar Hurrikane dan layak dihadiahi penalti. ''Dari gambar kamera kami, Kane memang offside, jelas offside,'' kecam pelatih Chelsea, Maurizio Sarri dalam situs resmi klub.

Sarri mengaku tak tahu posisi kamera VAR di Wembley. ''Mungkin kamera VAR di dalam posisi yang berbeda, kalau dari kamera kami ya jelas offside,'' lanjut Sarri.

''Tapi itu bukan hal yang paling penting, saya pikir yang terpenting justru kenapa asisten wasit menghentikan larinya (sebelum Kepa menjatuhkan Kane), dia tidak mengikuti bola. Bagi pemain (Chelsea) di lapangan mereka tahu kalau itu offside. Dia (Simon Bennett, asisten wasit) tak mengikuti arah bola,'' kritik mantan allenatore Napoli itu.

Mark Clattenburg, mantan wasit senior Premier League, menyebut kesalahan bukan dari VAR. Melainkan dari Bennett dan Oliver. Bennett mengangkat bendera tanda offside. Tetapi itu tidak dilihat Oliver, sehingga tetap menganggap play on. Setelah itu barulah terjadi pelanggaran kepada Kane.

''Penalti itu sudah tepat,'' tutur Clattenburg yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Perwasitan di Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) dalam kolomnya di Daily Mail.

Makanya, Sarri dalam wawancaranya dengan Sky Sports juga mempertanyakan kesiapan wasit-wasit dalam jajaran Federasi Sepak Bola Inggris (FA) menggunakan VAR. Terlebih debut VAR di Premier League sudah dimulai musim depan.

''Saat ini, saya pikir wasit-wasit di Inggris belum mampu menggunakan sistem ini,'' sebut allenatore 59 tahun itu.

''Mereka harus mempelajari kembali sistem ini. Di Premier League, VAR belum dipakai. Tapi, sudah dipakai di Piala Liga dan Piala FA. Tentu saja aneh. Sungguh ini aneh bagi pemain, kami (pelatih) dan wasit juga,'' tambahnya. Sementara Kane saat wawancara di program Match of The Day BBC Sport pun tak berpikir dia sudah terjebak offside.

''Patokan saya dalam bermain adalah peluit wasit. (Karena tak ada peluit berbunyi) Saya terus berlari dan itu (pelanggaran Kepa) jelas-jelas layak berbuah penalti. Offside atau tidak, itu saya tak tahu pasti. VAR harusnya bisa jadi alasan, dan saya yakin teknologi ini bakal memberi visual yang tepat,'' ungkap top scorer Premier League 2015-2016 dan 2016-2017 itu.

Dengan satu gol kemenangan di kandang sendiri, maka Kane dkk cuma butuh imbang di Stamford Bridge dalam leg kedua, 22 Januari mendatang. Meski begitu, pelatih Spurs Mauricio Pochettino berharap VAR tidak lagi berbuat kekacauan seperti pada leg pertama kemarin.

''Saya harap bisa lebih baik, masih ada waktu. Sepak bola harus adil. Hari ini (kemarin) keputusannya bagus untuk Spurs, meski harus menunggu lima menit. Siapa tahu berikutnya berbeda,'' ungkap Poche, dikutip London Evening Standard.

Apakah Poche menentang pemakaian VAR? Tidak. ''Saya pro dengan teknologi. Karena, Anda tidak bisa menghentikan evolusi tapi kami sudah menunggu terlalu lama. Tak jelas aturan di balik itu. Kami masih memiliki enam bulan (sebelum Premier League 2019-2020) agar dapat memperbaiki sistem ini dan banyak pekerjaan rumah di depan,'' tutur Poche. (ren/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

The Blues Bakal Samai The Magpies

The Blues Bakal Samai The Magpies

Tactician Chelsea Maurizio Sarri sepertinya hanya menghitung hari untuk ditendang dari Chelsea.


Chelsea dan Manchester United Sama-sama di Bawah Tekanan

Chelsea dan Manchester United Sama-sama di Bawah Tekanan

Sama-sama cari sekoci. Itulah yang diusung tactician Chelsea Maurizio Sarri dan Manchester United Ole Gunnar Solskjaer.


Perjudian ala Hazard

Perjudian ala Hazard

Hampir tidak terhitung pernyataan playmaker Chelsea Eden Hazard yang terang-terangan ingin ke Real Madrid.


Tottenham Hotspur Mulai Terbiasa tanpa Harry Kane

Tottenham Hotspur Mulai Terbiasa tanpa Harry Kane

Baik Tottenham Hotspur maupun Newcastle memiliki kabar baik yang datang dari Amerika Serikat menjelang pertemuan kedua tim pada matchweek 25.


Jamu Huddersfield, Jangan Sampai Kalah Lagi Chelsea!

Jamu Huddersfield, Jangan Sampai Kalah Lagi Chelsea!

Sejak Roman Abramovich menjadi pemilik Chelsea pada Juni 2003 hanya ada dua kata yang membuat seorang pelatih nyaman di kursinya. Piala dan stabil.


Ketemu Chelsea, Jalan Terjal Manchester United di Piala FA

Ketemu Chelsea, Jalan Terjal Manchester United di Piala FA

Nasib berbeda dialami duo Manchester pada babak kelima Piala FA.


Higuain Tak Cukup Pede Jadi Algojo

Higuain Tak Cukup Pede Jadi Algojo

Pelatih Chelsea Maurizio Sarri langsung menjajal rekrutan barunya Gonzalo Higuain di ajang Piala FA.


Tottenham Hotspur Kalah Lagi dari Tim London

Tottenham Hotspur Kalah Lagi dari Tim London

Pekan lalu Tottenham Hotspur tersisih dari Piala Liga usai takluk 2-4 dalam adu penalti lawan Chelsea (25/1) di babak semifinal.


Kandaskan Tottenham Hotspur, Asa Trofi Perdana Sarri di Chelsea

Kandaskan Tottenham Hotspur, Asa Trofi Perdana Sarri di Chelsea

Sudah sekitar 29 tahun Maurizio Sarri malang melintang di dunia kepelatihan.


Dipinjam Chelsea, Higuain Belum Tentukan Nomor Punggung

Dipinjam Chelsea, Higuain Belum Tentukan Nomor Punggung

Pemain pinjaman yang dipinjam. Itulah status penyerang Juventus Gonzalo Higuain musim ini.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!